Logo Sulselsatu

Saiful Bantah Kliennya Lakukan Pembobolan Kotak Suara di Jeneponto, Terus Siapa?

Dedy
Dedy

Kamis, 22 Februari 2024 13:49

Mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful (Int)
Mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful (Int)

SULSELSATU.com,JENEPONTO – Kuasa Hukum Aswar dan Nurhandani, Saiful membantah kliennya melakukan pembobolan Kotak Suara di gudang logistik PPK Kecamatan Bangkala Barat.

“Klien kami membantah melakukan pengrusakan kotak suara,”ujar Saiful dalam rilis yang diterima sulselsatu.com, Kamis (22/02/2024).

Kata Saiful gudang logistic PPK Bangkala Barat diduga pengamanannya tidak memenuhi standar. Bahkan kata Saiful Gudang logistic tersebut tidak terkunci sehingga siapapun bisa keluar masuk.

“Klien kami sudah menemukan beberapa kotak suara yang sudah terbuka pada Gudang penyimpanan logistik sehingga bisa saja ada orang lain yang patut diduga melakukan itu,”pungkasnya.

Mantan Ketua Bawaslu Jeneponto itu juga menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh pihak Bawaslu Jeneponto yang melakukan penyitaan barang barang milik kliennya.

“Kami juga mengajukan keberatan terhadap Bawaslu yang melakukan penyitaan terhadap barang-barang milik klien kami. Bawaslu itu bukan penyidik sehingga tidak berwenang upaya paksa termasuk tindakan penyitaan maupun penahanan yang dilakukan sebelumnya,”tambahnya.

Oleh karena itu Saiful mengaku akan melapor ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terhadap komisioner Bawaslu Jeneponto yang diduga menyalahi Proses yang ada.

“Hari ini kami layangkan surat keberatan terhadap penyitaan beberapa barang pribadi milik klien kami ke Bawaslu Jeneponto. Kami akan lakukan upaya hukum kepada DKPP dan lembaga lainnya atas tindakan yang tidak sesuai prosedur yang dilakukan oleh bawaslu maupun sentra gakkumdu Bawaslu Jeneponto,”tegas Saiful.

Sementara Ketua Bawaslu Jeneponto, Muhammad Alwi mengatakan bantahan yang dilakukan oleh kuasa hukum terduga pelaku adalah haknya.

“Itu hak kuasa hukum, nanti buktikan saja di Pengadilan kalau kasusnya lanjut,”katanya.

Sebelumnya diberitakan, Dua terduga pelaku pembobolan kotak suara Aswar dan Nurhandani di gudang Logistik PPK Kecamatan Bangkala Barat, Jeneponto terancam 3 tahun penjara dan denda Rp36 Juta.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Jeneponto Devisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bustanil Nassa kepada sulselsatu.com, Rabu (21/02/2024).

“Peristiwa yang terjadi di Bangkala Barat itu sebagai temuan dan sudah diregister.
Kami juga sudah rapat dengan sentra Gakkumdu semalam (Senin malam 20/02/2024),”kata Bustanil.

Dari hasil rapat Gakumdu tersebut terdapat dua pasal yang menjerat kedua pelaku.

“Kalau pasal yang disepakati tadi malam ada 2 pasal, pasal 534 dan pasal 535 untuk ancaman pidananya 3 tahun penjara dan denda Rp36 Juta,”pungkasnya.

Bustanil menjelaskan bahwa berdasarkan olah TKP ditemukan 4 kotak suara yang dibuka oleh pelaku kemudian merubah C hasil.

Mereka diduga merubah C Hasil untuk calon presiden dan caleg Kabupaten dapil 3 wilayah Kecamatan Bangkala -Bangka Barat.

“Pelaku masuk ke gudang logistik dengan melakukan perubahan C Hasil,”pungkasnya.

Penulis Dedi Jentak

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...
Video20 April 2024 20:43
VIDEO: Optimis Gugatan Ganjar dan Anies di Tolak MK, Idrus Marham Usulkan Segera Dibentuk Dewan Etik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Idrus Marham yakin Mahkamah Konstitusi ...