Logo Sulselsatu

Temui Sekprov, KASN Tekankan Netralitas ASN di Pilkada 2020

Asrul
Asrul

Selasa, 25 Februari 2020 23:10

Temui Sekprov, KASN Tekankan Netralitas ASN di Pilkada 2020

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di Sulsel, menjaga netralitas dan kode etik jelang Pilkada Serentak 2020.

Hal ini disampaikan Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasar Kode Etik dan Kode Perilaku dan Netralitas ASN, Nurhasni, usai audiensi bersama Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani, di Ruang Rapat Sekprov, Selasa(25/2/2020).

“Komisi Aparatur Sipil Negara menegaskan agar seluruh ASN, khususnya bagi daerah yang melaksanakan pilkada untuk menjaga netralitas dan kode etik. ASN adalah sebuah profesi yang harus berpedoman pada etika, tidak ada berpihak di mana saja, baik golongan maupun lembaga,” kata Nurhasni.

Baca Juga : Menkes Terawan Imbau Pakai Masker Saat Pencoblosan Pilkada 2020 Besok

“Sebenarnya sudah ada di Surat Edaran MenPAN, juga di dalam Undang-Undang ASN, harus bebas dari intervensi politik dan tidak melakukan politik praktis, karena dalam manajemen ASN adalah netralitas,” katanya.

Sponsored by MGID

Nurhasni menegaskan, bagi ASN yang terbukti melanggar kode etik maupun melakukan pelanggaran terkait netralitas dalam pilkada akan dijatuhi sanksi, mulai sanksi ringan berupa pernyataan dan permohonan maaf baik terbuka maupun tertutup, penurunan pangkat satu tingkat, hingga pada pemberhentian.

“Sanksi pelanggaran etika di PP 42 ada pernyataan secara terbuka dan tertutup dari majelis kode etik, juga akan ada sanksi disiplin, penurunan pangkat setingkat, hingga pemberhentian,” ucapnya.

Baca Juga : Hati-Hati! ASN Dalam Pengintaian di Pilwali Makassar

Pada 2019 kata dia, terdapat 84 laporan yang diterima KASN dari Badan Pengawasa Pemilu (Bawaslu). Tiga laporan pelanggaran di antaranya berasal dari Pemprov Sulsel.

“Namun tiga pelanggaran di tingkat provinsi sudah ditindaklanjuti oleh Gubernur Sulsel. Kami berterima kasih atas kolaborasi yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel,” ujarnya.

“Laporan yang paling banyak adalah dari media sosial. Pelanggaran etika yang banyak, berupa ujaran kebencian, komentar dukungan maupun ‘like’ di postingan salah satu peserta Pilkada,” ungkapnya.

Baca Juga : INFOGRAFIK: 12 Daerah di Sulsel Gelar Pilkada 2020

Berdasarkan MoU yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara, KASN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), laporan pelanggaran yang masuk melalui Bawaslu akan diteruskan kepada KASN. Selanjutnya penentuan sanksi akan diputuskan oleh PPK.

Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani menyambut baik upaya preventif dari ASN yang tidak netral dan melanggar kode etik jelang Pilkada 2020.

“Jauh lebih bagus preventif dan edukatif. Di Sulsel, kita berharap jangan gara-gara pilkada, gedung yang dibangun dibakar, karena pilkada bagian dari demokrasi,” kata Hayat.

Baca Juga : INFOGRAFIK: 12 Daerah di Sulsel Gelar Pilkada 2020

Selain melakukan upaya punishment bagi pihak yang melanggar, Hayat juga berharap KASN memberikan reward kepada pihak yang terus menjaga netraliras dan kode etik.

“Harus dipantau juga sejauh mana punishment diberikan personal atau lembaga. Juga berikan reward supaya yang berbuat merasa diapresiasi,” kata Hayat.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

OPD06 Desember 2021 20:47
Rangga Janji Perjuangkan Aspirasi Warga Saat Reses Bisa Terealisasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga kembali melakukan reses pada titik keempat di Kelurahan Pa’bundukang, Kecamat...
Berita Utama06 Desember 2021 20:13
Capaian Vaksinasi di Jeneponto Masih Rendah, Satgas Covid-19 Sulsel Turun Tangan
SULSELSATU.com, Jeneponto – Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulsel turun tangan langsung melakukan vaksinasi di Jeneponto. Kedatangan tim Satgas Co...
Breaking News06 Desember 2021 20:05
Varian Omicron Terus Menyebar, Pemerintah Tunda Pemberangkatan Umroh Sampai Tahun 2022
SULSELSATU.com, JAKARTA – Varian Omicron terus menyebar ke sejumpah negara. Melihat kondisj tersebut, Pemerintah memutuskan untuk menunda pember...
Sponsored by MGID
Ekonomi06 Desember 2021 19:46
BRI Tanggap Bencana Semeru, Kerahkan Mobil Evakuasi dan Bangun Posko Bantuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Proses penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masih terus berjala...