Logo Sulselsatu

Wabup Gowa Kunjungi SDN Center Mawang Bahas Soal Laporan Warga

Asrul
Asrul

Sabtu, 08 Agustus 2020 19:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni didampingi Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Kamsinah dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Rieke Susanti mengunjungi SDN Center Mawang, Jumat (7/8/2020).

Kunjungan ini untuk mengecek adanya laporan, terkait pembagian kuota internet untuk siswa yang dianggap tidak sesuai dengan mekanisme dan adanya rencana pembuatan paving blok lingkungan sekolah yang juga dianggap melakukan pungutan ke orang tua siswa.

Kepala SDN Center Mawang Manpaluthi, mengatakan bahwa dalam pembagian kuota internet yang terdiri dari kartu perdana dan voucher ini memang tidak dibagikan sekaligus kepada siswa. Voucher kuota internet akan diberikan setelah kuota kartu perdana habis.

Baca Juga : Pedagang Pasar Sungguminasa Ungkap Harga Cabai Rawit Sudah Turun

Manpaluthi menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan agar kuota internet tersebut tidak dimanfaatkan dengan hal-hal yang lain oleh siswa. Sehingga pihaknya berinisiatif memberikan secara bertahap.

Sementara untuk pembuatan paving blok, Manpaluthi menyebutkan bahwa hal ini merupakan inisiatif dari Komite Sekolah untuk mengumpulkan sumbangan sukarela dari orang tua maupun keluarga siswa. Menurutnya hal ini tidak menentukan jumlah sumbangan dan tidak memaksa.

Menanggapi hal tersebut, Wabup Gowa menyampaikan bahwa segala sesuatu harus berdasarkan dengan aturan yang ada. Kalaupun pembagian kuota internet tersebut dilakukan secara bertahap harus dikomunikasikan dengan baik kepada orang tua siswa.

Baca Juga : VIDEO: Bikin Heboh, Fenomena Hujan Es di Pattallassang Gowa

Sedangkan untuk pembuatan paving blok, Wabup Gowa meminta agar tidak dilanjutkan dan uang yang sudah terkumpul untuk dikembalikan kepada orang tua siswa yang sudah menyumbang. Menurutnya dalam sistem Pendidikan Gratis Gowa pungutan dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan.

“Aturan pendidikan gratis kita tidak boleh mengambil uang atau berupa apapun, sekecil apapun dengan alasan apapun. Harusnya kita pahami ini bahwa tidak boleh biar komite yang mau tidak boleh itu,” tegasnya.

Ia berharap agar Kepala Sekolah maupun guru-guru yang ada di SDN Center Mawang untuk memberikan pemahaman kepada Komite Sekolah terkait Pendidikan Gratis yang ada di Kabupaten Gowa. Dirinya juga berharap hal ini tidak terulang lagi

Baca Juga : Dosen FIK UNM Gelar PKM di Sekolah Club SSB Remacob Gowa

“Biar yang mau komite, seharusnya sebagai kepala sekolah tidak boleh membiarkan itu. Biar komite yang mau tetap tidak boleh,” tegasnya.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...