Logo Sulselsatu

Apel Kesiapsigaaan, Andi Sudirman Minta Respon Cepat Penanganan Bencana

Asrul
Asrul

Jumat, 18 November 2022 23:32

Apel Kesiapsigaaan, Andi Sudirman Minta Respon Cepat Penanganan Bencana

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam dan Pengecekan Peralatan SAR di Sulsel Tahun 2022 di Lapangan Karebosi, Jumat, 18 November 2022. Sebanyak 1.050 personil hadir.

Gubernur Sulawesi-Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, kesiap-siagaan ini pada SDM aparatur, logistik dan peralatan dalam menghadapi bencana alam dengan menggunakan prinsip tanggap, tangkas dan tangguh. Selain silaturahmi apel ini juga sebagai konsolidasi penanganan kebencanaan.

“Apel ini kita dapat berkolaborasi bersinergi yang bermuara pada perlindungan pada masyarakat terhadap bencana alam, baik faktor alam atau non alam,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga : Pemerintah Pusat Alokasikan Rp52 T APBN 2023 ke Pemprov Sulsel

Gubernur menyampaikan perlu mewaspadai potensi puncak musim hujan serta meminimalisir dampak cuaca ekstrem, curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor maupun bencana hidrometeorologis lainnya. Sulsel juga masuk dalam daerah yang rawan atau rentan bencana. Sehingga perlu kesiap-siagaan dan untuk mengurangi resiko bencana dengan mitigasi.

“Sehingga kita perlu waspada karena sering terjadi. Beberapa wilayah sering banjir dan longsor. Kemarin, terjadi di Malino. Bahkan ada yang rutin terjadi (banjir) seperti Wajo dan beberapa titik di Makassar,“ ujarnya.

Hal yang juga ditekankan oleh Gubernur adalah, menerapkan manajemen penanggulangan bencana tanggap darurat yang memerlukan respon cepat kurang dari 24 jam dengan baik.

Baca Juga : Mulai Hari Ini Penerbangan di Bandara Bone Beroperasi, Cek Harga Tiketnya

Ia pun meminta pemerintahan mulai dari desa/kelurahan hingga Provinsi bersinergi untuk selalu tanggap dan dapat merespon setiap kejadian yang ada di masyarakat dan membutuhkan bantuan. Standby 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya sampaikan kepada Babinkantibmas dan Babinsa serta kepala desa dan lurah untuk menjadi ujung tombak terdepan, tercepat dalam penanganan untuk melakukan koordinasi, memegang contact emergency call. Demikian juga Kepala BPBD Sulsel untuk mengaktifkan nomor 24 jam untuk menerima telepon dari instansi mana saja,” ucapnya.

Pelibatan publik juga penting dalam dalam penanganan kebencanaannya.

Baca Juga : Naoemi Octarina Hadiri Rakornas PKK

“Mari kita bangun partisipasi publik dengan pelibatan pentahelix kebencanaan yaitu pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media pers dengan bersama sama turun dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di setiap fase,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Provinsi Sulsel, yaitu pihak TNI/POLRI, BASARNAS, BMKG, Instansi lintas sektoral, Para Bupati/Wali Kota se-Sulsel, Organisasi Kemanusiaan dan Stakeholder dari berbagai elemen masyarakat.

“Serta seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah ikut berperan aktif, atas kesungguhan dan kerja keras dalam pengabdiannya demi kemanusiaan,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video02 Desember 2022 21:47
VIDEO: DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI
SULSELSATU.com – Rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Rapat internal Komisi I DPR RI yan...
Makassar02 Desember 2022 20:45
Selamat! Bank Sulselbar Juara 1 Umum Porseni FKIJK
Bank Sulselbar juara umum Porseni FKIJK...
Ekonomi02 Desember 2022 20:14
Kalla Toyota Wonderland 2022, Hadirkan Promo Menarik Untuk Konsumen Miliki Toyota Impian
Kalla Toyota Wonderland tawarkan banyak promo untuk konsumen dapat miliki Toyota impian...
Lifestyle02 Desember 2022 20:11
Rayakan Golden Moment di Bulan Desember Bersama Golden Combo KFC Indonesia
SULSELSATU.com – Bulan Desember selalu menjadi momen istimewa bagi banyak orang. Sebab pada pengujung tahun biasanya menjadi momen refleksi atas usa...