Logo Sulselsatu

TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 04 Maret 2024 19:14

CEO NeutraDC Singapore Sendang Praptomo (kiri) bersama CEO Telin Singapore Indarto (kanan) saat melakukan seremoni penyelesaian proses konsolidasi bisnis data center yang sebelumnya dikelola oleh Telin di Singapura, beberapa waktu lalu. Foto istimewa.
CEO NeutraDC Singapore Sendang Praptomo (kiri) bersama CEO Telin Singapore Indarto (kanan) saat melakukan seremoni penyelesaian proses konsolidasi bisnis data center yang sebelumnya dikelola oleh Telin di Singapura, beberapa waktu lalu. Foto istimewa.

SULSELSATU.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem) telah menyelesaikan proses konsolidasi data center yang sebelumnya dikelola Telin Singapore pada Kamis pekan lalu (29/2/2024).

Langkah ini semakin mempertegas komitmen dan posisi NeutraDC yang awal Maret yang memasuki usia dua tahun. NeutraDC siap menjadi pemain ekosistem data center terkemuka di tingkat regional.

Dengan adanya konsolidasi tersebut diharapkan dapat mendukung rencana strategis TelkomGroup dalam mengembangkan portofolio bisnis platform digital sekaligus memperkuat bisnis digital connectivity, khususnya terkait bisnis international connectivity.

Baca Juga : Telin dan Dialog Axiata Kerja Sama Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir mengatakan, konsolidasi bisnis data center Telin Singapore dilaksanakan dalam rangka mendukung pengembangan bisnis dan penguatan operasional data center NeutraDC di regional untuk masa mendatang.

Langkah strategis ini merupakan bagian dalam roadmap bisnis data center Telkom. Diharapkan dapat memberikan nilai optimal bagi Telkom sebagai perusahaan induk.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Indonesia Budi Setyawan Wijaya mengatakan, monsolidasi bisnis data center Telin Singapore ke NeutraDC Singapore dilaksanakan dalam rangka penataan portfolio data center di regional agar tergabung dalam satu entitas, yakni NeutraDC.

Baca Juga : Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024 Selama Tiga Tahun Terakhir

“Hal ini juga sejalan dengan rencana strategis Telkom menuju unlock bisnis data center TelkomGroup demi value yang optimal bagi perusahaan dan stakeholder,” jelas Budi Setyawan.

Perjalanan penyelesaian konsolidasi ini telah melalui sejumlah tahapan. Dimulai pada 7 Desember 2023 lalu, NeutraDC mendirikan anak perusahaan baru yaitu NeutraDC Singapore PTE LTD, sebagai upaya dan wujud komitmen untuk terus meningkatkan layanan dan inovasi bagi pelanggan di tingkat regional.

“Melalui NeutraDC Singapore, kami tidak hanya menawarkan layanan yang dapat diandalkan, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk berkembang dalam era digital yang semakin kompleks,” ungkap CEO NeutraDC Singapore Sendang Praptomo.

Baca Juga : TelkomGroup Siapkan Infrastruktur dan Layanan Prima Kapasitas hingga 51 Tbps Jelang Idulfitri 1445 H

Chief Executive Officer Telin, Budi Satria Dharma Purba turut mengungkapkan, pencapaian ini menandai momen penting bagi Telin di Singapore dan NeutraDC.

“Kami mengapresiasi kerja keras kedua perusahaan dalam merealisasikan strategi Telkom dan restrukturisasi portofolio bisnis kami. Telin di Singapura, dengan cabang investasi utama kami di pasar konektivitas global, siap untuk mencapai kinerja dan daya saing yang luar biasa,” ucap Budi.

“Memasuki babak baru bisnis data center, kami dengan tulus mengucapkan selamat kepada NeutraDC atas pencapaian penting ini. Dengan NeutraDC memimpin, kami yakin bahwa kemampuan dan komitmennya akan mendorong keunggulan, kesuksesan yang tak tertandingi, dan pertumbuhan. Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan NeutraDC kini dan di masa yang akan datang,” pungkas Indarto Nata selaku CEO Telin di Singapura.

Baca Juga : TelkomGroup Berangkatkan 2.187 Pemudik dalam Program Mudik Gratis Bersama BUMN

Konsolidasi data center merupakan salah satu langkah penting dalam upaya transformasi perusahaan, sehingga dapat lebih fokus meningkatkan kapabilitas dan layanan yang diberikan kepada pelanggan akan lebih optimal.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...
Video20 April 2024 20:43
VIDEO: Optimis Gugatan Ganjar dan Anies di Tolak MK, Idrus Marham Usulkan Segera Dibentuk Dewan Etik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Idrus Marham yakin Mahkamah Konstitusi ...