Proyek Jalan Tol Mamminasata Dicoret Pemerintah Pusat Dari PSN

Asrul Jumat, 05 Agustus 2022 12:37
Tol Layang AP Pettarani.
Tol Layang AP Pettarani.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah pusat memutuskan mengeluarkan sejumlah proyek besar di beberapa provinsi dalam daftar Proyek Strategi Nasional (PSN).

Salah satu yang turut dicoret dari daftar PSN, adalah Jalan Tol Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Mamminasata), di Provinsi Sulawesi Selatan.

Lalu berapa nilai investasi dari pengerjaan Jalan Tol Mamminasata sepanjang 48,12 km yang menghubungkan 3 Kabupaten dan 1 kota tersebut? dilansir dari berbagai sumber nilainya mencapai Rp 7,4 triliun.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Panen Padi Mandiri Benih di Kecamatan Tanralili Maros

Kepala BPJT Danang Parakesit melalui pesan singkat, menyebutkan Proyek ini belum akan selesai, dan baru mulai di bangun pada 2024.

Menanggapi hal tersebut Kepala Bappedalitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, Jalan Tol Mamminasata dalam perencanaan pembangunannya ini diperuntukkan, mengurai kemacetan yang.

“Jalan tol ini merupakan kawasan antar kabupaten regional yang menghubungkan empat kabupaten/kota ini memang membutuhkan biaya besar, serta memberikan pengaruh yang besar terhadap ekonomi/sehingga didorong ke Pemerintah Pusat, karena jika berharap pada APBD, ini tidak bisa. Dan ini mendapat respon positif,” jelasnya, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga : Pemprov Telah Serahkan Penlok Rel KA Maros-Makassar ke Balai Kereta Api Sulsel

Namun, Darmawan mengaku memaklumi jika kemudian proyek tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil evaluasi karena berbagai pertimbangan, salah satunya penyelesaiannya tidak bisa dalam waktu dekat.

“Tentu ada pertimbangan, termasuk rentang waktu penyelesaian di 2024,” jelasnya.

Namun, Darmawan berharap proyek ini akan tetap mendapat prioritas dari Pemerintah pusat, seperti PSN yang dikeluarkan kemudian kembali didorong diantaranya Bendungan Jenelata dan SPAM Mamminasata.

 Komentar