Logo Sulselsatu

Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla Berdayakan Komoditas Kopi di Boneposi

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 23 Oktober 2021 15:24

Pembinaan Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla di Desa Boneposi Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu (Ist)
Pembinaan Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla di Desa Boneposi Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla berdayakan komoditas lokal produk pertanian di Desa Boneposi Kecamatan Latimojong, Luwu.

Yayasan Hadji Kalla menilai, komoditas tersebut hanya dimanfaatkan sebagai hasil bumi yang dijual dalam kondisi bij, ataupun bubuk oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, perlu pengembangan agroindustri lebih lanjut agar menjadi percontohan bagi desa lainnya.

Fasilitator Desa Bangkit Sejahtera yang bertugas di Desa Boneposi, Akhsan mengungkapkan, tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah menambah keragaman ekonomi masyarakat.

Baca Juga : LPPM Kalla Institute Bina Kelompok Miskin Tunanetra dan Muallaf Bangun Bisnis

“Pengolahan komoditas lokal pertanian, dan perkebunan berbahan dasar kopi menjadi produk baru salah satunya adalah sabun handmade. Kemudian meningkatkan ketrampilan, pengetahuan, dan kesadaran masyarakat, terutama kelompok ibu-ibu PKK guna meningkatkan nilai tambah produk yang menjadi komoditi unggulan di desa agar bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelasnya, Sabtu, (23/10/2021).

Ia menjelaskan, pembinaan terakhir adalah dengan mempromosikan sabun handmade dari kopi sebagai oleh-oleh khas desa non-pangan dari Kabupaten Luwu. Menjalin kerjasama dengan pihak terkait serta pendampingan teknis untuk pengembangan bisnis pembuatan produk sabun, agar lebih lanjut dan lebih terarah.

Lebih jauh ia menjelaskan, dalam prosesnya, program ini dimulai dengan penjajakan ide yang melibatkan warga. Kegiatan selanjutnya adalah pelatihan pembuatan sabun handmade berbasis komoditas lokal, berbahan dasar kopi.

Baca Juga : Layanan Kalla Care Semakin Lengkap Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Desa boneposi memanfaatkan kopi khas Latimojong sebagai bahan baku pembuatan sabun. Kegiatan penyuluhan dan pelatihan dilakukan di salah satu rumah warga. Tingkat partisipasi dari warga masyarakat terpantau tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti pelatihan di Desa Boneposi.

“Setelah kegiatan ini selesai dilaksanakan, pengkajian lebih lanjut akan dilakukan, meliputi pengembangan daerah pengolahan sabun handmade yang mencakup daerah yang lebih luas di tingkat Kabupaten Luwu,” bebernya.

Langkah ini kata Akhsan, sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Luwu yang menitikberatkan pada potensi Wilayah Kecamatan Latimojong sebagai kawasan perkebunan kopi terbesar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...