Logo Sulselsatu

Tawarkan Beasiswa ke Belanda, Nuffic Neso Jajaki Kerja Sama dengan Unhas

Asrul
Asrul

Selasa, 03 Desember 2019 08:32

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Netherlands Education Support Office atau Nuffic Neso menjajaki kerja sama dengan Universitas Hasanuddin terkair tawaran beasiswa studi di Belanda.

Scholarship Team Coordinator Nuffic Neso, Indy Hardono menjelaskan, pihaknya menggandeng Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk membantu proses penjaringan calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi, khususnya yang berasal dari kawasan timur Indonesia dengan harapan bahwa selepas studi, para calon mahasiswa ini nantinya dapat kembali ke daerah asal untuk memberikan dampak terhadap pembangunan daerah.

“Yang sekarang kami ingin jajaki adalah pihak Unhas membantu kami untuk menyeleksi best of the best yang potensial. Unhas sebagai center untuk membantu menjaring best potential dari Kawasan Timur Indonesia untuk menjadi agent of change dari pembangunan daerah,” tutur Indy, Senin (2/12/2019).

Baca Juga : Inovasi Tim PKM-PM Unhas, Tingkatkan Literasi Anak Putus Sekolah di Makassar melalui QR Code

“Kami tawarkan satu kesempatan untuk menimba ilmu tapi ilmu yang nantinya memberikan impact untuk organizational development,” sambungnya.

Dari sekitar 40 universitas terapan dan 14 universitas penelitian di Belanda, setidaknya ada kurang lebih 30 beasiswa yang difasilitasi oleh Nuffic Neso, di antaranya, Program Beasiswa Master StuNed; Orange Tulis Scholarship (OTS); Holland Scholarship; Beasiswa Pendidikan Indonesia — LPDP; Mora Scholarship — Kementerian Agama; Eramust+; dan lain sebagainya.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menyambut positif tawaran Nuffic Neso. Menurutnya, kerja sama ini akan menjadi peluang besar khususnya bagi alumni Universitas Hasanuddin untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Baca Juga : Mahasiswa KKN Infrastruktur PUPR Unhas Siap Mengabdi dan Kerja Sama dengan Pemda Gowa

Terlebih lagi, melihat sejarah panjang Belanda dan Indonesia, tentu akan meminimalisir culture shock terhadap para calon mahasiswa.

“Ini peluang baik bagi alumni khususnya alumni Unhas yang mau studi ke Belanda karena kita punya koneksi langsung dengan Neso yang memungkinkan peluang itu menjadi lebih besar dan dari segi kultur, saya melihat kultur shock buat mahasiswa itu kecil karena Belanda sama Indonesia punya historis yang cukup kuat,” beber Prof Dwia.

Nuffic Neso juga memberi jaminan kualitas gelar terhadap mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya. Mahasiswa akan mendapatkan gelar yang diakui setelah menyelesaikan program studi yang terakreditasi.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Dorong Kesadaran Masyarakat Memilah Sampah Demi Cegah Perubahan Iklim Bersama GESOMI

Sistem akreditasi ini menjamin bahwa program studi tersebut memenuhi standar yang tinggi. Program studi Bachelor dan Master yang terakreditasi diakui secara resmi oleh NVAO (Organisasi Akreditasi Belanda dan Flanders).

Sejak tahun 2000, Nuffic Neso tercatat telah meluluskan alumni dari Belanda sekitar 4.600 orang, 103 orang diantaranya merupakan alumni asal Sulawesi Selatan yang memperoleh beasiswa.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....