Logo Sulselsatu

Presiden Peletakan Batu Pertama Telkom Smart Office di IKN, Siap Jadi Hub Telekomunikasi Nusantara

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 01 Maret 2024 18:01

Presiden Jokowi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Direksi Telkom Group peletakan batu pertama Telkom Smart Office di IKN. Foto: Istimewa
Presiden Jokowi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Direksi Telkom Group peletakan batu pertama Telkom Smart Office di IKN. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) siap membangun gedung Telkom Smart Office di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pembangunan ditandai dengan simbolis peletakan batu pertama oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024).

Hal ini sejalan dengan komitmen Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi di seluruh Indonesia melalui konektivitas, platform, dan layanan digital, khususnya dalam membangun IKN menjadi kota pintar (smart city).

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengapresiasi sekaligus meresmikan dimulainya pembangunan Telkom Smart Office IKN.

Baca Juga : Telin dan Dialog Axiata Kerja Sama Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

“Ini akan memperkuat digital connectivity, memperkuat digital platform, dan memperkuat digital services bagi Nusantara yang kita cita-citakan menjadi sebuah kota yang World Class ICT. Dan saya yakin, kalau Telkom sudah masuk, akan gampang ke situ, menjadi smart city dan menggarap e-government akan jauh lebih mudah. Saya percaya, Telkom percaya,” ungkap Presiden Jokowi.

Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir mengatakan, IKN merupakan salah satu monumen terwujudnya Indonesia maju dan modern.

Di mana BUMN sebagai agen pembangunan harus turut serta merealisasikan hal tersebut, khususnya pada infrastruktur dasar seperti telekomunikasi, perbankan, transportasi dan sebagainya.

Baca Juga : Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024 Selama Tiga Tahun Terakhir

Telkom sebagai BUMN telekomunikasi mengemban tugas untuk menghadirkan layanan konektivitas dan layanan digital yang handal, terhubung ke seluruh Indonesia dan menjadikan IKN sebagai Hub Telekomunikasi Nusantara sedini mungkin,” katanya.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, digitalisasi bukan sekadar suatu kebutuhan, tetapi menjadi katalisator utama dalam mendorong kemajuan perekonomian nasional.

Groundbreaking Telkom Smart Office IKN ini merupakan wujud dukungan Telkom dalam mengembangkan ekosistem digital di wilayah IKN.

Baca Juga : TelkomGroup Siapkan Infrastruktur dan Layanan Prima Kapasitas hingga 51 Tbps Jelang Idulfitri 1445 H

TelkomGroup memiliki komitmen tinggi dalam mendukung pembangunan IKN dengan infrastruktur digital yang lengkap, baik Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services.

Pada aspek Digital Connectivity, Telkom menyediakan infrastruktur konektivitas yang andal dengan backbone fiber optik dan jaringan akses yang luas, berbasis fixed broadband, seluler 4G dan 5G Telkomsel, satelit, dan WiFi.

Telkom juga menyediakan Digital Platform yang dapat yang dapat menjadi Enabler digitalisasi di IKN melalui penyediaan Data Center, layanan cloud computing, cyber security, dan Internet-of Things (IoT).

Baca Juga : TelkomGroup Berangkatkan 2.187 Pemudik dalam Program Mudik Gratis Bersama BUMN

Telkom mendukung layanan dan aplikasi smart city, e-government, dan layanan publik digital. Selanjutnya beragam Digital Services disiapkan untuk memenuhi kebutuhan warga dan pemerintahan IKN.

Telkom meyakini pembangunan IKN bukan sekedar memindahkan pusat administrasi pemerintahan, melainkan tentang menjadikan IKN sebagai role model pembangunan kota dan mempercepat langkah transformasi ekonomi nasional. Untuk itu, Telkom mendukung pembangunan world-class ICT di IKN dan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak,” jelas Ririek.

Telkom Smart Office IKN dibangun di atas lahan seluas 5.368 meter persegi dengan dua tahap pembangunan, yakni Shelter TSO dan TSO Ultimate.

Baca Juga : Telkom Bantu UKM Indonesia Kelola Bisnis di Marketplace Lewat aplikasi Omnix Commerce

Pada tahap 1, pembangunan Shelter TSO merupakan pembangunan hub yang menghubungkan seluruh layanan telekomunikasi di IKN dengan target operasi di bulan Juli 2024.

Hub ini akan mengamankan berbagai kebutuhan layanan telekomunikasi di IKN, salah satunya untuk mendukung penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI nanti.

Selanjutnya pada tahap 2, pembangunan TSO Ultimate merupakan tahapan pembangunan gedung berikut dengan fasilitas yang lebih lengkap yang akan dimanfaatkan sebagai kantor TelkomGroup serta sebagai pusat kegiatan yang akan menjadi kunci penghubung digital di kawasan IKN KIPP 1A.

“Groundbreaking TSO IKN pada hari ini merupakan sebuah momen penting dalam perjalanan TelkomGroup. Pembangunan TSO IKN ini merupakan bukti dari dedikasi kami untuk masyarakat, pemerintah, bangsa, dan negara. Semoga dengan kolaborasi semua pihak, kami berharap dukungan Telkom dapat berkontribusi untuk mempercepat digitalisasi IKN di berbagai aspek,” tutup Ririek.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...
Video20 April 2024 20:43
VIDEO: Optimis Gugatan Ganjar dan Anies di Tolak MK, Idrus Marham Usulkan Segera Dibentuk Dewan Etik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Idrus Marham yakin Mahkamah Konstitusi ...