iklan Kareba Parlementa

Temui Sekprov, KASN Tekankan Netralitas ASN di Pilkada 2020

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di Sulsel, menjaga netralitas dan kode etik jelang Pilkada Serentak 2020.

Hal ini disampaikan Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasar Kode Etik dan Kode Perilaku dan Netralitas ASN, Nurhasni, usai audiensi bersama Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani, di Ruang Rapat Sekprov, Selasa(25/2/2020).

“Komisi Aparatur Sipil Negara menegaskan agar seluruh ASN, khususnya bagi daerah yang melaksanakan pilkada untuk menjaga netralitas dan kode etik. ASN adalah sebuah profesi yang harus berpedoman pada etika, tidak ada berpihak di mana saja, baik golongan maupun lembaga,” kata Nurhasni.

“Sebenarnya sudah ada di Surat Edaran MenPAN, juga di dalam Undang-Undang ASN, harus bebas dari intervensi politik dan tidak melakukan politik praktis, karena dalam manajemen ASN adalah netralitas,” katanya.

Nurhasni menegaskan, bagi ASN yang terbukti melanggar kode etik maupun melakukan pelanggaran terkait netralitas dalam pilkada akan dijatuhi sanksi, mulai sanksi ringan berupa pernyataan dan permohonan maaf baik terbuka maupun tertutup, penurunan pangkat satu tingkat, hingga pada pemberhentian.

“Sanksi pelanggaran etika di PP 42 ada pernyataan secara terbuka dan tertutup dari majelis kode etik, juga akan ada sanksi disiplin, penurunan pangkat setingkat, hingga pemberhentian,” ucapnya.

Pada 2019 kata dia, terdapat 84 laporan yang diterima KASN dari Badan Pengawasa Pemilu (Bawaslu). Tiga laporan pelanggaran di antaranya berasal dari Pemprov Sulsel. 

“Namun tiga pelanggaran di tingkat provinsi sudah ditindaklanjuti oleh Gubernur Sulsel. Kami berterima kasih atas kolaborasi yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel,” ujarnya.

“Laporan yang paling banyak adalah dari media sosial. Pelanggaran etika yang banyak,  berupa ujaran kebencian, komentar dukungan maupun ‘like’ di postingan salah satu peserta Pilkada,” ungkapnya.

Berdasarkan MoU yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara, KASN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), laporan pelanggaran yang masuk melalui Bawaslu akan diteruskan kepada KASN. Selanjutnya penentuan sanksi akan diputuskan oleh PPK.

Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani menyambut baik upaya preventif dari ASN yang tidak netral dan melanggar kode etik jelang Pilkada 2020.

“Jauh lebih bagus preventif dan edukatif. Di Sulsel, kita berharap jangan gara-gara pilkada, gedung yang dibangun dibakar, karena pilkada bagian dari demokrasi,” kata Hayat.

Selain melakukan upaya punishment bagi pihak yang melanggar, Hayat juga berharap KASN memberikan reward kepada pihak yang terus menjaga netraliras dan kode etik.

“Harus dipantau juga sejauh mana punishment diberikan personal atau lembaga. Juga berikan reward supaya yang berbuat merasa diapresiasi,” kata Hayat. 

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Viral, Sebuah Kuburan Keluarkan Darah Segar dan Bau Amis

  SULSELSATU.com - Sebuah makam yang dipenuhi oleh cairan berwarna merah yang diduga darah viral di media sosial, Minggu (20/9). Dalam video terlihat makam itu amblas...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Enam Staf Positif Covid-19, Pelayanan di DPMPTSP Jeneponto Tutup Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jeneponto yang berada di Jl Ishak Iskandar ditutup sementara. Penutupan pelayanan di...

Live Streaming Liga Inggris: Chelsea Vs Liverpool

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Big Match akan tersaji di Liga Inggris pekan keenam. Chelsea akan menjamu Liverpool di Stamfor Bridge, Minggu (23/9/2019) malam pukul 23.30...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

INFOGRAFIK: 12 Daerah di Sulsel Gelar Pilkada 2020

  SULSELSATU.com - Sebanyak 24 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan, 12...

Artikel Lainnya

Gula Pasir Langka, Wakapolres Parepare Ancam Pidanakan Penimbun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar rapat terkait kelangkaan...

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

SULSELSATU.com, SUBANG - Gubung Tangkuban Parahu di Subang, Jabar, erupsi, Jumat...

Tarik Minat Literasi Masyarakat, Pemkab Lutra Bangun Gedung Perpustakaan

SULSELSATU.com, LUTRA - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara kini tengah...

Pantau Penerepan E-Tilang, Ditlantas Polda Sulsel Kunjungi Polres Gowa

SULSELSATU.com, GOWA - Tim supervisi dari Ditlantas Polda Sulsel melakukan kunjungan...

Lantik Kepala Daerah, Nurdin Abdullah Tekankan Jaga Stabilitas Politik

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, baru saja melantik empat...

Terkini

VIDEO: Iksan Iskandar Positif Covid-19, Kantor Bupati Jeneponto Sepi

SULSELSATU.com, JEBEPONTO – Suasana Kantor Bupati Jeneponto, Jalan Lanto Dg Pasewang,...

Mencari Duta Pariwisata, Disporapar Parepare Gelar Seleksi

SULSELSATU.com, PAREPARE - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Parepare...

Penentuan 7 Pjs Bupati di Sulsel Ditentukan Hari Ini

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) akan melantik tujuh...

DLH Sulsel Sebut Penambangan Pasir di Pulau Sangkarrang Tak Berdampak Buruk Bagi Nelayan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemprov Sulsel, Andi...

Ciptakan Pilkada Sejuk, Fatma: Setop Menyebar Hoaks

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA') kembali...