Logo Sulselsatu

Daya Simpan Ikan Asap Dapat Diperpanjang Lewat Teknologi Sederhana Sistem Pirolisis

Asrul
Asrul

Sabtu, 08 Juni 2019 22:15

istimewa
istimewa

Penulis: Nurchalisah Rustam M

Produksi jagung di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Seiring meningkatnya kebutuhan jagung, maka semakin meningkat pula limbah-limbah jagung, khususnya tongkol jagung. Pemanfaatan limbah tongkol jagung di Indonesia belum maksimal. Umumnya, masih banyak digunakan sebagai pakan ternak oleh masyarakat, sementara limbah tongkol jagung pada umumnya masyarakat belum mengetahui bahwa kandungan lignoselulosa dari jagung yang sangat tinggi dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam produk yang bernilai ekonomis tinggi. Hal tersebut menjadi suatu peluang usaha bagi masyarakat Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, mendorong ketiga mahasiswa Universitas Hasanuddin melakukan desain teknologi tepat guna sistem pirolisis untuk produksi asap cair, yang bahan bakunya bersumber dari limbah tongkol jagung.

Ketiga mahasiswa UNHAS tersebut berasal dari program studi yang berbeda yakni; Asdar (Pemanfaatan sumberdaya perikanan), Nurchalisah Rustan M. (Ilmu dan Teknologi Pangan), dan Triajeng Metrisabna Priyamdita (Sosial Ekonomi Perikanan), di bawah bimbingan Kasmiati, S.TP, MP, Ph.D.

“Kami melihat limbah tongkol jagung yang sampai saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat dan biasa hanya dijadikan sebagai bahan bahar dan pakan ternak, padahal limbah tongkol jagung banyak mengandung senyawa-senyawa yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dari situlah, kami menemukan ide untuk mendesain teknologi tepat guna untuk produksi asap cair dengan memanfaatkan limbah tongkol jagung.” Ujar Asdar selaku ketua Tim.

Teknologi ini sudah dalam tahap uji coba dan akan diterapkan pada masyarakat, khususnya kelompok usaha ikan cakalang pada bulan Juni 2019 yang berlokasi di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai.

Teknologi yang digunakan ini sangat sederhana yang menerapkan sistem pirolisis. Sistem pirolisis merupakan proses pemanasan yang berlangsung tanpa adanya oksigen pada suatu zat, sehingga terjadi penguraian komponen-komponen penyusun suatu zat tersebut. Teknologi yang didesain dengan memanfaatkan limbah tongkol jagung akan menghasilkan asap cair yang dapat memperpanjang daya simpan ikan asap. Pengasapan ikan dengan menggunakan asap cair relatif sulit diterapkan di masyarakat pesisir karena dianggap belum diketahui secara luas. Oleh karena itu, ketiga mahasiswa Universitas Hasanuddin akan langsung ke mitra untuk memberikan pengarahan mengenai pembuatan teknologi sederhana sistem pirolisis dan pemanfaatan asap cair yang diyakini dapat berguna bagi mitra dalam aspek produktivitas ikan asap sehingga mampu meningkatkan mutu produk dan nilai tambah bagi masyarakat yang memproduksi ikan asap.

Kelebihan dari teknologi ini adalah sederhana dan bebas polusi udara karena produk yang dihasilkan berupa asap cair (liquid smoke), sehingga asap cair tersebut dapat digunakan untuk mengawetkan ikan asap.

Penggunaan asap cair yang bersumber dari limbah tongkol jagung diharapkan dapat mengefisienkan waktu dan juga dapat berperan dalam bidang keamanan pangan karena ikan tidak dibiarkan lama di udara terbuka, sehingga ikan asap yg dihasilkan lebih higienis.

“Harapannya, teknologi yang telah dirancang oleh mahasiswa ini dapat diimplementasikan di masyarakat khususnya para pengolah ikan asap. Kandungan asap cair seperti senyawa fenol berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk sehingga ikan menjadi lebih awet. Dengan demikian, inovasi mahasiswa merancang alat tersebut merupakan wujud dari pengabdian kepada masyarakat untuk penerapan teknologi tepat guna produksi asap cair. Hal ini merupakan upaya untuk memperpanjang daya simpan ikan asap yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan para pengolah ikan asap.” Tutur Kasmiati, S.TP, MP, Ph.D. selaku dosen pembimbing.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...