Logo Sulselsatu

Wawali Makassar Pantau Pelaksanaan Screening Mengunakan Genose Bagi Siswa SMP

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 01 November 2021 18:03

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memantau lima sekolah yang melaksanakan screening bagi siswanya menggunakan alat Genose, Senin 01/11/2021 (Ist)
Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memantau lima sekolah yang melaksanakan screening bagi siswanya menggunakan alat Genose, Senin 01/11/2021 (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memantau lima sekolah yang melaksanakan screening bagi siswanya menggunakan alat Genose, Senin (01/11/2021).

Kata Fatma, saat ini ada 30 sekolah dikota Makassar tingkat SMP baik negeri maupun swasta telah melaksanakan PTM gelombang pertama.

“Jadi kita screening, untuk mengetahui status kesehatan anak didik kita, maintenancenya yakni dengan menggunakan Genose ini,” ucap Fatma.

Diketahui, screening bagi pelajar dilaksanakan secara serentak untuk siswa Sekolah Menengah Pertama yang sudah sebulan mengadakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) gelombang pertama.

Sponsored by MGID

Dalam peninjauannya di sekolah Wawali Fatmawati mendapatkan seorang siswa dinyatakan positif, namun setelah diulang kembali ternyata hasilnya negatif.

“Di sekolah pertama tadi, ada seorang siswa yang dinyatakan positif, itu karena positif ratenya lemah, makanya kita suruh ulang, setelah istirahat 30 menit dan meniup lagi, alhamdulillah hasilnya sudah negatif,” ujar Fatma.

Menurut Fatma yang perlu diketahui bahwa dalam penggunaan alat Genose, sudah jelas ada Standar Operasional Prosedurnya(SOP).

“Juknisnya sudah ada, sensitivitasnya memang ada, petunjuk – petunjuknya itu harus diikuti, kemungkinan errornya tadi tidak mengikuti SOP, karena anak tadi ditanya ternyata habis makan nasi uduk,” jelasnya.

Sementara itu Plt Kadis Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba menjelaskan, sasaran screening ini adalah siswa tingkat SMP, karena selama satu bulan dilaksanakannya PTM, siswa sudah berinteraksi dengan teman temannya.

“Artinya selama belajar, mereka sudah berinteraksi dengan teman temannya, hasil Swab antigen semua anak kita sehat, sehingga Genose ini digunakan untuk maintenance bagaimana mengscreening dan mentreatment, apakah benar benar selama satu bulan mereka belajar, tidak ada terkontaminasi,” jelasnya.

Adapun sekolah tingkat SMP yang dikunjungi diantaranya, SMPN 6, SMPN 2, SMPN 29, SMPN 1 dan terakhir SMPN 3.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Kesehatan Makassar akan menggunakan GeNose untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah menyebutkan sekolah yang sedang melaksanakan PTM, para siswanya akan tetap dites PCR secara berkala dan dilanjutkan dengan GeNose.

Dia mengakui bahwa GeNose hanya digunakan sebagai alat skrining saja. Pemeriksaan utama tetap menggunakan alat PCR dan antigen. GeNose digunakan karena alatnya telah ada dan dibeli berdasarkan izin edar.

“Artinya ini benar legal dan benar barang ini direkomendasikan Kemenkes. Karena itu kenapa tidak pemerintah membeli suatu alat pendeteksi COVID-19 dengan tidak memberi sakit ke pengguna. Itu dasarnya,” katanya.

Pemkot Makassar sendiri memiliki sebanyak 163 unit alat tersebut. Pemkot membeli alat ini menyusul terbitnya surat izin edar dan penggunaan GeNose sebagai salah satu alat skrining COVID-19

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...