Logo Sulselsatu

Berkat Tripleks, Anak yang Tertimbun Reruntuhan Selama Tiga Hari Akibat Gempa Cianjur Berhasil Selamat

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 23 November 2022 19:02

Azka yang berhasil selamat setelah tertimbun selama tiga hari dibawah reruntuhan rumahnya akibat gempa Cianjur (dokumen: istimewa)
Azka yang berhasil selamat setelah tertimbun selama tiga hari dibawah reruntuhan rumahnya akibat gempa Cianjur (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com – Seorang bocah berusia empat (4) tahun bernama Ajka Maulana Malik selamat setelah tertimbun reruntuhan rumahnya selama tiga hari di Desa Nagrak, Kampung Rawa Cina, Kecamatan Cugenang akibat gempa Cianjur berkekuatan magnitudo 5,6.

Kini, anak lelaki itu mendapatkan penanganan dari tim medis di RSUD Sayang Cianjur. Ditemui di tenda tempat ia dirawat, Ajka belum dapat diajak berbincang dan hanya dapat mengangguk ketika ditanya kondisinya. Pada bagian hidungnya, terlihat selang infus masih terpasang.

“Hampir tiga hari bertahan, tidak ada asupan makan dan minum,” kata paman dari Ajka Wahyudin dikutip dari Kumparan Rabu (23/11/2022).

Baca Juga : PT Vale Indonesia Kirim Tim Tanggap Darurat Bantu Korban Gempa Cianjur

Wahyudin mengatakan, Ajka ditemukan dalam kondisi selamat di rumahnya yang sudah hancur akibat gempa. Ketika itu, Wahyudin yang turut dalam proses pencarian memberitahukan kepada petugas gabungan soal letak kamar Ajka. Instingnya meyakini Ajka masih ada di sana.

“Feeling aja, tim SAR tanya di mana posisinya, saya kasih tahu ini kamar anak sama ibunya, kalau posisi jam 13.30 WIB dia itu biasanya lagi tidur. Jadi di kamar kan pulang sekolah,” ucap Wahyudin.

Benar saja kata Wahyudin, Ajka ditemukan di kamarnya dalam posisi tengkurap dan terhalang oleh tripleks. Saat ditemukan, Ajka terlihat berupaya berteriak meminta tolong, tapi kondisinya yang lemah membuatnya tak dapat mengucapkan sepatah kata pun.

Baca Juga : BRI Sediakan Posko Trauma Healing dan Dapur Umum, Erick Thohir Apresiasi BUMN Bantu Bencana Cianjur

“Pas dibongkar terhalang kayak tripleks, lalu tripleks dibuka dan dilihat ke bawah. Dia ada di sana. Dia kayak mau minta tolong cuma enggak bisa,” ujar dia.

Menurut Wahyudin, ketika bencana gempa terjadi, Ajka berada di rumah bersama ibu, nenek, kakek, dan seorang kakaknya.

Ibunya sudah ditemukan petugas dalam kondisi telah meninggal dunia. Sementara itu, neneknya belum ditemukan.

Baca Juga : Bantu Korban Gempa Cianjur, Galang Dana Lesti Kejora Kumpulkan Rp100 Juta Lebih

“Baru Ajka sama ibunya yang ditemukan, ibunya meninggal dunia, tidak selamat. Kemarin sore ditemukan. Lokasinya tidak jauh dari Ajka ditemukan,” ujar Wahyudin.

“Alhamdulillah sehat, cuma masih lemes,” kata Wahyudin.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Muhammad Junaedi

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi03 Desember 2022 06:45
Sulsel Inflasi 0,25 Persen di November 2022, Lebih Tinggi dari Nasional
Sulsel inflasi sebesar 0,25 persen, lebih tinggi dari nasional...
Politik02 Desember 2022 23:28
Kunjungan Anies Baswedan ke Sulsel Dimajukan, NasDem Maros Matangkan Persiapan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Maros, siap menyambut kedatangan Calon Presiden pilihan NasDem An...
Makassar02 Desember 2022 22:16
Efisiensi Waktu Tempuh dan Bersubsidi, Makassar ke Bone Jalur Udara Hanya 30 Menit
SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan penerbangan perdana SUSI Air rute Makassar – Bone di B...
Video02 Desember 2022 21:47
VIDEO: DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI
SULSELSATU.com – Rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Rapat internal Komisi I DPR RI yan...