Logo Sulselsatu

Jalin Kerjasama dengan Pemkab Bombana, PLN Listriki 770 Rumah Tangga

Asrul
Asrul

Jumat, 10 September 2021 12:24

Jalin Kerjasama dengan Pemkab Bombana, PLN Listriki 770 Rumah Tangga

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PLN bersama Pemkab. Bombana menjalin kerjasama terkait pembangunan jaringan listrik guna melistriki 770 Rumah Tangga (RT) di 5 desa dalam Pulau Masaloka, Kab. Bombana. Kelima desa tersebut adalah Desa Masaloka Timur (117 RT), Desa Masaloka (149 RT), Desa Masaloka Barat (149 RT), Desa Batu Lamburi (159 RT), dan Desa Masaloka Selatan (196 RT).

Berkat kerjasama ini PLN berhasil menuntaskan tugas mulianya untuk melistriki 5 desa di Pulau Masaloka dan diharapkan hadirnya listrik nanti akan meningkatkan ekonomi di pulau tersebut. Hal tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman dan Serah Terima Operasi (STO) antara Pemkab. Bombana dan PLN untuk Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2×271 ms (meter sirkuit) yang membentang di atas selat Masaloka.

Hadir dalam penandatanganan Nota Kesepahaman dan STO tersebut GM PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid dan Bupati Kab. Bombana H. Tafdil, SE., MM. , Wakil Bupati Bombana Ir. Johan Salim, Sp, MM, dan Ketua DPRD Kab. Bombana Arsyad,S.Pd,MM.

Baca Juga : PLN Gelar Pelatihan Videografi dan Beri Bantuan Gapura Wisata Cendol Malino

Dalam kesempatannya Awaluddin mengungkapkan rasa syukurnya atas kerjasama yang dilakukan dengan Pemkab Bombana sehingga Pulau Masaloka dapat terlistriki.

Sponsored by MGID

“Kami menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemkab Bombana sehingga PLN dapat melistriki pulau Masaloka,” kata Awaluddin.

Awaluddin berharap Kerjasama Operasi (KSO) ini kedepannya bisa diterapkan oleh Pemerintah daerah lain di Sulawesi selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat sehingga ada percepatan dalam melistriki daerah terpencil.

Baca Juga : Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional

“Kerjasama seperti ini merupakan kewajiban kita bersama sebagai abdi Bangsa untuk membantu saudara kita yang belum berlistrik karena menghadirkan listrik bagi saudara kita adalah tangung jawab bersama,” tambah Awaluddin.

Dalam sambutannya Bupati Bombana Tafdil, menyampaikan terimakasihnya kepada PLN atas kerjasama yang telah dilakukan ini.

“Saya mewakili masyarakat Masaloka Raya mengucapkan terimakasih karena akhirnya masyarakat dapat menikmati listrik,” kata Tafdil.

Baca Juga : PLN Gelontorkan Rp313 Miliar untuk Dukung Penyelenggaraan PON XX Papua

“Semoga dengan hadirnya listrik, masyarakat di Masaloka Raya dapat mengembangkan usahanya sehingga ekonomi dapat meningkat,” tuturnya.

Tantangan yang dihadapi petugas PLN untuk membangun jaringan tersebut tidaklah mudah. Untuk memobilisasi material PLN harus menyeberangi laut dan melewati medan yang cukup ekstrim. Guna melistriki pulau Masaloka PLN berhasil membangun sepanjang 7,39 Kms (Kilometer Sirkuit) dan 6,03 Kms JTR serta 4 gardu distribusi dengan total kapasitas 250 kVA.

Ke depannya JTM (2×271 ms) yang dibangun oleh Pemkab Bombana akan dioperasikan oleh PLN guna menghubungkan aliran listrik dari Kab. Bombana ke jaringan PLN di Pulau Masaloka. Total sebanyak 770 RT potensi pelanggan di Pulau Masaloka yang nantinya akan dialiri listrik PLN.

Baca Juga : PLN Gelontorkan Rp313 Miliar untuk Dukung Penyelenggaraan PON XX Papua

PLN terus menunjukan komitmennya untuk melistriki daerah terpencil di provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan hadirnya listrik di Pulau Masaloka, diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi dan pendidikan masyarakat di tengah pandemi ini.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video19 September 2021 00:20
VIDEO:Aksi Nakal Bocah Kempeskan Ban Mobil yang Keluar dari Parkiran Megamas Manado
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi sekelompok bocah mengempeskan ban mobil. Dalam video terlihat beberapa bocah mengempeskan ban ...
Video18 September 2021 21:42
VIDEO: Begini Penampakan Desain Stadion Mattoanging
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) belum lama ini melakukan penandatanganan kontrak dengan PT Ar...
Ekonomi18 September 2021 21:12
PLN Gelar Pelatihan Videografi dan Beri Bantuan Gapura Wisata Cendol Malino
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PLN berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pembe...
Sponsored by MGID
Video18 September 2021 19:10
VIDEO: Tarik Motor Kredit Macet, Kantor Finance di Karawang Dihancurkan Massa
SULSELSATU.com – Sebuah video CCTV memperlihatkan sekelompok orang menghancurkan fasilitas kantor finance. Kejadian itu terjadi di kantor financ...