Logo Sulselsatu

Ramah Tama FIP UNM, Rektor UNM: Hidup itu Untuk Memberi Kontribusi

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 12 Juni 2024 22:51

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar ramah tamah Wisuda periode Juni 2024. Rabu (12/6/2024)

Acara ramah tamah ini berlangsung meriah dengan dihadiri oleh para calon wisudawan, orang tua mahasiswa, Rektor UNM Prof. Karta Jayadi,
Dekan dan wakil dekan.

Pada kesempatan itu Prof. Karta Jayadi dalam sambutannya mengatakan, Ramah Tamah dan prosesi wisuda merupakan bagian akhir untuk memulai tahapan baru dalam kehidupan.

Kerana itu ia mengingatkan bahwa tujuan akhir dari proses pendidikan adalah berkontribusi dan memberikan pengabdian kepada masyarakat.

“Hidup itu untuk memberi kontribusi untuk kemaslahatan banyak, sangat luas lahan pengabdian, dan orang yang berpendidikan harus melakukan itu, mampu mengabdi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa mahasiswa yang telah memasuki tahapan akhir harus mampu beradaptasi, dengan menjujung tinggi pengetahuan dan nilai sosila budaya.

Ia mengatakan kunci dari memulai hidup yang baru adalah dengan tidak meratapi masa lalu dan yang lebih penting ialah meminta doa orang tua.

“Jangan pernah terus menangisi posisi-posisi ketika anda sudah selesai, alat ukurnya bukan pada nilai, hari ini kita mulai kembali untuk melalui tahapan baru, salah satu kekuatan untuk memulai tahapan baru adalah doa orang tua,”

Terakhir ia mengatakan agar para wisudawan bisa menjadikan kegagalan sebagai bagian dari proses untuk menerpa diri menjadi pribadi yang lebih baik, karena menurutnya itu merupakan sebagi suatu proses untuk bangkit dan mendapatkan keberhasilan..

“Jangan tumbang dulu, masih banyak kegagalan yang harus di coba, apa maknanya kesykuran, kalau gagal coba lagi, ada saatnya ada kebehasilan. Itu lah orang-orang yang bisa berjalan secara faktual,” jelasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...