Logo Sulselsatu

Tim Peneliti Proyek Kereta Api Sulsel Kunjungi Bappeda Makassar

Asrul
Asrul

Kamis, 29 September 2022 23:55

Tim Peneliti Proyek Kereta Api Sulsel Kunjungi Bappeda Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim peneliti proyek kereta api SulSel mengunjungi Bappeda Makassar dalam rangka audiensi terkait rencana penelitian yang akan dilakukan perihal pembangunan kereta api.

Ketua Tim Peniliti dari Center For Transportation and Logistics Studies, Joewono Soemardjito mengungkapkan tujuan penelitian ini dilakukan untuk menelisik alur koordinasi dan komunikasi kebijakan dalam pengembangan jalur kereta api Makassar – Pare Pare.

Menurut Joewono, adanya “bottleneck” alias kemacetan dalam kelanjutan proyek kereta api di Sulsel cukup menjadi perhatian publik. Pasalnya, ketidaksepakatan pemerintah kota Makassar pada desain jalur lintasan yang ada ditengarai menjadi penyebab ditangguhkannya pengembangan jalur yang akan melinatsi sebagian wilayah Makassar.

Baca Juga : Temasek Foundation Apresiasi Presentase Konsep Longwis dari Delegasi Kota Makassar

“Kami mendengar dan membaca di berita berita media adanya “bottleneck” dalam pengembangan jalur kereta api Makassar-Parepare cukup mendapat atensi serius dari berbagai pihak, bukan hanya pakar, pihak balai tapi juga masyarakat. Hal ini mendorong kami untuk melakukan penelitian guna menelisik seperti apa model koordinasi yang dijalankan oleh semua stake holder terkait mulai dari pemerintah pusat, propinsi, pemda atau pemkot juga pihak balai kereta api,” katanya, Kamis (29/9/2022).

Joewono menambahkan, timnya telah menyiapkan lembar kuesioner dengan klasifikasi pertanyaan dimulai dari pra konstruksi atau tahap perencanaan, konstruksi atau dimulainya pembangunan kereta api dan pasca pembangunan. Tim ini akan segera turun menghimpun data dari responden yang telah ditetapkan.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Irwan Andanawijaya yang menerima audiensi, berharap hasil penelitian ini bisa membuat pemerintah pusat lebih kooperatif melihat persoalan yang mungkin akan menjadi gap dalam proses koordinasi antar pihak terkait.

Baca Juga : Bupati Jombang Boyong 6 OPD Studi Komparasi Program Bappeda Corner

“Kita dari Bappeda Makassar berharap semoga hasil penelitian ini mampu melahirkan rekomendasi yang kuat untuk mendorong good will pemerintah dalam mengaktifkan alur koordinasi antar semua pihak yang terkait dalam proyek pembangunan kereta api ini,” jelasnya.

Agenda penelitian ini kerjasama Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan University of Melbourne. Turut hadir dalam audiensi ini, Tim Ahli Pemkot Makassar Bidang Keteknikan Dr. ENG, Ichsan, ST, MT dan Sri Wahyuni, ST, MT selaku pendamping tim peneliti.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi03 Desember 2022 06:45
Sulsel Inflasi 0,25 Persen di November 2022, Lebih Tinggi dari Nasional
Sulsel inflasi sebesar 0,25 persen, lebih tinggi dari nasional...
Politik02 Desember 2022 23:28
Kunjungan Anies Baswedan ke Sulsel Dimajukan, NasDem Maros Matangkan Persiapan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Maros, siap menyambut kedatangan Calon Presiden pilihan NasDem An...
Makassar02 Desember 2022 22:16
Efisiensi Waktu Tempuh dan Bersubsidi, Makassar ke Bone Jalur Udara Hanya 30 Menit
SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan penerbangan perdana SUSI Air rute Makassar – Bone di B...
Video02 Desember 2022 21:47
VIDEO: DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI
SULSELSATU.com – Rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Rapat internal Komisi I DPR RI yan...