Logo Sulselsatu

Plt Gubernur Sulsel Inisiasi Pertemuan Bersama Pengusaha Ekspor

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 08 September 2021 13:59

Plt Gubernur Sulsel Inisiasi Pertemuan Bersama Pengusaha Ekspor

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melakukan pertemuan dengan para eksportir di Sulsel yang berlangsung di Rujab Wagub Sulsel, Rabu (8/9/2021).

Dalam pertemuan yang dibalut silaturahmi ini dihadiri oleh Ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Sulselbar, Arief R Pabettingi, serta beberapa perusahaan/pengusaha di bidang ekspor yakni PT. Biota Laut Ganggang (Caraggenan).

Serta hadir juga PT. Wahyu Pradana Binamulia (udang), UD. Seaweed Sukses (rumput laut), PT. Ocean Champ Seafood (daging kepiting), PT. Goudong Sulawesi (kayu), PT. Semen Tonasa (semen, clinker), PT. Bogatama Marinusa (udang), CV. Resky Bahari (ikan segar), PT. Chen Woo Fishery (ikan tuna), PT. Ksu Simpul (rumput laut).

Baca Juga : Kadispora Sulsel Akan Dampingi Plt Gubernur Hadiri Pembukaan PON XX Papua

Andi Sudirman mendengar permasalahan maupun kendala yang dialami oleh para pengusaha eksportir. Dimana diantaranya harga ekspor shipping line (pengiriman laut) yang naik, pengurangan kuota kontainer untuk barang yang diekspor, dan lainnya.

Sponsored by MGID

Ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) DPD Sulselbar, Arief R Pabettingi menuturkan saat ini para eksportir berharap pemerintah dapat membantu dalam kelancaran usaha eksportirnya.

“kendala yang dialami para pelaku eksportir seperti kenaikan tarif kontainer khusus tujuan USA, Eropa dan Australia sampai 150 % dari tarif sebelumnya, ditambah lagi dengan kelangkaan kontainer masing-masing shipping line internasional,” katanya.

Baca Juga : Diparkir Jadi Staf Ahli, Jayadi Nas Isyaratkan Kembali ke Kampus Unhas

“harapan kami Pemerintah membuat badan usaha pelayaran Nasional khusus rute Internasional. Karena selama ini hanya ada Pelni yang rutenya Domestik saja,” harapnya

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, harapan dari para eksportir ini akan ditampung untuk kemudian akan dibahas lebih lanjut dan akan diteruskan kepada Pemerintah Pusat. “Kita juga berharap adanya kemudahan bagi pelaku-pelaku usaha eksportir. Kami juga akan teruskan harapan-harapan para eksportir kepada Kementerian Perhubungan,” katanya.

Pemprov Sulsel, kata Sudirman Sulaiman, terus menggenjot upaya ekspor ke luar negeri. Apalagi hadirnya pelabuhan Makassar New Port. Serta ditunjang dengan rencana pembangunan lokasi Pelabuhan Daratan atau Dry Port yang akan menjadi hub (tempat yang di dalamnya terjadi aktivitas transit barang atau persinggahan barang). Dimana untuk wilayah Utara dipilih Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Jeneponto untuk wilayah Selatan Sulsel.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Resmi Lantik 10 Pejabat Eselon II Pemprov Sulsel

“Apalagi ini dengan menggeliatnya usaha eksportir, akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat dan upaya pemulihan ekonomi. Ekspor kita terus meningkat,” jelasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar26 September 2021 16:28
Kadispora Sulsel Akan Dampingi Plt Gubernur Hadiri Pembukaan PON XX Papua
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel Andi Arwin Azis akan mendampingi Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirma...
Makassar26 September 2021 15:50
Humas UNM Bawakan Materi di Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Pendidikan DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Humas Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin, SE, MM menilai peraturan daerah (Perda) kota Makassa...
Video25 September 2021 23:31
VIDEO: Viral, Mertua di Bima Tendang Menantu Saat Proses Akad Nikah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mempelai pria ditendang oleh mertua saat proses akad nikah. Video tersebut terjadi di Oimbo, Kecama...
Sponsored by MGID
Adventorial25 September 2021 22:02
Tenaga Profesional Turun Tinjau Awal Kesiapan Stadion GBH Parepare Jadi Markas PSM Makassar
SULSELSATU.com, Parepare — PSM Makassar terus menunjukkan keseriusan untuk menjadikan Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) di Kota Parepare sebagai m...