Logo Sulselsatu

Pemprov Sulsel Usulkan Perluasan Bandara Udara Areoppala Kepulauan Selayar Masuk Proyek Strategis Nasional

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 16 Oktober 2021 09:49

Plt Gubernur Sulsel Tiba di Bandara H Areoppal Kepulauan Selayar (Ist)
Plt Gubernur Sulsel Tiba di Bandara H Areoppal Kepulauan Selayar (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bandara Udara H Aroeppala di Kabupaten Kepulauan Selayar direncanakan akan dikembangkan di tahun 2022 dengan penambahan runway. Penambahan ini setelah selesainya master plan dan review oleh Kementerian.

Proyek perluasan bandara ini rencananya akan dimasukan ke dalam salah satu usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan penambahan runway dari 1.950 meter akan menjadi 2.400 meter.

Terkait rencana ini, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan bahwa sejauh ini prosesnya masih terkait rencana proses hibah tanah atau lahan dari Pemprov ke Pemerintah Pusat.

Baca Juga : Difasilitasi ANC Japan dan PT IKI, Plt Gubernur Sulsel Sebut Peluang 10 Ribu Lulusan SMK Bisa Bekerja di Jepang

“Kita masih proses hibah tanahnya ke Pusat. Lagi pembahasan hibahnya. Harapan kita nanti di sana bisa diperlebar dan pesawat besar bisa mendarat di sana,” katanya, Jumat, (15/10/2021).

Sponsored by MGID

Andi Sudirman Sulaiman mengaku terus melakukan koordinasi dengan Kementerian terus dilakukan. Sementara untuk anggaran belum ada nilai estimasi.

“Untuk anggaran belum ada estimasi karena kita masih koordinasi. Tugas kita sementara ini adalah menyerahkan lahan yang akan dipakai perluasan,” sebutnya.

Baca Juga : Investor Asal Taiwan Sasar Pembangunan Smelter di Bantaeng, Plt Gubernur Tegaskan Investor Optimalkan Potensi Lokal

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Darmawan Bintang menyebutkan, salah satu tujuan dari perluasan ini adalah mendukung Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulsel.

“Pengembangan Bandara Selayar itu memang salah satunya untuk tujuannya kepariwisataan. Di mana kita kembangkan, termasuk mendukung KEK. Untuk menunjang itu dan mempercepat pembangunan inftarstuktur,” jelasnya.

Lanjutnya, bahwa usulan pembangunan ini masuk sebagai bagian dari PSN, sehingga menjadi bagian dari tanggung jawab Pemerintah Pusat dengan asumsi mengurangi beban daerah untuk pembangunan infrastruktur.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Bersama Sesdijen Perhubungan Darat Resmikan KMP Sultan Murhim II

Sedangkan, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah menyebutkan bahwa perluasan yang diusulkan masuk kedalam PSN ini jika disetujui akan menambah jumlah PSN yang sudah ada di Sulsel sebelumnya, yakni Makassar New Port dan Kereta Api.

Arafah mengatakan bahwa review akan dilakukan oleh Kementerian, karena tidak bisa dilakukan oleh Dishub Sulsel. Master plannya merupakan pengambaran secara global rencana pengembangan ada induk, jangka pendek, menengah dan panjang.

“Target perpanjangan ini adalah agar pesawat jenis Boeing bisa masuk,” sebutnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial02 Desember 2021 23:28
Plt Gubernur Akui Inovasi Taufan Pawe di Hadapan Kepala Daerah di Sulsel
SULSELSATU.com, Makassar — Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengakui sosok Taufan Pawe sebagai kepala daerah inovatif. Hal itu ia lont...
Makassar02 Desember 2021 23:06
Narasumber di Supermentor, Wali Kota Danny Paparkan Arti Sebuah Kepemimpinan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjadi pembicara membahas tentang kepemimpinan dalam acara Su...
Makassar02 Desember 2021 20:40
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mulai Diterapkan TK Islam Athirah 1
SULSELSATU.com, MAKASSAR – TK Islam Athirah 1 siap melakukan pembelajaran tatap muka (TPM) terbatas mulai Desember 2021 ini. Kepala TK Islam Ath...
Sponsored by MGID
Makassar02 Desember 2021 20:21
Difasilitasi ANC Japan dan PT IKI, Plt Gubernur Sulsel Sebut Peluang 10 Ribu Lulusan SMK Bisa Bekerja di Jepang
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyambut baik peluang yang diberikan oleh PT Industri Kapal Indonesia (Persero)...