Logo Sulselsatu

AKD DPRD Sulsel Rampung, Berikut Komposisinya

Asrul
Asrul

Senin, 13 Juni 2022 17:23

AKD DPRD Sulsel Rampung, Berikut Komposisinya

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komposisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Sulsel akhirnya selesai, seluruh fraksi telah sepakat dengan pembagian masing-masing.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, komisi A akan diberikan ke PKS (ketua), NasDem dan Golkar (wakil ketua). Lalu, komisi B Gerindra (ketua), Demokrat dan PDIP (wakil ketua).

Komisi C Demokrat (ketua), Gerindra dan PPP (wakil ketua). Komisi D NasDem (ketua), Golkar dan PKB (wakil ketua). Untuk komisi E Golkar (ketua), NasDem dan PAN (wakil ketua).

Baca Juga : Ansyari Mangkona Semprot Kadis PUTR Sulsel: Lebih Gampang Saya Telepon Jokowi Daripada Bu Kadis

Selanjutnya, Banggar DPRD Sulsel akan diberikan ke PKB dan NasDem. Bamus disepakati untuk PPP dan PKS, berikutnya Bapemperda jatah fraksi PDIP, PAN dan Gerindra. Terakhir, Badan Kehormatan akan ditempati oleh Golkar bersama Demokrat.

Ketua Fraksi NasDem Ady Ansar membenarkan hal itu, dia menyampaikan posisi Andi Rachmatika Dewi tetap aman sebagai ketua komisi. Meski akan berubah dari Komisi B ke Komisi D.

“Yang tetap ibu Cicu. Kalau wakil ketua nanti kami sampaikan, yang pastinya kami tetap wakil ketua di komisi E dan wakil ketua di Komisi A,” ungkap Ady, Senin (13/6/2022).

Baca Juga : Legislator Kawakan DPRD Sulsel Terpental Dari Pimpinan Komisi

Dia menuturkan, NasDem bukan tanpa alasan tetap mempertahankan Cicu sebagai Ketua Komisi. Selain prestasinya di partai, juga dikenal memiliki kapabilitas dan pengalaman.

“Beliau berprestasi di Makassar. Mampu mendudukkan ketua dewan dan Pilwakot kemarin. Segi kompetensi kita tidak ragukan lagi,” tandas Ketua Nasdem Kepulauan Selayar ini.

Hal senada disampaikan Ketua Fraksi PDIP Andi Ansyari Mangkona, dia membenarkan pihaknya mendapatkan jatah Wakil Ketua Komisi B dan Ketua Bapemperda. Memang cuma dua posisi yang didapat fraksi beranggotakan 8 dewan ini.

Baca Juga : Usai Diancam Interpelasi, Gubernur Sulsel Melunak Soal Pencairan TPP ASN

“Iya, memang kita dapat wakil ketua di Komisi B dan Ketua Bapemperda. Kita sudah bahas itu,” kata Ansyari.

Hanya saja, ia belum menentukan siapa legislator yang menempati posisi tersebut. Ia mengaku baru akan membahasnya dalam waktu dekat ini.

“Belum kita tentukan. Kita belum rapatkan di fraksi. Tapi dalam waktu dekat, kita akan tunjuk siapa-siapa yang menempati posisi itu,” ujarnya.

Baca Juga : Usai Diancam Interpelasi, Gubernur Sulsel Melunak Soal Pencairan TPP ASN

Wakil Ketua Fraksi PKB Hengky Yasin mengatakan, pihaknya mendapat jatah sebagai Ketua Banggar dan wakil ketua komisi D, hanya saja secara tertulis belum ada siapa saja yang akan ditempatkan diposisi itu.

“Pak ketua fraksi (Azhar Arsyad) sudah menyampaikan itu, PKB dapat jatah di Banggar dan komisi D. Kan ini jabatan AKD diroling, kami 8 orang di fraksi, nanti akan diberikan ke teman yang belum mendapat jabatan 2,5 tahun sebelumnya,” jelas calon Bupati Takalar itu.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 Juni 2022 16:10
Komisaris Bank Sulselbar Minta Dukungan Dewan Agar Jadi Tuan Rumah di Daerah Sendiri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisaris dan Direksi Bank Sulselbar meminta dukungan DPRD Sulsel agar bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Hal...
Ekonomi30 Juni 2022 15:39
Daerah di Sulawesi yang Sudah Terapkan Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Besok 1 Juli
SULSELSATU.com – Aturan beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina sudah mulai berlaku besok 1 Juli 2022. Aturan ters...
Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...