Logo Sulselsatu

Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 27 September 2021 21:13

Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Senin, (27/9/2021).

Launching ini untuk membangkinkan kembali gairah perekonomian lewat sektor pariwisata terus dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan di Indonesia, baik Kementerian pariwisata, hingga masyarakat lainnya.

Ketua Forum Pariwisata Sulsel Bergerak, Devo Khaddafi mengatakan, Forum ini terbentuk sejak Mei 2021, awalnya sebagai wadah silaturahmi dari pelaku industri pariwisata, stakeholder, dan insan peduli pariwisata Sulsel, hingga muncullah keresahan untuk membuat agenda besar tersebut.

“Karena kami gelisah melihat kepariwisataan Sulsel yang tidak bergerak, tidak ada yang naik. Sulsel sudah mulai ditinggalkan sama provinsi lain yang sudah berbenah. Meskipun sektor pariwisata paling terdampak pandemi tapi sektor ini paling bisa menjawab peningkatan ekonomi. Karena paling cepat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan PAD,” ujar Devo Makassar.

Sponsored by MGID

Forum ini terdiri dari 16 asosiasi dan organisasi terpacu untuk mensinergikan kembali gairah pariwisata di Sulawesi Selatan.

16 Asosiasi dan organisasi terlibat dalam forum pariwisata ini, kata Devo 53 persen diantaranya berdiri di sektor kepariwisataan yang terkena dampak PHK akibat Pandemi Covid-19.

“16 asosiasi yang tergabung dalam forum ini, ASITA Sulsel, PHRI, IHGMA, Masyarakat Sadar Wisata, Indonesia Tour Leader, Genpi (generasi pesona Indonesia), Ivendo, Gabungan industri pariwisata (Gipi), asosiasi pusat belanja, Gesturi, Ampuh, dan Amphuri,” sebutnya.

Dia menjelaskan, akibat dampak pandemi saat ini, sektor pariwisata sangat terpukul.

“Saat ini, tingkat pendapatan turun 80 persen sejak pandemi. Sekitar 63 persen karyawan di rumahkan. Teman-teman travel turun drastis, bahkan banyak yang tutup, ” kata Devo.

Agenda ini, lanjut Devo juga sekaligus mendukung program Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahuddin Uno dimana secara Nasional pemerintah telah me-launching slogan hastag #DiIndonesiaAja, dengan demikian Sulsel menyambut slogan tersebut dengan menggunakan slogan khas dialek Makassar atau Sulsel pada umumnya #KeSulSelMi, ini juga bertepatan dengan hari pariwisata dunia yang jatuh pada hari ini, Senin 27 September 2021.

“Rugi Sulsel, rugi Pariwisata Sulsel kalau tidak mempersiapkan dari sekarang, bergerak dari sekarang, mumpung menterinya Pak Sandi, karena beliau mampu menerjemahkan kebutuhan yang ada di lapangan,” pungkasnya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2021 19:10
DPW Tuntaskan Muscab PPP Makassar, Akbar Yusuf dan Sampara Sarif Masuk Formatur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPW PPP Sulsel akhirnya menuntaskan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar yang sempat tertunda. Ketua DPW ...
Politik24 Oktober 2021 18:10
Giliran Lestari Moerdijat Bakar Semangat Kader NasDem di Sulsel
SULSELSATU.com, PALOPO – Penantian kader Partai NasDem di Luwu Raya untuk dikunjungi Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat terbayarkan. Anggota Maje...
Adventorial24 Oktober 2021 17:49
Istri Walikota Semangati Atlet Tenis Meja Parepare Hingga Lolos Sebagai Jawara
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan kembali meluangkan waktu memantau pelaksanaan pertanding...
Sponsored by MGID
Adventorial24 Oktober 2021 16:26
Malam Grand Final Pemilihan Duta wisata Parepare Sukses Digelar
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar malam Grand Final Pemili...