Logo Sulselsatu

Mau Kerja Tapi Hanya Punya Ijazah SMA/SMK, Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Selasa, 23 November 2021 19:35

9 pekerjaan yang tidak membutuhkan gelar sarjana (kompasiana)
9 pekerjaan yang tidak membutuhkan gelar sarjana (kompasiana)

SULSELSATU.com – Gelar sarjana sering kali menjadi salah satu kualifikasi untuk bisa mendapatkan pekerjaan dalam sebuah bidang. Namun, masih ada beberapa jenis pekerjaan yang ternyata tidak membutuhkan gelar sarjana.

Dengan hanya menggunakan lulusan SMA/SMK, ada sembilan pekerjaan yang bisa dilakukan. Meski begitu, untuk menekuni suatu bidang tetap harus menambah keterampilan dengan mengikuti pelatihan, magang, maupun sertifikasi lainnya untuk karier di masa depan.

Berikut ini pekerjaan yang bisa dilakukan bagi kamu yang hanya lulusan SMA/SMK dikutip dari detikcom, Selasa, 23 November 2021.

Baca Juga : VIDEO:Butuh Pekerjaan, Tulisan di Punggung Pengendara Motor Ini Bikin Terenyuh

1. Petugas Damkar
Petugas pemadam kebakaran atau damkar menjadi salah satu profesi yang tak melihat gelar sarjana. Mereka umumnya disyaratkan berijazah minimal SMA.

Sponsored by MGID

Sehari-hari selain memadamkan kebakaran, mereka juga bertugas membantu kecelakaan, penyelamatan, situasi darurat, hingga musibah bencana. Walau hanya bergelar SMA, mereka bisa naik pangkat seiring masa kerjanya.

2. Penerjemah
Sebagai penerjemah, detikers diharuskan menerjemahkan teks atau tulisan, baik di jurnal, artikel, atau film ke bahasa yang diminta. Mereka yang melakukan pekerjaan ini tak membutuhkan gelar sarjana.

Baca Juga : VIDEO:Butuh Pekerjaan, Tulisan di Punggung Pengendara Motor Ini Bikin Terenyuh

3. Pramugari
Pekerjaan sebagai pramugari atau pramugara tak membutuhkan gelar sarjana. Umumnya, pekerjaan ini mengharuskan pelamarnya adalah lulusan SMA atau sederajat, meskipun ada sedikit perbedaan antara maskapai yang satu dengan lainnya.

4. Frontliner
Frontliner adalah pekerjaan di bidang jasa yang bertugas melayani pelanggan secara langsung. Macam pekerjaan ini, contohnya adalah resepsionis, customer service (CS), petugas loket, hingga sales.

Pekerjaan ini tak mematok pelamarnya untuk bergelar sarjana. Mereka yang lulusan SMA, SMK, atau D3 bisa melamar tergantung perusahaan masing-masing.

Baca Juga : VIDEO:Butuh Pekerjaan, Tulisan di Punggung Pengendara Motor Ini Bikin Terenyuh

5. Masinis
Sopir kereta api atau masinis merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dicari orang. Ternyata, pekerjaan ini tak mematok pelamarnya harus bergelar sarjana, lho.

Melansir situs PT KAI, syarat pendidikan untuk posisi masinis adalah lulusan SMA jurusan IPA atau SMK dengan konsentrasi bidang listrik, mesin, dan otomotif.

6. Mekanik
Pekerjaan mekanik membutuhkan keterampilan dan ketelitian untuk memeriksa sebuah kendaraan. Selain itu, mereka juga perlu tahu cara merawat dan melakukan perbaikan.

Baca Juga : VIDEO:Butuh Pekerjaan, Tulisan di Punggung Pengendara Motor Ini Bikin Terenyuh

Tak perlu gelar sarjana, cukup dengan ijazah SMA atau sekolah kejuruan Anda bisa menjadi seorang mekanik. Walaupun begitu, pekerjaan ini juga tak menutup kemungkinan untuk pelatihan lanjutan bila ingin menggeluti lebih dalam.

7. Guru Les Privat
Pekerjaan yang tak memerlukan gelar lainnya adalah guru privat atau tutor. Pekerjaan ini biasa dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir dari jurusan pendidikan.

Para mahasiswa biasanya mengajar secara mandiri dengan menawarkan jasa ke tetangga atau saudaranya. Walaupun begitu, beberapa lembaga les mewajibkan para gurunya bergelar sarjana.

Baca Juga : VIDEO:Butuh Pekerjaan, Tulisan di Punggung Pengendara Motor Ini Bikin Terenyuh

8. Wirausaha
Wirausaha menjadi pekerjaan yang tak memandang gelar sarjana. Pekerjaan ini mulai banyak dilirik oleh generasi muda karena dianggap menyenangkan bisa menyalurkan hobi menjadi bisnis.

Terlebih, pekerjaan ini bisa dibantu dengan teknologi yang semakin modern, Untuk menjadi wirausaha Anda tak harus memahami bisnis saja, tetapi juga desain, konten, hingga situs web demi memperluas pemasukan.

9. MUA
MUA atau penata rias banyak digemari oleh para wanita. Pekerjaan ini memerlukan keterampilan dalam merias wajah serta manajemen waktu yang baik.

Baca Juga : VIDEO:Butuh Pekerjaan, Tulisan di Punggung Pengendara Motor Ini Bikin Terenyuh

Anda tak perlu bergelar sarjana untuk pekerjaan ini, karena Anda bisa mengasah keterampilan dengan mengikuti les, kursus, atau sertifikasi demi hasil yang lebih baik.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial02 Desember 2021 23:28
Plt Gubernur Akui Inovasi Taufan Pawe di Hadapan Kepala Daerah di Sulsel
SULSELSATU.com, Makassar — Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengakui sosok Taufan Pawe sebagai kepala daerah inovatif. Hal itu ia lont...
Makassar02 Desember 2021 23:06
Narasumber di Supermentor, Wali Kota Danny Paparkan Arti Sebuah Kepemimpinan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjadi pembicara membahas tentang kepemimpinan dalam acara Su...
Makassar02 Desember 2021 20:40
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mulai Diterapkan TK Islam Athirah 1
SULSELSATU.com, MAKASSAR – TK Islam Athirah 1 siap melakukan pembelajaran tatap muka (TPM) terbatas mulai Desember 2021 ini. Kepala TK Islam Ath...
Sponsored by MGID
Makassar02 Desember 2021 20:21
Difasilitasi ANC Japan dan PT IKI, Plt Gubernur Sulsel Sebut Peluang 10 Ribu Lulusan SMK Bisa Bekerja di Jepang
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyambut baik peluang yang diberikan oleh PT Industri Kapal Indonesia (Persero)...