Logo Sulselsatu

Capaian Vaksinasi COVID-19 untuk WBP di Lapas Watampone

Andi
Andi

Rabu, 20 Oktober 2021 15:42

Vaksinasi COVID-19 WBP di Lapas Watampone. Ist
Vaksinasi COVID-19 WBP di Lapas Watampone. Ist

SULSELSATU.com – Sejak awal 2021, pemerintah gencar melakukan program vaksinasi untuk menekan penyebaran Virus COVID-19.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone, Kabupaten Bone 99.73 persen telah divaksin COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Lapas Watampone, Sudirman Zainuddin pada Rabu (20/10).

Baca Juga : Hadiri HKG PKK ke-49, Bupati Gowa Minta Bantu Pemerintah Tingkatkan Vaksinasi COVID-19

Salah seorang yang belum divaksin COVID-19 lantaran memiliki penyakit bawaan yang tidak memungkinkan untuk divaksin COVID-19. Menurutnya wargabinaan tersebut tengah menjalani perawatan media di Lapas Watampone.

Sponsored by MGID

“Masih ada 1 orang wargabinaan yang belum divaksin sama sekali karena ada penyakit bawaan dan saat ini sedang dalam penanganan oleh tenaga medis Lapas Watampone,” jelasnya.

Lapas Watampone telah melakukan kegiatan vaksinasi untuk wargabinaan sebanyak 4 kali dengan bekerjasama dengan pihak Puskesmas dan Kepolisian setempat.

Baca Juga : Strategi Jemput Bola Untuk Genjot Vaksinasi di Luwu Utara

“Selama ini telah dilakukan pemberian vaksinasi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan sebanyak 4 kali bekerjasama dengan Puskesmas Bajoe, dan Kepolisian Resort Bone melalui Klinik Madising dalam program Serbuan Vaksinasi bagi Masyarakat Kabupaten Bone,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto, mengatakan bahwa berdasarkan data tanggal 19 Oktober 2021, vaksinasi di 24 lapas, Rutan dan LPKA se-Sulsel sudah mencapai 96.65 Persen.

Dari 10.404 WBP, sebanyak 8348 Orang sudah divaksin dosis lengkap (Pertama dan Kedua). Sementara yang baru di vaksin pertama sebanyak 1707 WBP.

Baca Juga : Mahasiswa KKN UNM Sukseskan Vaksinasi COVID-19 di Aralle Mamasa

Menurutnya masih ada 349 Wargabinaan yang belum divaksin sama sekali dan sedang dikoordinasikan dengan pihak terkait agar secepatnya divaksin.

Pada saat vaksinasi ada beberapa WBP yang tidak memenuhi syarat untuk di vaksin karena alasan kesehatan dan saat ini dalam perawatan dokter dan paramedis Lapas/Rutan.

Harun berharap Warga Binaan di Sulsel yang belum dapat divaksin dapat segera divaksin COVID-19 apabila telah sembuh.

Baca Juga : Mahasiswa KKN UNM Sukseskan Vaksinasi COVID-19 di Aralle Mamasa

“Semoga setelah sembuh dapat segera di vaksin,” Kata Kakanwil Harun.

Kakanwil Harun mengucapkan terimakaish khususnya Pemprov dan Pemkab/Pemkot se-Sulsel atas kerjasamanya dalam melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 di Lapas/Rutan di Sulsel.

“Terima kasih kepada Pemprov Sulsel, Pemkab/Pemkot se-Sulsel, Pihak TNI Polri, Poltekes Makassar dan Kantor kesehatan Pelabuhan Makassar yang selama ini membantu vaksinasi bagi WBP di Lapas/Rutan dan LPKA di Sulsel,” jelasnya.

Baca Juga : Mahasiswa KKN UNM Sukseskan Vaksinasi COVID-19 di Aralle Mamasa

Proses tahapan vaksinasi itu menerapkan dengan protokol kesehatan yang ketat, screening awal, hingga pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Penulis : Nur Waidah
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial02 Desember 2021 23:28
Plt Gubernur Akui Inovasi Taufan Pawe di Hadapan Kepala Daerah di Sulsel
SULSELSATU.com, Makassar — Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengakui sosok Taufan Pawe sebagai kepala daerah inovatif. Hal itu ia lont...
Makassar02 Desember 2021 23:06
Narasumber di Supermentor, Wali Kota Danny Paparkan Arti Sebuah Kepemimpinan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjadi pembicara membahas tentang kepemimpinan dalam acara Su...
Makassar02 Desember 2021 20:40
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mulai Diterapkan TK Islam Athirah 1
SULSELSATU.com, MAKASSAR – TK Islam Athirah 1 siap melakukan pembelajaran tatap muka (TPM) terbatas mulai Desember 2021 ini. Kepala TK Islam Ath...
Sponsored by MGID
Makassar02 Desember 2021 20:21
Difasilitasi ANC Japan dan PT IKI, Plt Gubernur Sulsel Sebut Peluang 10 Ribu Lulusan SMK Bisa Bekerja di Jepang
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyambut baik peluang yang diberikan oleh PT Industri Kapal Indonesia (Persero)...