Logo Sulselsatu

Penelitian Mahasiswa Matematika UNM Temukan Efektivitas Vaksinasi Tekan Laju Covid-19

Asrul
Asrul

Senin, 20 September 2021 14:17

Penelitian Mahasiswa Matematika UNM Temukan Efektivitas Vaksinasi Tekan Laju Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) telah melaksanakan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian vaksin terhadap penyebaran Covid-19 dengan model matematika SEIR.

Tim yang berjumlah empat orang itu diawaki Putri Kharina Mahathir Hulinggi selaku ketua tim, Husnul Khatimah Syam, Muhammad Irfan, dan Andi Gagah Palarungi Taufik sebagai anggotamelalui bimbingan Prof Syafruddin Side.

Hasil penelitian dengan menggunakan kolaborasi antara tingkat efektivitas atau kualitas dari vaksin Covid-19 dan total populasi masyarakat yang telah divaksin dengan menggunakan pengaruh vaksin sebanyak 10%, 50%, dan 90%.

Baca Juga : Pertunjukan Teater Tari Musik, Sastra Sangiang Serri dan Meongpalo Karellae

Hasil penelitian dengan pengaruh 10%, menghasilkan bahwa apabila ada satu orang yang terinfeksi Covid-19 dapat menyebabkan enam orang lainnya ikut terinfeksi.

Sponsored by MGID

Kemudian dengan pengaruh 50%, menghasilkan bahwa apabila ada satu orang yang terinfeksi Covid-19, maka akan menyebabkan satu orang lain ikut terinfeksi.

Dan untuk pengaruh 90%, menghasilkan bahwa apabila ada satu orang yang terinfeksi Covid-19, maka kecil kemungkinan menularkan Covid-19 ke orang lain.

Baca Juga : UNM Bersama Gemma Nine Dorong Lembaga Halal Segera Hadir di Sulsel

“Kami sangat mendukung adanya program pemerintah yang menyerukan vaksinasi ke seluruh masyarakat Indonesia, karena berdasarkan hasil perhitungan yang kami lakukan vaksinasi bisa menekan angka penularan Covid-19,” ujar ketua tim penelitian
Putri, Senin (20/9/2021).

Putri menambahkan bahwa penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian vaksin dengan berfokus pada tingkat kualitas vaksin dan jumlah masyarakat yang telah menerima vaksinasi.

Dia berharap agar hasil penelitian ini menjadi acuan bagi pemerintah untuk mengajak dan menyadarkan masyarakat Indonesia untuk vaksinasi.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2021 19:10
DPW Tuntaskan Muscab PPP Makassar, Akbar Yusuf dan Sampara Sarif Masuk Formatur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPW PPP Sulsel akhirnya menuntaskan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar yang sempat tertunda. Ketua DPW ...
Politik24 Oktober 2021 18:10
Giliran Lestari Moerdijat Bakar Semangat Kader NasDem di Sulsel
SULSELSATU.com, PALOPO – Penantian kader Partai NasDem di Luwu Raya untuk dikunjungi Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat terbayarkan. Anggota Maje...
Adventorial24 Oktober 2021 17:49
Istri Walikota Semangati Atlet Tenis Meja Parepare Hingga Lolos Sebagai Jawara
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan kembali meluangkan waktu memantau pelaksanaan pertanding...
Sponsored by MGID
Adventorial24 Oktober 2021 16:26
Malam Grand Final Pemilihan Duta wisata Parepare Sukses Digelar
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar malam Grand Final Pemili...