Logo Sulselsatu

Ketua Panita Pilkades Bontocini Bantah 222 Orang Warga Kehilangan Hak Pilih

Dedy
Dedy

Jumat, 24 September 2021 22:54

Ketua Panita Pilkades Bontocini Bantah 222 Orang Warga Kehilangan Hak Pilih

Ilustrasi (Int)

SULSELSATU.com,Jeneponto – Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bontocini, Reskina membantah pernyataan oknum Aliansi Masyarakat Desa Bontocini, bernama Nurdin Lolo, yang menyebut 222 orang kehilangan hak pilihnya tahun ini.

Kepada sulselsatu.com, Jumat malam (24/09/2021) dibalik pesan via aplikasi WhatsApp, Reskina mengatakan, 222 orang warga di Desa Bontocini, memiliki Kartu Keluarga (KK) yang diduga invalid dan bahkan ada sebagian warga tidak tinggal di Desa Bontocini, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto.

“Bukan kehilangan hak suaranya. Sesuai regulasi perbub, mereka tidak memiliki hak suara memilih karena bukan penduduk asli Desa Bontocini yang memiliki data kependudukan di bBontiocini. Setelah diverifikasi di capil, itu hasilnya invalid,”katanya.

Sponsored by MGID

Reskina juga menegaskan, pihaknya sudah menjalankan tugasnya sesuai perintah peraturan bupati (Perbup) nomor 32 tahun 2021.

“Pada penetapan DPT itu disaksikan langsung oleh ketua Aliansi Pemuda Desa Bontocini Nurdin dan hari itu juga dia menerima penetapan DPT karena tidak dapat mempertanggung jawabkan yang 222 orang bahwa dia anggapa warga Desa Bontocini,”katanya.

Selain itu kata Reskina, Pihaknya mengaku telah menelusuri identitas yang dianggap Kehilangan hal suaranya itu. Namun pada saat di cek oleh SIAK capil, warga tersebut tidak berada di desa Bontocini atau kata lainnya invalid. Justru ini akan lebih melanggar peraturan ketika dipaksakan untuk masuk di DPT.

“Terkait yang 2 orang dibawah umur, kami sudah croscek kesalahan pengetikan dan sudah juga saya telusuri KK-nya. Seharusnya 2003 dan 2002 tapi penulisan di DPT 2002 dan 2022. KK invalid dan sebagian warga sudah tidak tinggal di Desa Bontocini,” Pungkasnya.

Dia juga menjelaskan, yang sempat di temukan itu oleh panitia cuma 30 KK.

“Atau kata lain tidak ditemukan datanya bahwa (itu) warga Bontocini, karena munculnya puluhan KK yang diduga siluman yang dipaksakan untuk dimasukkan kedalam DPT,” Jelas Reskina.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2021 19:10
DPW Tuntaskan Muscab PPP Makassar, Akbar Yusuf dan Sampara Sarif Masuk Formatur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPW PPP Sulsel akhirnya menuntaskan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar yang sempat tertunda. Ketua DPW ...
Politik24 Oktober 2021 18:10
Giliran Lestari Moerdijat Bakar Semangat Kader NasDem di Sulsel
SULSELSATU.com, PALOPO – Penantian kader Partai NasDem di Luwu Raya untuk dikunjungi Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat terbayarkan. Anggota Maje...
Adventorial24 Oktober 2021 17:49
Istri Walikota Semangati Atlet Tenis Meja Parepare Hingga Lolos Sebagai Jawara
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan kembali meluangkan waktu memantau pelaksanaan pertanding...
Sponsored by MGID
Adventorial24 Oktober 2021 16:26
Malam Grand Final Pemilihan Duta wisata Parepare Sukses Digelar
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar malam Grand Final Pemili...