Logo Sulselsatu

Diduga Ada Kongkalikong Lelang Proyek Gedung Daur Ulang Sampah di DLH Selayar

Asrul
Asrul

Kamis, 04 Agustus 2022 11:27

Diduga Ada Kongkalikong Lelang Proyek Gedung Daur Ulang Sampah di DLH Selayar

SULSELSATU.com, SELAYAR – Kontraktor di Kabupaten Kepulauan Selayar masih mengeluh atas ulah oknum pejabat pembuat komitmen (PPK).

Setelah menangkan lelang tender dibatalkan oleh PPK. proyek yang semula dilelang diubah menjadi Penunjukan Langsung (PL).
Seperti yang terjadi pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Selayar.

Proyek Pembangunan Gedung Daur Sampah yang dianggarkan sebesar Rp2,3 milyar dan Gedung Bank Sampah Induk sebesar Rp1,2 milyar. Masing-masing dianggarkan melalui APBD Pokok Tahun 2022.

Baca Juga : Sekelompok Pemuda Keroyok Ketua RW di Kelurahan Parangtambung Makassar

Proyek tersebut dilelang ke para kontraktor pada 18 Mei 2022. Setelah proses tender selesai, CV Amputtang Karya Mandiri ditetapkan sebagai pemenang untuk Proyek Pembangunan Gedung Daur Ulang Sampah senilai Rp 2,3milyar.

Dan untuk Pembangunan Gedung Bank Sampah Induk senilai Rp 1,2milyar dimenangkan oleh CV Cahaya Mulya.

Setelah penetapan pemenang tender, oleh Kepala DLH selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Muhammad Hasdar, tidak mau menandatangani Surat Penunjukan Penyedia Barang Jasa (SPPBJ) yang telah dikeluarkan oleh kelompok kerja (Pokja) tertanggal 17 Juni 2022.

Baca Juga : PT Zarindah Dituntut Ganti Rugi Rp285 Miliar Terhadap Perusahaan Arab Saudi

Direktur CV Ampputtang Karya Mandiri, Andrianda, keberatan. Tender yang ia menangkan tiba-tiba dibatalkan oleh PPK Muhammad Hasdar, secara sepihak tanpa alasan yang jelas.

Dia menduga pembatalan ini dilakukan oleh Muhammad Hasdar, karena kontraktor yang diarahkan untuk mengerjakan proyek tersebut tidak memenuhi syarat lelang.

“Saya heran, kenapa PPK tidak mau menandatangani SPPBJ, padahal sudah ada hasil berita acara pemenang lelang dari Pokja. Tetapi PPK malah membatalkan dan melakukan tender ulang,” kata Andrianda kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga : Stikes Panakkukang Terancam Lumpuh, Ahli Waris Segel Gedung Perkuliahan dan Kantor PPNI Sulsel

Seperti diketahui, kedua proyek DLH Selayar tersebut, akhirnya ditender ulang pada tanggal 4 Juli 2022.

Tender tahap II tersebut dibatalkan dengan alasan tidak ada peserta lelang yang memenuhi syarat, sehingga PPK membatalkan proses tender Paket Pembangunan Gedung Daur Ulang Sampah dan menunjuk langsung CV Berlian dengan angka penawaran Rp2.283.334.399,48.

Sedangkan Paket Pembangunan Gedung Bank Sampah Induk dibatalkan oleh PPK dan menunjuk langsung CV Rusmuna Karya dengan angka penawaran Rp1.194.000.950,83.

Baca Juga : Stikes Panakkukang Terancam Lumpuh, Ahli Waris Segel Gedung Perkuliahan dan Kantor PPNI Sulsel

Andrianda pun menilai, proses penunjukan langsung (PL) kepada CV Berlian terindikasi ada permainan.

“Seharusnya, etikanya, PPK menunjuk salah satu peserta yang mengikuti lelang tahap II. Tapi ini, malah PPK menunjuk langsung yang bukan peserta lelang,” ungkap Andrianda.

Selain itu, Andrianda juga menyebutkan, harga- harga penawaran CV Berlian terhadap proyek Pembangunan Gedung Daur Ulang Sampah itu sebesar Rp2.283.334.399,48. hampir sama dengan Harga Perkiraan Sendiri (HPS), yakni sebesar Rp2.283.545.000.00.

Baca Juga : Stikes Panakkukang Terancam Lumpuh, Ahli Waris Segel Gedung Perkuliahan dan Kantor PPNI Sulsel

Sesuai penelusuran yang dilakukan oleh Andrianda, terungkap bahwa CV Berlian diduga tidak memenuhi syarat untuk ditunjuk langsung karena dia tdk mengikuti tender tahap I dan II

Selain itu, Andrianda juga berharap agar aparat penegak hukum seperti Polda Sulsel, Kajati dan KPK dapat melakukan penyelidikan dan penyidikan atas dugaan tersebut.

“Saya berharap aparat penegak hukum dapat turun untuk membuktikan dugaan kongkalikong proyek tersebut,” pinta Andrianda.

Baca Juga : Stikes Panakkukang Terancam Lumpuh, Ahli Waris Segel Gedung Perkuliahan dan Kantor PPNI Sulsel

Jurnalis media ini mengkonfirmasi kepada Kepala DLH Kabupaten Selayar, Muhammad Hasdar, melalui pesan WhatsAppnya, namun tidak direspon.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...