Logo Sulselsatu

PT Vale Tegaskan Komitmen Pertambangan Berkelanjutan Saat Halalbihalal Bersama Wartawan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 29 Mei 2024 16:41

PT Vale saat halalbihalal bersama media di Sorowako. Foto: Istimewa.
PT Vale saat halalbihalal bersama media di Sorowako. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, LUWU TIMURPT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menegaskan komitmennya menerapkan pertambangan berkelanjutan pasca izin usaha pertambangan khusus (IUPK) dari pemerintah hingga 2035 diperoleh.

Hal ini disampaikan Head of Communications PT Vale Bayu Aji dalam kegiatan Halalbihalal bersama media se-Luwu Raya di Sorowako, Selasa (28/5/2024).

Bayu Aji mengatakan, perpanjangan IUPK yang diterbitkan pada 13 Mei 2024 ini menandai era baru bagi perusahaan, yaitu era pengembangan dan transformasi.

Baca Juga : PT Vale Hadirkan Tujuh Titik Sumur Bor di Kecamatan Wasuponda, Upaya Menekan Angka Stunting

Bayu Aji menjelaskan, perpanjangan IUPK tidak lepas dari dukungan pemerintah atas komitmen keberlanjutan, dan konsistensi praktik good mining practices perusahaan. Untuk itu, perseroan terus berkomitmen melakukan perbaikan dalam penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Dalam beberapa tahun ke depan, perusahaan telah memiliki rencana prioritas yang harus diselesaikan, tentunya dengan mengedepankan nilai-nilai perusahaan. Salah satunya mengenai pengembangan proyek Sorowako Limonite serta berupaya membawa operasi Sorowako mencapai standar operasi kelas dunia,” ujarnya.

Dia menuturkan, mengundang wartawan dalam halal bihalal sejalan dengan perilaku utama perseroan yaitu dialog terbuka dan transparan serta mendengarkan dan melibatkan masyarakat luas secara aktif.

Baca Juga : PT Vale Bentuk Genzi dan Bagikan Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Tekan Angka Stunting

“Perseroan sangat terbuka apabila ada saran maupun kritikan terhadap aktivitas operasi.Kami sadar belum sempurna, dan akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan yang berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar” Jelas Bayu Aji.

Bayu Aji memaparkan, PT Vale hingga menuju usia ke- 56 selalu membuka akses informasi terkait perusahaan ke wartawan.

“Kita selalu terbuka kepada semua rekan wartawan yang membutuhkan informasi dari PT Vale, tapi perlu dipahami bahwa setiap permintaan konfirmasi rekan-rekan, ada yang tidak langsung kami jawab ada juga yang bisa langsung dijawab, karena kami saat memberikan keterangan atas nama perusahaan, artinya kami tentu melakukan koordinasi lintas departemen terkait agar informasinya cukup komprehensif,” ungkapnya.

Baca Juga : Dinilai Adaptif dan Patuh ESG dalam Berbisnis, Antarkan PT Vale Raih Penghargaan Bisnis Indonesia Awards 2024

Salah satu keterbukaan informasi PT Vale kata Bayu Aji adalah dengan adanya kegiatan Halalbihalal ini. Jurnalis bisa mengetahui secara detail seperti apa perusahaan menjaga lingkungan dalam beroperasi.

Tak hanya itu saja, PT Vale juga setiap tahunnya mengajak wartawan melakukan media visit untuk melihat langsung operasional dan pengelolaan pertambangan hingga ke tahap produksi.

PT Vale juga secara terbuka membagikan informasi perusahaan melalui website https://vale.com/in/indonesia dan kanal-kanal informasi sosial media resmi perusahaan baik di instagram, youtube maupun facebook.

Baca Juga : 29 Pesepak Bola Muda Lutim Tembus Final Seleksi Talent Scouting PT Vale bersama PSM Makassar

“Bisa kita lihat sekarang, dihadapan kita ini adalah Danau Matano, air danau ini sebenarnya air limbah tambang tapi karena kita olah dengan baik sebelum dialirkan masuk ke danau ini sehingga dalam kurun waktu beroperasi lebih dari 50 tahun air danau tetap jernih dan terjaga. Jadi rekan-rekan media bisa melihat sendiri secara langsung dan kita juga selalu adakan jurnalis visit setiap tahun yang bisa dilihat langsung bagaimana PT Vale menambang dan menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Pada kesempatan Halal Bihalal tersebut, hadir pula perwakilan Manajemen PT Vale lainnya, yakni Senior Manager Project Sorowako Limonite, Hulman Sinaga Senior Manager of Exploration Frans Attong, dan Senior Manager Government and Institutional Relations Yusri Yunus juga turut berdiskusi dengan para wartawan.

Salah satu peserta halalbihalal, Son Abdul Rahim mengapresiasi PT Vale yang rutin melakukan diskusi dengan media dan tidak membatasi para wartawan dalam memberikan masukan maupun kritikan terhadap aktivitas PT Vale.

Baca Juga : PT Vale Kolaborasi PSM Gelar Talent Scouting dan Coaching Clinic Dukung Potensi Sepak Bola di Lutim

“Kegiatan ini membuktikan, PT Vale terbuka dan transparan kepada publik. Melalui kegiatan seperti ini wartawan bisa berdiskusi dan mendengarkan langsung mengenai rencana-rencana PT Vale ke depan. Hari ini secara gamblang disampaikan mengenai rencana PT Vale dalam pengembangan blok Sorowako,” kata Son.

Dia melanjutkan, selama 56 tahun beroperasi di Sorowako, PT Vale membuktikan komitmennya dalam menjaga lingkungan dan memperhatikan masyarakat. Katanya, hal tersebut terbukti dari Danau Matano yang masih jernih dan terjaga kebersihannya hingga saat ini.

“Komitmen PT Vale untuk menjaga lingkungan patut diapresiasi, tentu hal ini bukan hal mudah tapi PT Vale mampu dengan konsisten melakukannya,” ujarnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama16 Juni 2024 21:52
Besok, Kapolres Jeneponto dan Jajarannya Kurban 50 Ekor Sapi
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Kapolres Jeneponto AKBP Budi Hidayat dan Jajarannya akan melaksanakan kurban 50 ekor sapi usai pelaksanaan shalat idu...
Metropolitan16 Juni 2024 19:00
Perayaan Idul Adha 1445 H, Pemkot Makassar Sembelih 62 Hewan Kurban
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan menyembelih sebanyak 62 hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Hewan-hewan kur...
Makassar16 Juni 2024 18:26
Prof Zudan Apresiasi Danny Pomanto, Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh meninjau langsung har...
OPD16 Juni 2024 17:47
Kompaknya Ketua DPRD Sulsel Bersama Pj Gubernur Turun ke Pasar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari bersama Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan oper...