Logo Sulselsatu

Thahar Rum Buka Pelatihan ‘Sepakat’ BPBD Lutra

Asrul
Asrul

Jumat, 06 Desember 2019 15:09

Thahar Rum Buka Pelatihan ‘Sepakat’ BPBD Lutra

SULSELSATU.com, LUTRA – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Luwu Utara menggelar Pelatihan Aplikasi Sistem Perencanaan, Penganggaran, Pemantauan, Analisis dan Evaluasi Kemiskinan Terpadu (Sepakat) di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara, Kamis (5/12/2019.,

Acara ini dibuka Wakil Bupati Muhammad Thahar Rum, dan dihadiri Staf Ahli Bappenas Muhammad Chehafudin dan Muhammad Hafid.

Dalam sambutannya, Wabup Thahar berharap, kehadiran aplikasi ini dapat membantu pemerintah dalam penyusunan perencanaan, pemantauan dan evaluasi pembangunan yang lebih pro-poor berbasis web dan bukti (evidence-based).

Baca Juga : 583 Paket Bantuan Telah Tersalurkan, BPBD Lutra; Perangkat Daerah Berkontribusi Beri Bantuan

“Aplikasi ini adalah sistem berbasis web dan bukti dalam melakukan analisis kemiskinan mulai dari proses perencanaan sampai evaluasi kebijakan kemiskinan dalam memperkuat kapasitas daerah,” kata Thahar.

Sponsored by MGID

Selain itu, kata dia, aplikasi ini juga sebagai sentra pengetahuan untuk berbagi inovasi pembelajaran dan praktik, sehingga terwujud sistem informasi terbaru yang berpihak kepada masyarakat miskin.

“Saya berharap aplikasi Sepakat ini mampu menyinergikan seluruh stakeholder terkait, mulai dari Perangkat Daerah, Camat sampai kepada Kepala Desa, sehingga dihasilkan data yang akurat dan terpercaya,” terang Thahar.

Baca Juga : 583 Paket Bantuan Telah Tersalurkan, BPBD Lutra; Perangkat Daerah Berkontribusi Beri Bantuan

Ia menambahkan, aplikasi ini mendorong terciptanya interaksi antar-stakeholder dalam mengatasi isu kemiskinan secara lebih efektif dan tepat sasaran.

“Pemerintah akan mampu menghasilkan analisa yang dapat menjadi masukan terkait proses e-monev, e-planning serta Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA), sehingga percepatan penanggulangan kemiskinan dapat lebih tepat sasaran dan tepat guna,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Rusydi Rasyid dalam laporannya menyebutkan bahwa pelatihan ini adalah lanjutan dari Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan yang digelar pada 3 Desember kemarin.

Baca Juga : 583 Paket Bantuan Telah Tersalurkan, BPBD Lutra; Perangkat Daerah Berkontribusi Beri Bantuan

“Pelatihan ini masih kelanjutan dari Rapat Koordinasi kita kemarin,” kata Rusydi.

Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari, dan diikuti para Kasubag Perencanaan dengan harapan sistim data yang terkait kemiskinan dapat diperoleh secara akurat. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : 583 Paket Bantuan Telah Tersalurkan, BPBD Lutra; Perangkat Daerah Berkontribusi Beri Bantuan

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...