Logo Sulselsatu

Jaga Ketertiban Umum, Mario David: Hidup Teratur Menciptakan Kenyamanan dalam Bermasyarakat

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 25 September 2022 14:28

Jaga Ketertiban Umum, Mario David: Hidup Teratur Menciptakan Kenyamanan dalam Bermasyarakat

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Fraksi Nasdem Mario David PN menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Kota Makassar, nomor 7 tahun 2021 Tentang Ketertiban Umum, Ketenteraman dan Pelindungan Masyarakat, digelar di Hotel Harper Jalan Perintis Kemerdekaan KM 15, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, Sabtu (24/9/2022).

Hadir sebagai pembicara mendampingi Mario adalah Sekretaris DPRD Kota Makassar Muhammad Dahyal, dan Bertin Tadingaren SE. Pemerhati Masyarakat.

Dalam sambutannya, Politisi Partai Nasdem itu mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dari hidup bermasyarakat adalah bisa melakukan aktivitas secara Bersama sama, dengan baik, saling mendukung dan menghargai.

“makanya biasanya muncul yang Namanya norma sosial yang tujuannya agar mengikat setiap individu didalamnya agar bisa selaras dengan tujuan Bersama, karena akan menjadi masalah jika dalam kehidupan bermasyarakat kita dipertemukan dengan berbagai masalah dan kekacauan malah bisa tidak nyaman untuk beraktivitas.”ujar Mario David.

Lebih lanjut, Mario menjelaskan, tujuan dibentuknya Perda nomor 7 tahun 2021 ini, dimana didalamnya ada beberapa ruang lingkup yang diatur misalnya tertib jalan dan angkutan jalan, tertib sosial, tertib lingkungan, tertib jalur hijau, taman dan tempat umum, tertib sungai, drainase dan sumber air, tertib usaha tertentu, tertib reklame dan tertib bangunan yang pada akhirnya tujuan dari semua ini, agar tercipta keteraturan untuk kesejahteraan Bersama.

“Hidup Teratur Menciptakan Kenyamanan dalam Bermasyarakat” ucap Mario.

Ditempat yang sama Dahyal juga menambahkan bahwa tujuan perda ini sebagai upaya nyata untuk semua warga kota Makassar tanpa kecuali untuk Bersama sama membangun suasana yang teratur.

“contoh misalnya dalam point tertib jalan, perda ini mengatur agar bisa mencegah perbuatan atau kejadian yang dapat menimbulkan kerusakan jalan, membahayakan keamanan dan keselamatan, serta mengganggu ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta ngkutan jalan, dan berbagai panduan detail lainnya yang teman teman dapat baca dalam perda ini yang tujuannya adalah untuk keteraturan Bersama” ungkap Dahyal.

Sementara itu dalam sosialisasi teknis mengenai implementasi perda ini, dipaparkan oleh Djamaluddin Tahir, dalam pemaparannya lebih menekankan tentang point point turunan Perda yang didalamnya juga memuat beberapa sanksi sanksi yang bisa dikenakan kepada masyarakat yang melanggar aturan ini, mulai dari teguran dalam konsep pembinaan secara lisan, kemudian teguran tertulis, penyitaan barang bukti obyek pelanggaran sampai pada pencabutan izin bila ini melanggar ranah keteraturan dalam membangun atau yang lainnya.

Kristin (35), salah seorang peserta mengungkapkan bahwa Perda ini sangat bagus dan semoga bisa disosialisasikan kepada seluruh masyarakat kota Makassar, agar bisa mematuhi pokok dan tujuan dari keteraturan yang dimaksud.

“ya tujuannya agar Makassar bisa teratur dan tidak semrawut, misalnya soal menjaga kebersihan dan penggunaan jalan, semoga pemerintah juga bisa menegakkan perda ini segera.”pungkasnya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi03 Desember 2022 06:45
Sulsel Inflasi 0,25 Persen di November 2022, Lebih Tinggi dari Nasional
Sulsel inflasi sebesar 0,25 persen, lebih tinggi dari nasional...
Politik02 Desember 2022 23:28
Kunjungan Anies Baswedan ke Sulsel Dimajukan, NasDem Maros Matangkan Persiapan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Maros, siap menyambut kedatangan Calon Presiden pilihan NasDem An...
Makassar02 Desember 2022 22:16
Efisiensi Waktu Tempuh dan Bersubsidi, Makassar ke Bone Jalur Udara Hanya 30 Menit
SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan penerbangan perdana SUSI Air rute Makassar – Bone di B...
Video02 Desember 2022 21:47
VIDEO: DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI
SULSELSATU.com – Rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Rapat internal Komisi I DPR RI yan...