Logo Sulselsatu

Haidar Madjid Minta Masukan Warga Soal Ranperda Pengendalian Sampah

Asrul
Asrul

Minggu, 30 Mei 2021 13:18

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel kini merancang Peraturan Daerah (Perda) tentang pengendalian sampah regional. Namun, Ranperda itu masih membutuhan masukan masyarakat.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulsel Haidar Madjid menggelar konsultasi publik Ranperda tentang pengendalian sampah regional tersebut di Hotel Max One, Jalan Taman Makam Pahlawan, Makassar, Minggu (30/5/2021).

Haidar pada kesempatan itu mengatakan Ranperda tentang pengendalian sampah regional ini menjadi inisiatif dari DPRD Sulsel dan masih dalam pembahasan.

Baca Juga : Haidar Madjid Optimis Terpilih Kembali Usai Temui Ribuan Kerabatnya

“Kita semua disini punya tanggung jawab untuk berkontribusi aktif dalam merawat kelestarian lingkungan hidup. Salah satunya adalah dengan tidak buang sampah sembarangan,” kata Haidar.

Anggota Komisi E itu, menyampaikan bahwa saat ini dibutuhkan kesadaran kolektif dari seluruh masyarakat agar persoalan sampah bisa segera selesai.

“Meski begitu, tidak hanya dibutuhkan kesadaran kolektif tetapi perlu juga intervensi pemerintah. Nah inilah akan lahir Perda soal sampah, harapannya bahwa permasalah tersebut bisa berkurang atau selesai,” tuturnya.

Baca Juga : Wakili Makassar, Al-Ghifari Haidar Raih Juara di Turnamen Pencak Silat Bandung Championship

“Tetapi Ranperda ini baik kalau sudah jadi Perda dan bisa diaplikasikan dengan baik, sesuai dengan ketentuannya,” sambung politisi Partai Demokrat itu.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel Andi Hasbi menyampaikan permasalah sampah di Indonesia terus berlarut-larut karena jumlah penduduk yang sangat besar.

“Data menunjukkan bahwa kita di Sulsel produksi sampah tiap hari saja sudah tembus 4 ribu ton. Hal lain penyebabnya karena kesadaran warga yang sangat kurang,” tutur pria kelahiran Bulukumba tersebut.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video25 April 2024 23:13
VIDEO: Aksi Pencurian di Sebuah Perumahan di Gowa, TV dan Speaker Raib
SULSELSATU.com – Aksi pencurian telah terjadi di Perumahan Parangbanoa, Kabupaten Gowa, pada Kamis (25/4/2024). Pencurian ini mengakibatkan bara...
Makassar25 April 2024 22:02
Makassar Terima Penghargaan Kota Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Makassar lagi-lagi meraih penghargaan dan masuk sebagai kota terbaik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah....
Kesehatan25 April 2024 21:35
Yayasan Hadji Kalla Bentuk Kelompok Jantung Sehat di 14 Desa Kecamatan Bontonompo
Yayasan Hadji Kalla bersama mitra Yayasan Jantung Indonesia cabang Sulsel resmi membentuk kelompok Jantung Sehat di 14 desa dan kelurahan di Kecamatan...
Video25 April 2024 21:31
VIDEO: Oknum Personel Polda Sumut Diduga Kabur Usai Tabrak Mobil Warga
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan oknum yang diduga personal Polda Sumut menabrak mobil warga. Kejadian terjadi di pintu keluar tol K...