Logo Sulselsatu

Yunus HJ Harap Pemkot Makassar Segera Buat Perwali Anjal dan Pengamen

Asrul
Asrul

Rabu, 13 Oktober 2021 12:58

Yunus HJ Harap Pemkot Makassar Segera Buat Perwali Anjal dan Pengamen

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Muh Yunus HJ menyoroti lambannya Pemkot Makassar membuat Perwali soal pembinaan anak jalanan, gelandangan, pengemis dan pengamen.

Yunus mengatakan pihaknya telah melahirkan Peraturan Daerah sejak 2008 namun, penegakan di lapangan tidak maksimal karena Perwalinya belum ada.

“Makanya kita mendesak supaya Perwali Anjal, pengamen dan pengemis itu bisa segera dibuat. Karena jujur saja ini menjadi masalah sosial yang sangat meresahkan warga kata Yunus saat Sosper di Hotel Karebosi Condotel, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga : Legislator Makassar Muchlis Misbah Sebut Perlindungan Anak Tanggung Jawab Semua Pihak

Lebih jauh, Ketua Fraksi NIB DPRD Makassar itu menjelaskan bahwa, perlu juga ada wadah pembinaan yang harus disiapkan Pemkot dalam rangka memberi pelatihan kepada para pengemis ini yang terjaring razia oleh aparat.

Sponsored by MGID

“Kami di DPRD Malassar tentu akan mendukung semua upaya Pemkot dalam menanggulangi penyakit sosial ini. Termasuk, saya dengar Pak Wali Danny Pomanto mau hibahkan tanahnya untuk buat pondok sosial, saya pikir itu sangat bagus,” jelas Ketua DPC Hanura tersebut.

Hal lain kata Yunus adalah, mendorong Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar mengeluarkan fatwa mengharamkan kepada warga memberikan sedekah kepada pengemis di jalanan, atau lampu merah.

Baca Juga : Serikat Jukir Demonstrasi ke DPRD Makassar, Tuntut PD Parkir Dibubarkan

“Perda tanpa Perwali saya kira tidak akan maksimal. Nah, selain itu, kita ada dorongan agar MUI bisa membuat fatwa berdasarkan Perda nomor 2 tahun 2008 ini,” demikian Yunus.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Makassar, La Heru menjelaskan bahwa, upaya pihaknya menanggulangi persoalan anjal dan lainnya terus dilakukan.

Baca Juga : DPRD Makassar Rekomendasikan ke Camat Rappocini Tuntaskan Persoalan PKL

“Alhamdulillah, Pak Walikota Makassar Danny Pomanto mau menghibahkan lahannya 5 hektar untuk pembangunan pondok sosial. Tahun 2022 kita akan anggarkan di APBD agar gedungnya bisa dibangun untuk digunakan secepatnya,” kata La Heru.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video19 Oktober 2021 22:33
VIDEO: Dua Orang Meninggal Tersambar Petir di Gowa, Satu Orang Anggota TNI
SULSELSATU.com – Dua orang meninggal dunia tersambar petir di Kecamatan Patallasang, Kabupaten Gowa. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa (19/1...
Adventorial19 Oktober 2021 22:12
Batik Parepare Diharapkan Mampu Mengembangkan Ekonomi Kreatif
SULSELSATU.com, Parepare — Dekranasda Kota Parepare bersama Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XL Dim 1405 dan Firda Aulia Indonesia melaunchi...
Ekonomi19 Oktober 2021 21:51
PT Vale Indonesia Catat 20 Persen Peningkatan Produksi Nikel Triwulan Ketiga 2021
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk hari ini, Selasa (19/10/2021) umumkan peningkatan produksi nikel hingga 20 persen pada triwulan...
Sponsored by MGID
Adventorial19 Oktober 2021 21:15
Wali Kota Parepare Hadiri Paripurna Istimewa HUT Sulsel ke-352
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare Taufan Pawe, menghadiri paripurna istimewa peringatan HUT Sulawesi Selatan ke-352, di Gedung DPRD ...