Logo Sulselsatu

Bahas Kesiapan Anggaran Pilkada 2024 di Sulsel, Pemprov Bakal Bentuk Tim

Asrul
Asrul

Kamis, 19 Mei 2022 16:45

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani, memimpin Rapat Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Toraja Room Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (19/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Abdul Hayat menyampaikan, menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024, peran pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat dibutuhkan.

Rapat ini juga membahas terkait memberikan dukungan penyelenggaraan, menjamin ketersediaan anggaran, dan memberikan fasilitasi bagi penyelenggara, peserta dan masyarakat sebagaimana yang diatur dalam perundang-undangan.

Baca Juga : Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon

“Mereka sudah membentuk tim kecil, untuk lebih fungsional siapa yang melakukan apa, seperti apa keterlibatan kabupaten kota, bagaimana dari bidang keuangan mempersiapkan untuk tahun 2022, 2023, hingga 2024 untuk kita efektifkan pentas demokrasi ini,” ucap Abdul Hayat.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi, menyatakan, dirinya harus ada keputusan Gubernur Sulsel terkait anggaran untuk provinsi dan kabupaten/kota. Karena menurut, Laode, di situ nanti akan disebutkan item-item apa saja yang ditanggung oleh pemerintah provinsi, dan item-item apa saja yang ditanggung oleh pemerintah kabupaten/kota.

Kemudian, kata Laode, apakah ini angka maksimal atau angka tengah berdasarkan Peraturan Kementerian Keuangan RI, yang mana pilihan tidak terjadi secara ilegal oleh kabupaten/kota.

Baca Juga : Gerakan Ramadan Berbagi Bahagia Dihadiri Puluhan Ribu Warga di Bone

“Untuk Bawaslu mengusulkan anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp100 sampai 200 miliar lebih. Tapi jika sudah keluar peraturannya, kita bisa tekan dan efisienkan di kabupaten/kota di sekitaran Rp100-an miliar, yang jelasnya sudah ada bayangannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Asriady Sulaiman, menyampaikan, dari hasil rapat telah disepakati bersama jika penyelenggara pemilu akan menunjuk masing-masing dua orang saja, baik dari KPU, Bawaslu, serta OPD lingkup Pemprov Sulsel.

“Mudah-mudahan sebelas atau tiga belas orang ini sudah menyelesaikan penilaian,” imbuhnya.

Baca Juga : 50 Ribu Bibit Akan Dibagikan pada Launching Sedekah Pohon Sekaligus Buka Puasa Akbar di Bone

Untuk nilai anggaran ini, pihaknya menunggu persetujuan dan akan dipaparkan di depan Gubernur dan DPRD.

“Ini adalah bahan kita untuk berbicara kepada kabupaten/kota,” tandasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....
Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...
Politik28 Maret 2024 20:20
Cicu Klaim Fatmawati Rusdi Bakal Diusung NasDem Maju Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai NasDem menyiapkan satu nama untuk didorong maju Pilwali Makassar 2024. Dia adalah Fatmawati Rusdi. Hal itu diu...
Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...