Logo Sulselsatu

Lewat Desa Digital Nusantara, XL Axiata Tingkatkan Literasi Digital Bagi Masyarakat Pedesaan

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Kamis, 16 Desember 2021 19:59

XL Axiata meluncurkan Desa Digital Nusantara di Tanjung Pakis (Sri Wahyudi Astuti / sulselsatu.com)
XL Axiata meluncurkan Desa Digital Nusantara di Tanjung Pakis (Sri Wahyudi Astuti / sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan program Desa Digital Nusantara (DDN) untuk mendorong pemberdayaan desa. DDN ini juga sebagai komitmen XL Axiata membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi digital di tingkat pedesaan.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan, program DDN ini akan menjadi program berkelanjutan. XL Axiata berkomitmen kuat membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi digital di tingkat pedesaan. Program ini mencakup penguatan ekosistem digital hingga di pedesaan.

XL Axiata ingin lebih memaksimalkan lagi usaha-usaha pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sarana digital agar lebih siap meraih manfaat dari ekonomi digital,” jelasnya, Kamis, (16/12/2021).

Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas Jaringan, XL Axiata Terapkan Teknologi CUTO

Marwan menjelaskan, sasaran implementasi program DDN yang pertama adalah Desa Tanjung Pakis yang berlokasi di pesisir Utara Kabupaten Karawang ini.

Sponsored by MGID

Pada kesempatan tersebut, XL Axiata mendapatkan dukungan dari KKP, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Pemerintah Kabupaten Karawang. Selain itu, turut memberikan dukungan juga adalah dua perusahaan teknologi terkemuka, yaitu Google Indonesia dan Facebook Indonesia.

“Desa di Tanjung Pakis ini menjadi pilihan atas pertimbangan desa ini memiliki potensi besar untuk maju di era digital, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Di sini ada potensi mulai perikanan, tambak, wisata, hingga UMKM. Komunitas penggerak ekonominya beragam dan aktif. Produk yang mereka hasilkan juga punya nilai jual tinggi,” imbuh Marwan.

Baca Juga : XL Axiata Bertekad Dukung Pemerintah Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

Pada tahap awal ini lanjutnya, program DDN akan mencakup aktivitas bersifat edukasi untuk meningkatkan literasi digital warga, pembangunan fasilitas umum, instalasi sarana dan prasarana digital, hingga donasi.

Agar lebih memudahkan warga Desa Tanjung Pakis mengakses internet, XL Axiata akan memasang WiFi di titik strategis di desa. Kualitas jaringan data dan internet XL Axiata di desa ini sangat baik yang didukung oleh BTS 4G di sekitar desa. Sinyal 4G XL Axiata juga menjangkau area di sepanjang pantai Tanjung Pakis yang menjadi salah satu destinasi wisata warga Karawang.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...