Logo Sulselsatu

UMi Youthpreneur 2024 Dibuka, Beri Peluang UMKM Kembangkan Usaha dan Akses Pembiayaan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 03 Juni 2024 14:07

Direktur Keuangan, Umum, dan Sistem Informasi PIP Mas Soeharto saat konferensi pers kick off UMi Youthpreneur 2024. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com
Direktur Keuangan, Umum, dan Sistem Informasi PIP Mas Soeharto saat konferensi pers kick off UMi Youthpreneur 2024. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com

SULSELSATU.com, MAKASSARPusat Investasi Pemerintah (PIP) kembali menghadirkan UMi Youthpreneur 2024. Ajang kompetisi bisnis untuk anak muda yang ingin memulai ataupun mengembangkan usahanya.

Program tahunan yang dimulai pada 2022 ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mendukung pengusaha muda yang berpotensi untuk berkontribusi dalam perekonomian nasional.

Mengangkat tema ‘Berani Bermimpi, Terus Menginspirasi!’, UMi Youthpreneur diharapkan dapat mendorong para anak muda di Indonesia memulai bisnis, juga mengembangkan bisnis.

Baca Juga : Klaster Usaha Jamu Binaan BRI Ini Sukses Berdayakan Ibu-ibu di Palembang

Melalui program ini, para pengusaha muda dapat memperluas jaringan, meningkatkan keterampilan bisnis, serta mendapatkan akses pembiayaan dan bimbingan dari para ahli.

Kompetisi ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia usia 18 – 32 tahun. Tahun ini terdapat dua kategori, yaitu Mahasiswa dan UMUM, serta empat bidang usaha, yaitu Makanan dan Minuman, Fesyen, Kriya dan Sosial Lingkungan.

Kick-Off UMi Youthpreneur 2024 diselenggarakan di Gedung Keuangan Negara II Makassar pada 3 Juni 2024 secara Hybrid.

Baca Juga : Petani Rempah di Danau Toba Naik Kelas Berkat KUR BRI

UMi Youthpreneur 1024 dihadiri dan dibuka oleh Direktur Keuangan, Umum, dan Sistem Informasi Pusat Investasi Pemerintah Mas Soeharto serta mengundang para mahasiswa, pelaku UMKM serta komunitas Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Pasar UMKM masih cukup besar yang belum tersentuh oleh pemerintah. Jadi bagaimna PIP ini memberikan pembiayaan kepada UMKM yang belum dapat dari bank. Program ini juga mendorong kreatif dan inovasi anak mengembangkan usaha muda menjadi pelaku pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Mas Soeharto.

Melalui program UMi Youthpreneur 2024 ini, PIP memberikan akses bagi UMKM mendapatkan pembiayaan hingga Rp20 juta. Diberikan kepada UMKM yang belum mendapatkan pembiayaan dari perbankan.

Baca Juga : BRI Kenalkan Conversational Banking hingga Robot Cash Management di Kick-Off BUMN AI Center of Excellence

Ke depan kata Mas Soeharto, PIP akan mengembangkan tiga fokus program. Pertama adalah meningkatkan plaform dari Rp20 juta ke Rp100 juta agar menjadi pendorong peningkatan nilai ekonimi debitur.

Fokus kedua adalah melakukan perluasan kanal pembiayaan. PIP akan bekerjasama dengan sejumlah komunitas Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

“Ketiga, akan memperkuat pemberdayaan melalui pendampingan pelatihan dan inkubasi usaha dan lain sebagainya yang bisa mendorong UMKM,” jelas Mas Soeharto.

Baca Juga : KUR BRI Bantu Usaha Kayu Rotan Bangkit dari Krisis

Pendaftaran UMi Youthpreneur 2024 akan dibuka hingga 23 Juni 2024. Selama masa pendaftaran, UMi Youthpreneur 2024 akan mengadakan sosialisasi melalui rangkaian online roadshow yang juga akan berisi business talkshow bersama para Alumni UMi Youthpreneur 2023.

Rangkaian Kompetisi UMi Youthpreneur 2024 sendiri adalah dimulai dari Seleksi Administrasi, Inkubasi Bisnis, Presentasi Bisnis (Online), dan bagi peserta terbaik dari sesi Inkubasi Bisnis dan Presentasi Bisnis (Online) akan berkesempatan untuk melaju ke Kompetisi Nasional yang akan diadakan di Jakarta.

Pendaftaran dan Informasi lebih detail, dapat diakses melalui website
https://umi-youthpreneur.id/ serta akun media sosial Instagram Pusat Investasi Pemerintah @pusatinvestasipemerintah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video12 Juni 2024 23:22
VIDEO: 50 Bangsal Pekerja Royal Sentraland Moncongloe Maros Terbakar
SULSELSATU.com – Bangsal pekerja di Perumahan Royal Sentraland, Moncongloe, Maros terbakar, Rabu (12/6/2024). Kejadian tersebut terjadi sekitar ...
Pendidikan12 Juni 2024 22:51
Ramah Tama FIP UNM, Rektor UNM: Hidup itu Untuk Memberi Kontribusi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar ramah tamah Wisuda periode Juni ...
Politik12 Juni 2024 22:21
Dinilai Bebas KKN, Milenial 445 Dukung Sudirman Sulaiman Maju Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dukungan untuk Andi Sudirman Sulaiman maju pada pentas Pemilihan Gubernur (Pilgib) Sulsel mulai bermunculan, terbaru ...
Pendidikan12 Juni 2024 21:58
Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengambil peran mencerdaskan anak bangsa di tengah krisis...