Logo Sulselsatu

DPRD Luwu Timur dan DPRD Sulsel Gelar Rapat Bersama Terkait Dana Water Lavy Belum Cair

Andi
Andi

Selasa, 16 November 2021 13:12

DPRD Luwu Timur dan DPRD Sulsel Gelar Rapat Bersama . Sulselsatu/Sucipto
DPRD Luwu Timur dan DPRD Sulsel Gelar Rapat Bersama . Sulselsatu/Sucipto

SULSELSATU.com, Luwu Timur – Tim badan anggaran DPRD Luwu Timur dan Banggar DPRD Sulsel Menggelar Rapat Bersama yang bertempat di ruang komisi C DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, pada (16/11/2021).

Dalam rapat itu, Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur Usman Sadik bersama sejumlah legislator Luwu Timur yang tergabung dalam tim Banggar berinisiatif melakukan konsultasi sekaligus mempertanyakan belum terbayarnya dana bagi hasil, Water Levy, dari Pemprov Sulsel ke pemkab Luwu Timur.

Total dana bagi hasil Water Levy yang seharusnya diterima menjadi (hak) pemkab Luwu Timur untuk triwulan kedua dan ketiga tahun 2021 ini berkisar Rp 46 Miliar.

“Bagaimana bisa dana bagi hasil pajak air permukaan (water Levy ) PT. Vale untuk kami ( Luwu Timur) pada triwulan kedua dan ketiga tahun ini belum ditransfer Propinsi ke kas daerah Luwu Timur,“ ujar Usman Sadik, wakil ketua DPRD Luwu Timur dengan nada tinggi.

Sponsored by MGID

“Kenapa kami ke Banggar Provinsi hari ini ? karena sudah tiga kali surat bupati Luwu Timur kepada Plt. Gubernur Sulsel yang meminta pembayaran Water Levy ke pemkab Luwu Timur belum pernah ada realisasi,” ungkap Usman.

Usman Selaku Unsur Pimpinan DPRD Luwu Timur menerangkan bahwa dalam pertemuan ini belum ada isyarat dari Pemprov Sulsel untuk membayarakan dana bagi hasil water levy tersebut.

“Yang kita sayangkan, mengapa Pemprov lebih memprioritaskan bantuan keuangan khusus ke daerah-daerah. Sementara ada kewajibannya (membayar Water Levy) ke Luwu Timur tidak ditunaikan,” Sambungnya.

Dari hasil asistensi Tim Banggar Luwu Timur ke Kemendagri beberapa waktu lalu direkomendasikan agar Pemprov Sulsel lebih memprioritaskan kewajibannya untuk membayar Water Levy ke Pemkab Luwu Timur.

“Dana Water Levy ini sudah tergambar dalam batang tubuh APBD Luwu Timur tahun 2021. Kalau dari Provinsi tidak membayarkan, maka banyak kegiatan kami yang sudah dilaksanakan tidak akan dibayarkan. Termasuk bantuan beasiswa kepada mahasiswa Luwu Timur,” terang Usman.

Terangnya, bahwa program beasiswa ini mengcover kurang lebih 15 ribu mahasiwa Luwu Timur dengan jumlah anggaran yang dibutuhkan kurang lebih Rp. 60 Miliar

“kembali saya tegaskan, jika dana Water Levy ini masih tertahan atau tidak dibayarkan, maka program beasiswa tersebut tidak dapat kami laksanakan,” tegasnya.

Dalam rapat konsultasi ini juga hadir perwakilan dan staf dinas pendapatan dan keuangan Propinsi Sulawesi-Selatan serta Banggar DPRD Propinsi Sulsel, Andi Hatta Marakarma. Sedangkan anggota Banggar Luwu Timur lainnya yang juga hadir adalah Badawi Alwi, Sarkawi A. Hamid, I Made Sariana, Wahidin Wahid dan Leonard Bongga.

Penulis : Sucipto
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...