Logo Sulselsatu

Rektor UNM Prof Husain Syam Sebut Pelaksanaan UTBK SNBT yang Lancar dan Tertib

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 15 Mei 2024 16:55

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam, menyebut pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Gelombang 1 dan 2 berjalan lancar dan tertib.

Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor UNM, Prof. Husain Syam usai memantau proses UTBK, Rabu (15/5/2024).

“Pada intinya seluruh rangkaian proses UTBK SNBT pada dua gelombang ini di kantor pusat 712 UNM, kita nyatakan berjalan lancar dan tidak ada kendala atau laporan masalah sedikitpun,” ujar Prof. Husain Syam.

Lebih lanjut, Rektor UNM dua periode itu menyatakan, proses seleksi UTBK di kantor pusat 712 UNM diikuti sebanyak 13.958 peserta secara keseluruhan yang dibagi menjadi dua gelombang.

Untuk gelombang pertama dilaksanakan pada 30 April hingga 7 Mei diikuti 11.413 peserta. Sedangkan, gelombang kedua, pada 14-15 Mei 2024 diikuti oleh 2.545 orang.

Sementara, tingkat kehadiran para peserta UTBK hampir merata di seluruh Indonesia, bahkan kantor pusat UTBK SNBT 712 UNM termasuk tinggi karena berada di angka 93,7 persen.

Begitu pun dengan para peserta disabilitas yang mengikuti proses UTBK SNBT di UNM. Adapun peserta disabilitas berjumlah 9 orang, dari tuna netra dan tuna rungu.

“Alhamdulillah mereka kita sikapi dengan baik. Ada beberapa yang telah melakukan tes di Fakultas Ilmu Pendidikan, kemudian diawasi dengan baik. Harapannya, semoga semua peserta disabilitas ini bisa lulus,” katanya.

Selain itu, untuk jurusan favorit dari 102 program studi di UNM yang ditawarkan kepada calon mahasiswa, terdapat 10 program studi terbaik yang banyak peminatnya. Di antaranya, Prodi Akuntansi, Manajemen, Psikologi, PGSD, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, Teknik Komputer, Administrasi Kesehatan, Ilmu Gizi, dan Bimbingan Konseling.

“Jadi kita tahu bagaimana kebutuhan pasar di luar, apalagi UNM ini mempunyai ikon kampus kewirausahaan dan administrasi publik,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video24 Mei 2024 22:43
VIDEO: Pemotor Buang Surat Tilang, Klaim Punya Bekingan di Polda Metro Jaya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pengendara motor menolak untuk ditilang. Bahkan pengendara motor tersebut membuang surat ti...
OPD24 Mei 2024 21:51
Genjot Akses Menuju Stadion Sudiang, Dinas PU Makassar Kembali Survei dan Ukur Jalan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim Survey Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar kembali melakukan pengukuran akses jalan masu...
Politik24 Mei 2024 21:20
Muallim Tampa dan Badris Salam Berebut Rekomendasi Demokrat di Pilkada Sinjai
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dua kandidat calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Sinjai berebut rekomendasi Partai Demokrat. Mereka ad...
Video24 Mei 2024 20:18
VIDEO: Rakernas V PDIP, Megawati Soroti Dugaan Kecurangan Pemilu 2024
SULSELSATU.com – PDI Perjuangan menggelar Rakernas V pada Jumat, 24 Mei 2024, di Beach City International Stadium, Ancol. Acara tersebut dihadir...