Logo Sulselsatu

Wali Kota Selaraskan RPJPD Kota Makassar dengan Visi Indonesia Emas 2045

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 30 Mei 2024 16:36

Sekda Kota Makassar Firman Pagarra. Foto: Istimewa.
Sekda Kota Makassar Firman Pagarra. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Kota Makassar Firman Hamid Pagarra hadir mewakili Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam rapat paripurna DPRD Kota Makassar.

Firman hadir membacakan jawaban Wali Kota Makassar atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Makassar terhadap Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Makassar tahun 2025-2045, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Makassar, Rabu (29/5/2024).

Firman mengawali penjelasan dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan atas pandangan umum yang telah disampaikan.

Baca Juga : Danny Pomanto Kukuhkan Dewan Lorong se-Kota Makassar

Dia menekankan pentingnya jawaban yang disampaikan secara sistematis agar tidak terjadi pengulangan dan memastikan tanggapan mencakup substansi yang relevan.

Menanggapi pandangan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) terkait Visi Indonesia Emas 2045, Firman menegaskan pentingnya dukungan dari seluruh elemen bangsa, termasuk Pemerintah Kota Makassar.

“Kami sangat sependapat, di mana untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 membutuhkan dukungan dari seluruh elemen bangsa, termasuk Pemerintah Kota Makassar, dengan melakukan transformasi secara menyeluruh melalui penetapan Visi dan Misi RPJPD Kota Makassar yang selaras dengan RPJPN,” ujarnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Lepas Pendistribusian Bantuan Pangan Beras Pemerintah Tahap II di Makassar

Ia juga menanggapi pandangan bahwa kontribusi maksimal dari pemerintah pusat dan daerah diperlukan untuk mencapai tekad Indonesia masuk lima besar ekonomi dunia.

“Salah satu wujud dukungan Kota Makassar adalah berkontribusi terhadap target-target kinerja yang telah ditetapkan dalam RPJPN serta mendukung upaya transformasi secara menyeluruh,” tambahnya.

Firman menjelaskan bahwa pentahapan pembangunan dan delapan agenda pembangunan dalam RPJPN telah diselaraskan dengan RPJPD Kota Makassar.

Baca Juga : DP2 Kota Makassar Gelar Pemeriksaan Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Selain itu, ia menegaskan bahwa nilai-nilai kearifan lokal dan budaya telah diintegrasikan dalam arah kebijakan dan indikator utama pembangunan.

Dalam aspek teknologi dan inovasi, ia menekankan pentingnya penerapan teknologi untuk meningkatkan daya saing Kota Makassar, termasuk melalui indeks daya saing daerah dan transformasi digital.

Terhadap apresiasi Fraksi Demokrat terkait visi pembangunan berkelanjutan yang inklusif, Firman menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur transportasi dan digital serta pengembangan sumber daya manusia adalah prioritas dalam RPJPD Kota Makassar.

Baca Juga : Revisi Sudah Sampai di Tingkat Provinsi, PJ Sekda Makassar Harap Dukungan Terkait Tata Ruang RTRW

Firman juga merespons berbagai masukan tentang pembangunan ekonomi berkelanjutan, pengelolaan sampah, dan kota rendah karbon.

Ia menegaskan bahwa RPJPD Kota Makassar telah dirumuskan dengan memperhatikan prinsip ekonomi sirkuler dan upaya pengelolaan sampah terpadu.

Menanggapi pandangan Fraksi Gerindra dan Golkar, Firman menyampaikan bahwa penyusunan RPJPD Kota Makassar telah sesuai dengan pedoman penyusunan dokumen perencanaan yang berlaku dan telah diselaraskan dengan RPJPN dan RPJPD Provinsi.

Baca Juga : Dukung Visi Misi Wali Kota, TP PKK Kota Makassar Sosialisasi Kesehatan di Lorong PKK

Firman yang juga Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar ini mengakhiri jawaban dengan harapan bahwa pembahasan RPJPD Kota Makassar dapat berjalan lancar dan segera dirampungkan.

“Semoga pembahasan selanjutnya dapat berjalan lancar dan segera kita rampungkan untuk mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan yang mengutamakan pelayanan dan pemenuhan kepentingan masyarakat Kota Makassar,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video15 Juni 2024 22:06
VIDEO: Pengendara Moge Bermanuver Zigzag, Halangi Jalan Ambulance
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi tak terpuji yang dilakukan oleh seorang pengendara motor gede (moge). Saat mobil ambulans hend...
Video15 Juni 2024 21:05
VIDEO: Komentar Kurang Baik Ketua DPRD Garut saat Guru Honorer Nangis Saat Perjuangkan Nasib
SULSEELSATU.com – Perjuangan guru honorer itu tidak disambut dengan baik oleh pimpinan DPRD Garut. Bahkan Ketua DPRD Garut memberikan komentar k...
Bisnis15 Juni 2024 19:35
Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik di HUT ke-54
Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda memberikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-54....
Video15 Juni 2024 18:39
VIDEO: Syaharuddin Alrif Turun Langsung Perbaiki Jalan Rusak di Poros Sidrap-Soppeng
SULSELSATU.com – Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, turun langsung untuk memperbaiki sejumlah jalan rusak di Poros Sidrap-Soppeng. Sepa...