Logo Sulselsatu

Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Pandemi COVID-19

Andi
Andi

Sabtu, 18 Desember 2021 12:43

Mencuci Tangan. (Baznas)
Mencuci Tangan. (Baznas)

SULSELSATU.com – Ditengah pandemi masyarakat dihimbau untuk mencuci tangan dan menggunakan masker sebagai bentuk pencegahan penyebaran dari virus COVID-19.

Berikut ini sulselsatu.com rangkum tips menjaga kesehatan kulit selama pandemi COVID-19 oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Klinik Medivita, dr. Indah Maharani, SpKK, FINSDV.

Sebelumnya, Maharani mengatakan penyakit kulit disetiap orang responsnya belum tentu sama meskipun pakai obat yang sama. Hal itu tergantung jenis kulit, area yang terkena, usia, dan jenis kelamin. Meskipun kembar sifat kulit belum tentu sama.

Baca Juga : Aduh, Penelitian Sebut Infeksi Covid-19 Menurunkan Kesuburan Pria

Penggunaan masker juga dapat memicu pertumbuhan jerawat dan belang pada bagian kulit wajah. Selain itu, cuci tangan selama pandemi COVID-19 dapat menimbulkan berbagai masalah, banyak orang yang mengeluhkan masalah pada kulit tangan, diantaranya tangan yang kering, kaku, merah, dan bersisik.

Sponsored by MGID

Penyebab permasalahan pada cuci tangan dikarenakan air yang digunakan tidak bersih, sabun cuci tangan dan hand sanitizer yang berkali-kali digunakan dalam sehari juga dapat mengakibatkan iritasi yang signifikan. Selain itu, tisu basah dan desinfektan yang digunakan untuk membersihkan tangan juga dapat menimbulkan masalah pada kulit.

Tips kulit tangan yang sehat menurut dr.Indah Maharani, SpKK, FINSDV.

Baca Juga : VIDEO: Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Kepanasan, Petugas: Pengiritan

Pertama, Tetaplah mencuci tangan secara efektif. Efektif dalam artian cuci tangan dilakukan tidak perlu dilakukan secara berlebihan.

Kedua, keringkan tangan setelah melakukan cuci tangan, hal itu penting dilakukan sebab tangan yang basah terus menerus dapat merusak kulit. Kulit yang basah bila menggunakaan zat kimia dapat menimbulkan kemerahan pada kulit hingga dapat menimbulkan efek lain.

Ketiga, gunakan pelembab setelah cuci tangan. Pelembab yang digunakan bebas namun pelembab yang diremendasikan oleh dr. Maharani adalah pelembab yang berbahan dasar cream atau lotion.

Baca Juga : VIDEO: Demi Uang, Kuli Bangunan di Pinrang Nekat Disuntik Vaksin 16 Kali

Kulit yang lebab lebih bersifat protectif dari zat-zat yang dapat menimbulkan iritasi.

Memakai pelembap setelah mencuci tangan agar kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit.

Keempat, gunakan sarung tangan karet saat bekerja basah. Penggunaan ini dilakukan untuk menjaga kulit untuk melindugi dari kontak langsung saat bekerja.

Baca Juga : VIDEO: Demi Uang, Kuli Bangunan di Pinrang Nekat Disuntik Vaksin 16 Kali

Kelima, konsultasi ke dokter untuk mengatasi masalah pada bagian kulit. Misalnya, timbul kulit memerah dan gatal sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Spesialis Kulit

 

Penulis : Warda
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan21 Januari 2022 19:14
Aduh, Penelitian Sebut Infeksi Covid-19 Menurunkan Kesuburan Pria
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pria yang pernah terinfeksi Covid-19 terbukti menurunkan kesuburan. Fakta tersebut sesuai dengan studi terbaru dari In...
Video21 Januari 2022 18:58
VIDEO: Begini Kondisi Saat Olah TKP Kecelakaan Maut di Balikpapan
SULSELSATU.com – Polresta Balikpapan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di Balikpapan pada Jumat (21/1). Polisi juga t...
Internasional21 Januari 2022 17:01
ISIS Serang Penjara Suriah Lepaskan Tahanan Sesama Anggota
SULSELSATU.com – Kelompok ISIS dilaporkan telah menyerang penjara di timur laut Suriah pada hari Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Dalam seranga...
Sponsored by MGID
Video21 Januari 2022 16:13
VIDEO: Mobil Sedan Tersangkut di Peyangga Kabel Listrik PLN
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil sedan berwarna biru tersangkut di kabel peyangga listrik milik PLN. Terlihat dalam video mobi...