Logo Sulselsatu

Tiga Alasan Jokowi Pindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kaltim

Asrul
Asrul

Senin, 26 Agustus 2019 19:33

Presiden Joko Widodo saat mengumumkan lokasi ibu kota baru, Senin (26/8/2019). (INT)
Presiden Joko Widodo saat mengumumkan lokasi ibu kota baru, Senin (26/8/2019). (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan bahwa ibu kota RI akan dipindahkan ke Kalimantan Timur. Keputusan itu disampaikan dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

“Kita intensifkan studinya selama tiga tahun ini. Hasilnya menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Jokowi.

Ia mengungkapkan, rencana pemindahan ibu kota sudah digagas sudah lama, bahkan sejak Presiden Soekarno. Bahkan, selama 74 tahun merdeka, Indonesia belum pernah merancang sendiri ibu kotanya.

Baca Juga : Polisi Tangkap Otak Pencurian Motor, Sebanyak 12 Unit Kendaraan Diamankan

Lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur. (IST)

Bagi Jokowi, ada tiga alasan mengapa ibu kota RI harus pindah dari Jakarta.

Pertama, beban Jakarta saat ini sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, pusat jasa, dan memiliki airport, serta pelabuhan terbesar di Indonesia

Baca Juga : VIDEO: Siswa SMAN 7 Berau Bersuara Mirip Jokowi, Kemenparekraf RI Ikut Berkomentar

Kedua, beban pulau Jawa yang semakin berat dengan penduduk 150 juta atau 54 persen penduduk Indonesia.

Ketiga, beban semakin berat, karena 58 persen Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) atau ekonomi Indonesia ada di pulau Jawa, dan Jawa menjadi sumber ketahanan pangan. Sehingga, beban ini akan semakin berat, bila Ibu Kota tetap di pulau Jawa.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengatakan, pihaknya selama ini sudah menyampaikan kepada Presiden beberapa daerah yang disiapkan untuk jadi Ibu Kota baru Indonesia.

Baca Juga : VIDEO: Mardani Ali Sera Kritik Jokowi Hadiri Ajang Formula E

Kawasan tersebut, lanjut dia, pun sudah disampaikan kepada tim pengkaji, termasuk Kepala Bappenas.

“Yaitu, Kabupaten Kutai Kartanegara dan nyambung ke Kabupaten Penajam Paser Utara. Dua kabupaten itu terhubung dan itu yang kita tawarkan yang kita sampaikan kepada pak Presiden,” kata dia, seperti dikutip dari VIVAnews.

Kementerian PUPR dalam Konsep Desain Ibu Kota Baru telah merancang Istana Presiden satu garis lurus dengan gedung DPR/MPR. Berada di satu poros paling simbolik, yakni Poros Ketuhanan, sesuai sila pertama dalam Pancasila. Melintang dari arah Selatan ke Utara.

Baca Juga : VIDEO: Mardani Ali Sera Kritik Jokowi Hadiri Ajang Formula E

Dalam konsep desain yang dikutip VIVAnews, disebutkan simbol struktur Istana Presiden adalah Kerajaan Majapahit. Istana Presiden akan dibangun menghadap langsung ke Monumen Pancasila.

Nantinya, perkantoran TNI dan Polri, serta perumahan menteri akan dibangun di belakang Istana Presiden dan berhubungan secara spasial dengan botanical garden dan kebun binatang nasional.

Tidak hanya itu, nantinya Lapangan Pancasila akan dihubungkan ke gerbang istana melalui deretan columnade yang menerobos tanam hutan.

Baca Juga : VIDEO: Mardani Ali Sera Kritik Jokowi Hadiri Ajang Formula E

“Istana dirancang inklusif, rakyat bisa berjalan kaki mengelilingi istana melalui avenue, green loop, dan plasa-plasa luar istana,” demikian isi dokumen konsep desain ibu kota negara itu.

Editor: Awang Darmawan

 Komentar

 Terbaru

Sulsel26 Juni 2022 22:22
Jalan Tun Abdul Razak Gowa Mulai Pengerjaan Fisik, Gubernur Sulsel: Mohon Kesabarannya
SULSELSATU.com, GOWA – Ruas jalan provinsi Jalan Tun Abdul Razak di Kabupaten Gowa saat ini sudah dilakukan pengerjaan fisik. Hal ini ditegaskan...
Makassar26 Juni 2022 21:52
Camat Tallo Tallo Tekankan Pentingnya Menanamkan Nilai-nilai Islam Sejak Dini
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua TP PKK Kecamatan Tallo menghadiri penamatan KB Islam Ar Rayyan tahun 20...
Video26 Juni 2022 21:33
VIDEO: Detik-detik Warga di Lakkang Caddi Berhasil Tangkap Ular Piton
SULSELSATU.com – Aksi penangkapan seekor ular jenis piton oleh warga di Lakkang caddi saat membersihkan kebun, Minggu (26/6/2022) Ular tersebut ...
OPD26 Juni 2022 21:01
Dihadapan Bupati Sidrap Dollah Mando, Syahar Janji Perjuangkan Kesejahteraan Guru Mengaji
SULSELSATU.com, SIDRAP – Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Alquran (LPPTKA) Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Rem...