Logo Sulselsatu

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Selayar Akan Tambah RS Pratama di Bonerate

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Jumat, 10 Desember 2021 18:02

Rapat kerja nasional persatuan masyarakat Selayar (istimewa)
Rapat kerja nasional persatuan masyarakat Selayar (istimewa)

SULSELSATU.com, SELAYARKepulauan Selayar terus meningkatkan layanan kesehatan. Rencananya, Kepulauan Selayar akan kembali menambah rumah sakit (RS) Pratama di Bonerate.

Bupati Kepulauan Selayar M Basli Ali memaparkan capaian pemerintah daerah khususnya di sektor infrastruktur dan kesehatan.

“Untuk di Kawasan Selayar Kepulauan sudah di bangun rumah sakit Pratama di Pulau Jampea. Insya Allah tahun ini juga sedang direncanakan untuk pembangunan rumah sakit Pratama di Bonerate,” ungkap Basli Ali saat menjadi narasumber di acara semiloka DPP Permas, Jumat (10/1/2021).

Baca Juga : Basli Ali Tolak Politik Dinasti

Selain itu, ia menjelaskan, dengan posisi Selayar yang sangat strategis maka sangat memungkinkan untuk mewujudkan visi selayar sebagai kawasan distribusi logistik Indonesia Timur.

Sponsored by MGID

“Visi kita sebagai pemerintah ada tiga, yakni Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata (KEK), Kawasan Indsutri Perikanan Terpadu (KIPT), dan Selayar sebagai Pusat Distribusi Logistik Indonesia Timur,” paparnya.

Sementara itu, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Prof. dr. Abd. Kadir mengungkap persoalan kesehatan di Indonesia yang sangat kompleks dan membutuhkan kebijakan kesehatan yang tepat.

Baca Juga : Bupati Selayar Santuni Warganya yang Sakit

“Piramida penduduk mulai terbalik. Orang lanjut usia akan semakin banyak dan tentu semakin secara kuantitas orang sakit akan semakin meningkat sehingga dibutuhkan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan,” kata Abdul Kadir.

Olehnya itu, pihkanya berharap ke depan kehadiran RS dan Puskesmas dapat berfungsi menjadi Prefentif Promotif. Artinya, upaya kesehatan diselenggarakan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), dan pencegahan penyakit (preventif).

Ia juga mengimbau agar mutu rumah sakit di Indonesia perlu di tingkatkan. Karena, kondisi yang terjadi hari ini masih terjadi ketimpangan pada fasilitasnya. Seperti tempat tidur saja masih sangat kurang sehingga perlu di tingkatkan.

Baca Juga : Modernisasi Jaringan PLN Selayar Ditargetkan Rampung Agustus

“Ini juga perlu menjadi perhatian serius kedepan, termasuk kita di Selayar agar ke depan jumlah dokter bisa bertambah. Jangan sampai kita sudah bangunkan rumah sakit di Selayar tetapi dokternya lagi yang menjadi masalah. Jadi harus ada terobosan dari pemerintah daerah untuk menjawab tantangan tersebut,” terangnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video28 Januari 2022 19:20
VIDEO: Sejumlah Guru SMP Negeri 3 Binamu Jeneponto Datangi Polsek Binamu
SULSELSATU.com – Sejumlah Guru SMP Negeri Jeneponto mendatangi Kantor Polsek Binamu di Kelurahan Panaikan, Kecamatan Binamu, Jumat pagi tadi (28...
Video28 Januari 2022 17:56
VIDEO: Penjelasan Lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto soal Perampasan Mobil
SULSELSATU.com – Berikut ini penjelasan lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto, AKP Hambali terkait aksi heroik Kanit Tipidkor Polres Jeneponto,...
Makassar28 Januari 2022 15:44
Wujudkan Generasi #Cari_Aman, Honda Gelar Edukasi Safety Riding Bagi Pelajar SMA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mewujudkan generasi muda taat lalu lintas, Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) gencar kampanyekan #Cari_Aman k...
Sponsored by MGID
Sulsel28 Januari 2022 14:26
Meniti Langkah PT Vale Menuju Masa Depan Hijau di Tanah Sulawesi
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen berkelanjutan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) tidak hanya tentang operasi tambang. Semakin ke sini, PT Val...