Logo Sulselsatu

Gubernur Sulsel Panen Padi Mandiri Benih di Kecamatan Tanralili Maros

Asrul
Asrul

Minggu, 07 Agustus 2022 18:27

Gubernur Sulsel Panen Padi Mandiri Benih di Kecamatan Tanralili Maros

 

SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Maros, Chaidir Syam dan warga melakukan panen padi “Mandiri Benih” di Desa Lekopancing, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Minggu (7/8/2022).

Diketahui, Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Gubernur Andi Sudirman untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul.

Baca Juga : Panitia Hari Jadi Sulsel ke-353 Harap Semua Pihak Sukseskan Kegiatan

Selain itu, benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel sendiri oleh instalasi kebun benih milik Pemprov kerjasama dengan para petani penangkar. Dengan target bantuan benih menyasar 100 ribu hektar lahan pertanian, yang tersebar di kabupaten/kota di Sulsel.

Untuk di Kabupaten Maros sendiri, dimusim tanam April-September 2022, Pemprov Sulsel telah menyalurkan 75 ton benih untuk 5.365 orang petani, yang ditanam di lahan pertanian seluas 3.000 hektar. Di Kecamatan Tanralili, adapun luas tanam 300 hektar dan sudah panen sekitar 165 hektar.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, “Alhamdulillah, hari ini kami bersama bapak Bupati Maros panen padi dari benih ‘Mandiri Benih’. Alhamdulillah, saat ini sudah mulai musim panen,” tuturnya.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Beberkan Upaya Menurunkan Permasalahan Tumpang Tindih Pemanfaatan Lahan Dihadapan Para Menteri

Ia yang turun di sawah pun ikut memanen. Serta berdiskusi dengan petani. “Benih apa digunakan tanam pak?” tanya Andi Sudirman.

Para petani pun langsung menunjukkan benih padi andalan yang dibagikan gratis oleh Pemprov Sulsel. “Benih padi “Mandiri Benih, pak Gubernur. Bagus,” jawab petani.

Sementara itu, salah seorang petani di Desa Lekopancing, Rahman mengaku, “Alhamdulillah, mandiri benih dari pak Gubernur sangat bagus. Meningkat hasil pertanian kami. Terima kasih pak Gubernur,” ujarnya.

Baca Juga : Andi Sudirman Raih Penghargaan Nasional dari Menko Perekonomian RI

“Pertanian kami meningkat pak, biasanya 5-6 ton per hektar. Menggunakan mandiri benih, hasilnya meningkat, menjadi 7-8 hektar per hektar,” bebernya.

 Komentar

 Terbaru

Video06 Oktober 2022 20:06
VIDEO: Tembok MTSN 19 Pondok Labu Roboh saat Banjir, 3 Siswa Dikabarkan Meninggal
SULSELSATU.com – Banjir terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada Kamis (6/10) sore. Hingga mengakibatkan tembok MTSN 19 Pondok Labu, Insiden rob...
OPD06 Oktober 2022 20:04
Program Ipal Komunal Pemkot Makassar Jadi Percontohan di Indonesia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar melakukan rapat bersama T...
Nasional06 Oktober 2022 19:08
Dukung Pengurangan Emisi, Program BRI Menanam Proyeksikan Penyerapan Karbon Hingga 108 Ribu Ton CO2
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) turut ambil bagian dalam mendukung ketahanan iklim melalui penyerapan emisi karbon. Sal...
Makassar06 Oktober 2022 18:56
Fatmawati Rusdi Buka High Level Meeting TPID Kota Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam mengendalikan laju infla...