Logo Sulselsatu

Panen Berlimpah dan Subsidi Minyak Goreng Dongkrak Deflasi di Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 01 Maret 2022 22:35

Subsidi harga minyak goreng dari pemerintah salah satu penyebab deflasi di Sulsel pada Februari 2022 (Ist)
Subsidi harga minyak goreng dari pemerintah salah satu penyebab deflasi di Sulsel pada Februari 2022 (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSARFebruari 2022, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami deflasi atau penurunan harga sebesar -0,04 persen sefara bulanan (mtm). Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, sapah satunya subsidi minyak goreng dari pemerintah.

Tidak hanya dipengaruhi oleh subsidi minyak goreng dari pemerintah, deflasi Sulsel ini juga dipengaruhi oleh hasil pasca panen yang berlimpah. Mulai dari cabai rawit, cabai merah, dan telur ayam ras.

Dari 5 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sulsel yaitu Bulukumba, Makassar, Palopo, Pare-pare, dan Watampone, hanya Watampone yang alami inflasi spasial tertinggi sebesar 0,15 persen (mtm).

Baca Juga : Kabar Gembira! Harga BBM Non Subsidi Turun Mulai Hari Ini 3 Januari 2022, Ini Harga Terbaru Wilayah Sulawesi

Semetara, deflasi tertinggi dialami oleh Kabupaten Bulukumba yaitu sebesar -0,26 persen (mtm). Secara bulanan, deflasi di Sulsel utamanya disumbang oleh kelompok makanan, manuman, dan tembakau sebesar -0,40 persen.

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, kemudian diikuti kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, lalu dari kelompok kesehatan dengan besaran deflasi masing-masing sebesar -0,05 persen dan -0,02 persen (mtm).

“Deflasi kelompok makanan, minuman, dan tembakau memiliki andil deflasi sebesar -0,12 persen yang utamanya dipengaruhi oleh turunnya harga cabai rawit, telur ayam ras, minyak goreng, cabai merah, dan kacang panjang,” jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa, (1/3/2022).

Baca Juga : Sulsel Deflasi Sebesar -0,27 Persen di Agustus 2022, Andil Terbesar Akibat Harga Tiket Pesawat Turun

Cik sapaannya menyebutkan, deflasi pada kelompok makanan disebabkan oleh masuknya pasokan cabai rawit, cabai merah, dan telur ayam ras yang berlimpah pasca panen.

Kemudian, penurunan harga minyak goreng disebabkan oleh Permendag No.6 Tahun 2022 terkait penetapan harga eceran tertinggi minyak goreng sawit, serta mulai masuknya pasokan minyak goreng sawit di Sulsel.

“Di sisi lain, deflasi kelompok makanan lebih dalam tertahan oleh kenaikan harga bawang merah, gula pasir, air kemasan, ikan cakalang, dan tempe,” bebernya.

Baca Juga : Pasokan Masih Melimpah, Sulsel Deflasi 0,14 Persen

Ke depannya, lanjut Cij, dalam menjaga stabilitas harga dan pengendalian inflasi tahun 2022, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulsel terus bersinergi menjalankan strategi 4K (ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, dan komunikasi rfektif).

Katanya, upaya pemantauan harga dan operasi pasar khususnya untuk komoditas penyumbang inflasi utama terus dilakukan bersama Satgas Pangan dan dinas terkait dalam rangka menjaga kestabilan harga pangan maupun komoditas strategis lainnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...