Logo Sulselsatu

Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla Berdayakan Komoditas Kopi di Boneposi

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 23 Oktober 2021 15:24

Pembinaan Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla di Desa Boneposi Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu (Ist)
Pembinaan Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla di Desa Boneposi Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla berdayakan komoditas lokal produk pertanian di Desa Boneposi Kecamatan Latimojong, Luwu.

Yayasan Hadji Kalla menilai, komoditas tersebut hanya dimanfaatkan sebagai hasil bumi yang dijual dalam kondisi bij, ataupun bubuk oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, perlu pengembangan agroindustri lebih lanjut agar menjadi percontohan bagi desa lainnya.

Fasilitator Desa Bangkit Sejahtera yang bertugas di Desa Boneposi, Akhsan mengungkapkan, tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah menambah keragaman ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Beri Pelatihan Mitigasi Bencana di Kabupaten Luwu

“Pengolahan komoditas lokal pertanian, dan perkebunan berbahan dasar kopi menjadi produk baru salah satunya adalah sabun handmade. Kemudian meningkatkan ketrampilan, pengetahuan, dan kesadaran masyarakat, terutama kelompok ibu-ibu PKK guna meningkatkan nilai tambah produk yang menjadi komoditi unggulan di desa agar bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelasnya, Sabtu, (23/10/2021).

Sponsored by MGID

Ia menjelaskan, pembinaan terakhir adalah dengan mempromosikan sabun handmade dari kopi sebagai oleh-oleh khas desa non-pangan dari Kabupaten Luwu. Menjalin kerjasama dengan pihak terkait serta pendampingan teknis untuk pengembangan bisnis pembuatan produk sabun, agar lebih lanjut dan lebih terarah.

Lebih jauh ia menjelaskan, dalam prosesnya, program ini dimulai dengan penjajakan ide yang melibatkan warga. Kegiatan selanjutnya adalah pelatihan pembuatan sabun handmade berbasis komoditas lokal, berbahan dasar kopi.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Bersama BPPAUD Gelar Pelatihan Pendampingan PAUD Terakreditasi dan Mandiri

Desa boneposi memanfaatkan kopi khas Latimojong sebagai bahan baku pembuatan sabun. Kegiatan penyuluhan dan pelatihan dilakukan di salah satu rumah warga. Tingkat partisipasi dari warga masyarakat terpantau tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti pelatihan di Desa Boneposi.

“Setelah kegiatan ini selesai dilaksanakan, pengkajian lebih lanjut akan dilakukan, meliputi pengembangan daerah pengolahan sabun handmade yang mencakup daerah yang lebih luas di tingkat Kabupaten Luwu,” bebernya.

Langkah ini kata Akhsan, sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Luwu yang menitikberatkan pada potensi Wilayah Kecamatan Latimojong sebagai kawasan perkebunan kopi terbesar.

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar28 November 2021 01:36
Amson Padolo Tekankan Perlunya Tata Kelola Data Pemerintah Terintegrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Provinsi Sulawesi Selatan Amson Padolo m...
Sulsel27 November 2021 20:15
Cakupan Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua di Sulsel Baru 28,45 Persen
SULSELSATU.com, MAKASSAR РCapaian vaksinasi Covid-19 di Sulsel terus digenjot. Untuk dosis 1 di provinsi Sulsel tercatat hingga hari ini Sabtu...
Makassar27 November 2021 20:00
Rektor UNM Menerima Kunci Secara Simbolis Rumah Grand Pinisi UNM dari Developer
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) secara resmi menerima kunci secara simbolis perumahan Grand Pinisi UNM dari Develop...
Sponsored by MGID
Makassar27 November 2021 17:43
Career Coaching Yayasan Hadji Kalla Bantu Para Lulusan Baru Menggali Potensi Diri
SULSELSATU.com, Makassar – Yayasan Hadji Kalla menggelar program career coaching untuk para lulusan baru untuk bisa menemukan kinat dan potensi ...