Logo Sulselsatu

Hadirkan Green Port, Enam Terminal Milik Pelindo Telah Elektrifikasi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 05 Desember 2022 17:50

Elektrifikasi terminal Pelindo mewujudkan green port (dokumen: istimewa)
Elektrifikasi terminal Pelindo mewujudkan green port (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelindo Jasa Maritim, Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group melalui anak usahanya PT Equiport Inti Indonesia (EII) di tahun ini telah melakukan elektrifikasi pada enam terminal milik Pelindo.

“Elektrifikasi adalah salah satu langkah kita untuk terus mendorong pengoperasian pelabuhan dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sebagai bagian dari green port,” ujar Direktur Utama Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) Prasetyadi dalam rilis resminya, Senin, (5/12/2022).

Menurutnya, elektrifikasi juga merupakan salah satu inisiatif strategis yaitu pengembangan green marine service yang menjadi komitmen SPJM yang ditargetkan berjalan dari tahun ini.

Baca Juga : Peringati Bulan K3 Nasional, SPJM Gelar Pengukuran Faktor Psikologi Lingkungan Kerja

Prasetyadi mengatakan bahwa pasca penggabungan atau merger Pelindo dan terbentuknya SPJM, pihaknya berupaya untuk memberikan value creation bagi perusahaan dan pemakai jasa.

“Bukan hanya itu, bisnis yang dijalankan senantiasa kita selaraskan dengan kesadaran untuk memperhatikan keberlangsungan lingkungan,” tambahnya.

Sementara itu, sebagai anak usaha SPJM yang bergerak di bidang bisnis pemeliharaan peralatan, juga pembangunan dan pemeliharaan fasilitas pelabuhan utamanya yang dikelola oleh Pelindo, PT Equiport Inti Indonesia terus berupaya menunjukkan performa yang positif melalui pencapaian target kinerja yang ditetapkan.

Baca Juga : Raih Sertifikat Sistem Manajemen Terintegrasi, SPJM Terus Mantapkan Pelayanan

Direktur Utama PT Equiport Inti Indonesia (EII) Muhammad Ayub Rizal mengatakan, dalam rangka implementasi program green port, tahun ini pihaknya telah melaksanakan program elektrifikasi di Terminal Petikemas Bitung (TPB). “Yakni empat unit alat container crane (CC) di TPB,” sebut Ayub.

“Di tahun depan Pelindo grup rencananya menargetkan untuk tetap melanjutkan program elektrifikasi yakni pada alat Quayside Container Crane (QCC) dan Ruber Tyred Gantry (RTG) pada beberapa terminal yang dikelola Pelindo Grup,” ujarnya.

Ayub berharap agar program elektrifikasi yang akan dilakukan tahun depan juga bisa berjalan dengan lancar dan dapat rampung sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan, sehingga pihaknya dapat terus berkontribusi dalam memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Baca Juga : Antisipasi Cuaca Ekstrem, Regional Head 4 Minta Semua GM Waspada Kondisi Pelabuhan

Dia menambahkan bahwa elektrifikasi yang dilakukan pada empat unit Container Crane di TPB adalah salah satu inisiatif strategis dari SPJM untuk menyumbang value creation bagi Pelindo Gruop dengan meningkatkan efisiensi terhadap penggunaan biaya bahan bakar minyak (fossil fuel), meningkatkan efesiensi terhadap biaya pemeliharaan dan meningkatkan pelayanan yang handal bagi pelanggan, serta sebagai upaya untuk mengambil bagian dari program green port.

Dia juga berharap ke depannya, PT Equiport Inti Indonesia yang telah memiliki pengalaman untuk kegiatan eletrifikasi dapat dipercayakan kembali untuk melakukan kegiatan eletrifikasi pada unit QCC dan RTG pada pelabuhan-pelabuhan lainnya.

Sebagai informasi, green port merupakan suatu konsep dalam pengembangan pelabuhan berkelanjutan yang mengintegrasikan aspek kelestarian lingkungan, konservasi energi, community development, dan kepentingan ekonomi dari pelabuhan itu sendiri. Konsep green port telah menjadi komitmen pelabuhan-pelabuhan di dunia untuk mengurangi emisi karbon.

Baca Juga : Antisipasi Cuaca Ekstrem, Regional Head 4 Minta Semua GM Waspada Kondisi Pelabuhan

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menuju green port ialah elektrifikasi. Elektrifikasi merupakan proses repowering pada suatu komponen dengan menggunakan listrik. Elektrifikasi QCC dilakukan dengan mengubah sumber energi utama yang awalnya bersumber dari Generator Set yang berbahan dasar listrik menjadi sumber listrik PLN.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel02 Februari 2023 21:35
Pemkot Parepare Gerak Cepat Salurkan Bantuan ke Korban Banjir
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melaui Dinas Sosial (Dinsos) bergerak cepat menyalurkan bantuan, pasca bencana banj...
Makassar02 Februari 2023 21:04
Bersama Kajati Sulsel Danny Pomanto Resmikan Rumah Dinas Asisten Kejati Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Raden Febrytrianto meresmikan Rumah Dina...
Video02 Februari 2023 20:30
VIDEO: ASN Ngamuk Lantaran Tidak Dimasukkan Sebagai Anggota PPS
SULSELSATU.com – Seorang ASN mengamuk di sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS). Video tersebut terjadi di Kantor Kelurahan Fookuni, Kecamat...
Ekonomi02 Februari 2023 20:02
Jangan Lengah, Satgas Waspada Investasi Temukan 10 Entitas Investasi dan 50 Pinjol Tanpa Izin
Satgas Waspada Investasi (SWI) kembali menemukan 10 entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin dan 50 pinjaman online (pinjol) tanpa izin p...