Logo Sulselsatu

Bahas Kesiapan Anggaran Pilkada 2024 di Sulsel, Pemprov Bakal Bentuk Tim

Asrul
Asrul

Kamis, 19 Mei 2022 16:45

Bahas Kesiapan Anggaran Pilkada 2024 di Sulsel, Pemprov Bakal Bentuk Tim

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani, memimpin Rapat Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Toraja Room Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (19/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Abdul Hayat menyampaikan, menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024, peran pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat dibutuhkan.

Rapat ini juga membahas terkait memberikan dukungan penyelenggaraan, menjamin ketersediaan anggaran, dan memberikan fasilitasi bagi penyelenggara, peserta dan masyarakat sebagaimana yang diatur dalam perundang-undangan.

Baca Juga : BKD Sulsel Sebut Tak Adalagi Perekrutan PNS Tahun Ini, Diganti PPPK

“Mereka sudah membentuk tim kecil, untuk lebih fungsional siapa yang melakukan apa, seperti apa keterlibatan kabupaten kota, bagaimana dari bidang keuangan mempersiapkan untuk tahun 2022, 2023, hingga 2024 untuk kita efektifkan pentas demokrasi ini,” ucap Abdul Hayat.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi, menyatakan, dirinya harus ada keputusan Gubernur Sulsel terkait anggaran untuk provinsi dan kabupaten/kota. Karena menurut, Laode, di situ nanti akan disebutkan item-item apa saja yang ditanggung oleh pemerintah provinsi, dan item-item apa saja yang ditanggung oleh pemerintah kabupaten/kota.

Kemudian, kata Laode, apakah ini angka maksimal atau angka tengah berdasarkan Peraturan Kementerian Keuangan RI, yang mana pilihan tidak terjadi secara ilegal oleh kabupaten/kota.

Baca Juga : Setelah UMI, Giliran Unismuh Makassar Keciprat Dana Hibah Rp650 Juta Dari Pemprov

“Untuk Bawaslu mengusulkan anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp100 sampai 200 miliar lebih. Tapi jika sudah keluar peraturannya, kita bisa tekan dan efisienkan di kabupaten/kota di sekitaran Rp100-an miliar, yang jelasnya sudah ada bayangannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Asriady Sulaiman, menyampaikan, dari hasil rapat telah disepakati bersama jika penyelenggara pemilu akan menunjuk masing-masing dua orang saja, baik dari KPU, Bawaslu, serta OPD lingkup Pemprov Sulsel.

“Mudah-mudahan sebelas atau tiga belas orang ini sudah menyelesaikan penilaian,” imbuhnya.

Baca Juga : BNN Puji “Sulsel Bersinar Gencarkan” Program Prioritas Andi Sudirman

Untuk nilai anggaran ini, pihaknya menunggu persetujuan dan akan dipaparkan di depan Gubernur dan DPRD.

“Ini adalah bahan kita untuk berbicara kepada kabupaten/kota,” tandasnya.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 Juni 2022 16:10
Komisaris Bank Sulselbar Minta Dukungan Dewan Agar Jadi Tuan Rumah di Daerah Sendiri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisaris dan Direksi Bank Sulselbar meminta dukungan DPRD Sulsel agar bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Hal...
Ekonomi30 Juni 2022 15:39
Daerah di Sulawesi yang Sudah Terapkan Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Besok 1 Juli
SULSELSATU.com – Aturan beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina sudah mulai berlaku besok 1 Juli 2022. Aturan ters...
Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...