Logo Sulselsatu

Sekretariat DPRD Makassar Resmi Launching Aplikasi Reses

Asrul
Asrul

Jumat, 23 September 2022 19:41

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSARDPRD Makassar meluncurkan aplikasi e-Reses Oleh Kita (eRO’TA’). Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi produk Sekretariat DPRD Makassar untuk menjadi wadah bagi masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya.

Terkhusus, bagi masyarakat yang tidak berkesempatan mengikuti reses dari anggota dewan.

Sekretaris Dewan DPRD Kota Makassar Dahyal mengatakan, aplikasi eRO’TA’ ini menjadi wadah buat legislator. Apalagi, aplikasi ini, katanya, berbasis daerah pemilihan (Dapil).

Baca Juga : Deretan Petahana DPRD Makassar Terancam Tumbang di Pileg 2024

“Tujuan utama ialah membantu penyerapan aspirasi masyarakat itu tadi karena terbatas oleh waktu dan wilayah,” ujar Dahyal dalam diskusi publik dengan tema ‘eRO’TA wujudkan Makassar Sombere dan Smart City di Hotel Gammara Makassar, Kamis (22/9/2022).

Jadi, lanjut Dahyal, masyarakat bisa langsung mengakses aplikasi ini via mobile dan menyampaikan langsung aspirasinya kepada anggota dewan di wilayahnya masing-masing.

“Contoh. ketika ada masyarakat yang tidak sempat mengikuti reses anggota dewan, itu bisa berpartisipasi untuk menyampaikan aspirasinya melalui aplikasi ini. Setelah itu akan bergulir ke beberapa tahapan yang pada akhirnya akan diverifikasi oleh SKPD terkait persoalan aspirasi yang disampaikan,” ungkap Dahyal.

Baca Juga : VIDEO: Suara Caleg PPP Makassar Diduga Dicuri

Dari sisi teknis, kata Dahyal, eRO’TA’ dikembangkan sebagai suatu upaya yang dapat menghasilkan pokok-pokok pikiran anggota dewan yang partisipatif, langsung dari masyarakat arus bawah, tersaring dan terverifikasi oleh SKPD terkait.

Lebih lanjut, Dahyal menambahkan bahwa dengan eRO’TA masyarakat bisa mengakses aplikasi ini menyampaikan keluhan lalu verifikasi ke SKPD masing-masing.

“Bisa masuk ke e-ROTA sampaikan. Misalnya di lorong ada yang gelap. Tapi itu tidak serta merta gagasan itu final tapi di verifikasi oleh SKPD apakah usulan ini ada dalam Renja (Rencana Kerja) nya dalam anggaran kalau ada bisa jadi. Akhir jadi erota ini pokok- pokok pikiran anggota dewan,” jelasnya.

Baca Juga : Profil Fahrizal Arrahman Husain, Caleg PKB Makassar Potensi Peraih Suara Terbanyak di Parlemen

Di tempat yang sama, Asisten III Pemerintah Kota Makassar Muhammad Mario Said mewakili Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengaku sangat mengapresiasi inovasi baru Sekretariat DPRD dalam mendekatkan layanan ke masyarakat.

”Terimakasih kepada Sekretariat DPRD ikut meningkatkan integritas, sinergi demi memberikan pelayanan ke masyarakat.
Aplikasi eRO’TA mengajak masyarakat dalam proses partisipasi pembangunan di kota Makassar ini bentuk kerjasama pemerintah,” ucap Mario mewakili Walikota Makassar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...