Logo Sulselsatu

Difasilitasi ANC Japan dan PT IKI, Plt Gubernur Sulsel Sebut Peluang 10 Ribu Lulusan SMK Bisa Bekerja di Jepang

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 02 Desember 2021 20:21

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Bersama Perwakilan PT IKI (Ist)
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Bersama Perwakilan PT IKI (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyambut baik peluang yang diberikan oleh PT Industri Kapal Indonesia (Persero) – PT IKI yang bakal merekrut lulusan SMK untuk siap bekerja di Negara Jepang.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, langkah tersebut merupakan kabar baik bagi lulusan SMK di Kota Makassar untuk dapat terjung di dunia kerja.

“Alhamdulillah, ini merupakan kabar baik untuk menjadi peluang bagi para anak-anak kami lulusan SMK di Sulawesi Selatan,” ujarnya, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga : Hadirkan BP3MI Sulsel, Hasnah Syam Ajak Pers Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman

Menurutnya, ini sebagai sinergitas Pemprov Sulsel bersama perusahaan berplat merah itu. “Ini sebagai kontribusi kepada Pemprov bahwa PT IKI melalui kesempatan sama telah komitmen untuk memberi peluang bekerja ke Jepang kepada anak-anak lulusan SMK dengan peluang sebanyak 10 ribu. Kita tentu berharap banyak anak-anak dari Sulsel,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (Persero) PT. IKI Diana Rosa menyampaikan, bahwa dalam rencana memfasilitasi peluang kerja bagi lulusan SMK ini bekerjasama dengan ANC Japan.

ASEAN Nagoya Club (ANC) Japan merupakan suatu asosiasi perusahaan Jepang yang berkomitmen kerjasama di bidang akademik dan pengembangan karir di Jepang. Ia bercerita beberapa waktu lalu pihaknya sempat berdiskusi dengan Mardiansyah Mardis dan Indra Kesuma Nasution (ANC Japan) bersama Causa Iman Karana, Kepala BI SulSel di kantor Bank Indonesia. Dimana sebelumnya, Causa Iman Karana merupakan kepala BI Tokyo.

Baca Juga : Pembangunan Stadion Barombong Tertunda, Wali Kota Danny Sebut Pemprov Fokus Stadion Mattoangin

“banyak peluang untuk anak-anak Indonesia bekerja di Jepang, karena di Jepang kan penduduknya sedikit sehingga mereka membutuhkan banyak tenaga kerja. Oleh karena itu ada asosiasi yang sudah diakui oleh kementerian tenaga kerja Jepang (ANC Japan). untuk membantu mencari anak-anak Indonesia yang mau berkembang dan berkarir di Jepang,” jelasnya.

Peluang ini, terbuka sebanyak 10 ribu pekerja di tahun 2022 untuk lulusan SMK. 10 ribu pekerja itu terbagi dalam 14 sektor diantaranya perhotelan, industri permesinan, industri mobil, pertanian dan perkapalan. Mereka nantinya akan menjalani kursus bahasa Jepang selama 6 bulan dan menjalani tes sebelum berangkat ke negeri sakura.

“Jadi yang lulus bahasa dan tesnya akan diberi peluang bekerja di Jepang. Untuk visa maupun tiket nanti akan dibiayai oleh ANC Japan,” jelasnya.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Tolak Serahkan Stadion Barombong Dikelola Pemkot

Dengan peluang ini, kata Rosa, akan mengurangi tingkat pengangguran bagi pemuda lulusan SMK. “10 ribu anak-anak lulusan SMK dibutuhkan di Jepang untuk tahun 2022. Ini terbuka untuk seluruh anak-anak di Indonesia. Sebagai lulusan SMK itu, harus siap untuk bekerja. Dan ini bukan hanya untuk yang baru lulus, namun bisa juga untuk lulusan dua atau tiga tahun lalu. Gaji yang disiapkan pun berkisar Rp 28 juta per bulannya,” ujarnya.

Dia mengaku, bersyukur mendapat dukungan oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. “Harapan kami, kami sebagai salah satu perusahaan BUMN bisa membuktikan bahwa BUMN untuk indonesia, bisa memberikan sumbangsih untuk Sulawesi Selatan. Sehingga apa yang bisa diwujudkan bahwasannya IKI untuk Indonesia adalah bagaimana IKI bisa menyerap dan membantu memberikan peluang kerja untuk siswa SMK. Keinginan kami murni hanya ingin anak-anak bangsa ini lebih maju,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...