iklan Kareba Parlementa

Kurdi Tuding Militer Turki Gunakan Senjata Terlarang di Suriah

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kurdi menuding militer Turki menggunakan senjata berbahaya dalam gempuran ke utara Suriah, terutama Ras al-Ain. Senjata yang digunakan diduga sepeti bom bakar dan amunisi fosfor putih.

“Agresi Turki menggunakan semua senjata yang tersedia terhadap Ras al-Ain,” demikian pernyataan Kurdi yang dikutip dari CNNIndonesia dari AFP.

Mereka menyatakan bahwa pasukan Presiden Recep Tayyip Erdogan mulai menghalalkan penggunaan segala jenis senjata karena tidak menyangka Kurdi dapat melakukan perlawanan sengit.

“Dihadapkan dengan kegagalan rencananya, Erdogan menggunakan senjata yang dilarang secara global, seperti fosfor dan bom bakar,” bunyi pernyataan Kurdi.

Kelompok Kurdi tersebut lantas mengunggah video yang menunjukkan anak-anak menderita luka bakar. Seorang dokter di Hasakeh mengonfirmasi bahwa luka semacam itu kemungkinan besar akibat terpapar senjata terlarang.

Kepala Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdel Rahman, mengakui ada peningkatan jumlah luka bakar dalam pertempuran di daerah Ras al-ain selama dua hari belakangan.

Namun, kelompok pemantau tersebut belum dapat mengonfirmasi penyebab luka bakar tersebut, senjata terlarang atau bukan.

Di tengah kisruh ini, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) selaku tentara defacto di daerah Kurdi, mendesak organisasi-organisasi internasional untuk mengirimkan ahli ke lokasi.

“Kami mendesak organisasi internasional untuk mengirimkan tim guna menyelidiki sejumlah luka akibat serangan. Fasilitas medis di Suriah sangat kekurangan tim ahli,” kata juru bicara SDF.

Turki mulai melakukan gempuran ke utara Suriah untuk mengusir pasukan Kurdi, kelompok yang mereka anggap sebagai teroris. Selama ini, kaum Kurdi memang terus menyerukan separatisme di Turki.

Kurdi sendiri selama ini bekerja sama dengan pasukan Amerika Serikat untuk menggempur ISIS di Suriah. Namun, Turki tetap melakukan gempuran setelah dilaporkan mendapatkan “lampu hijau” dari Presiden Donald Trump.

Tak lama setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengumumkan rencana gempuran ini pada pekan lalu, Trump pun menarik pasukan AS dari wilayah Kurdi dengan dalih menghindari korban jatuh dari pihaknya.

Pasukan Kurdi pun merasa AS mengkhianati mereka. Ketika dunia mulai mengkritik Turki, Trump membantah ia memberikan lampu hijau.

Trump lantas mengutus Wakil Presiden AS, Mike Pence, dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk membujuk agar Turki mau melakukan gencatan senjata di Suriah.

Namun, Erdogan menegaskan bahwa Turki tidak akan mendeklarasikan gencatan senjata selama masih ada ancaman terorisme dari Kurdi.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Bahas Suriah, Erdogan dan Putin Bicara Lewat Telepon

SULSELSATU.com, ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia...

Artikel Lainnya

Tolak Digusur dari Stadion Mattoanging, YOSS Tunggu Putusan Pengadilan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Dewan Pembina Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS)...

Dhimas Darmadi Siap Menangkan Jokowi-Amin di Bantaeng

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Politisi muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bantaeng,...

Adnan Kembali Minta ASN Tak Gunakan Simbol-simbol Pilkada

SULSELSATU.com, GOWA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan tak henti-hentinya meminta...

Gempar! Skandal Pelecehan Seksual Rohaniawan di Gereja Katolik Cile Terbongkar

SULSELSATU.com - Pelecehan seksual terhadap pria yang dilakukan para rohaniawan Katolik...

Direktur-Wadir RSUD Andi Makassau Raih Penghargaan di HUT Parepare ke-60

SULSELSATU.com, PAREPARE - Direktur RSUD Andi Makkasau Renny Anggraeny Sari meraih...

Terkini

VIDEO: Gubernur Sulsel Tinjau Pulau Lanjukang, Bakal Jadikan Percontohan Pulau Wisata

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Penjabat...

VIDEO: Kecelakaan Tunggal di Kanal Batua Raya, Pemotor Tewas

SULSELSATU.com - Seorang pemotor tewas saat mengalami kecelakaan tunggal di Jalan...

40 Pelaku Usaha Homestay di Gowa Ikut Pelatihan Manajemen

SULSELSATU.com, GOWA - Sebanyak 40 pelaku usaha homestay di Kabupaten Gowa...

Dokter Fadli Edukasi Padagang Pasar Agar Jaga Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon wakil Wali Kota Makassar, dokter Fadli Ananda...

VIDEO: Viral, Gerombolan Pemuda Konvoi Bawa Senjata Tajam

  SULSELSATU.com - Segerombolan pemuda di Jakarta Timur melakukan aksi konvoi dengan...