Logo Sulselsatu

Terinfeksi Omicron, Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini

Asrul
Asrul

Selasa, 15 Februari 2022 10:38

Penelitian terbaru menunjukkan pria yang terinfeksi Covid-19 mengalami penurunan kesuburan (DKT Indonesia)
Penelitian terbaru menunjukkan pria yang terinfeksi Covid-19 mengalami penurunan kesuburan (DKT Indonesia)

SULSELSATU.com – Dokter Spesialis Paru, Erlina Burhan mengatakan, gejala klinis yang khas dan terbanyak dari infeksi Omicron adalah hidung tersumbat atau rinore, batuk, nyeri tenggorokan, terutama tenggorokan terasa gatal.

“Gejala lainnya lagi yang cukup sering tapi tidak khas dialami pasien Omicron adalah mudah lelah, sakit kepala, dan nyeri otot,” ucapnya dalam diskusi daring bertajuk “Super Immunity on Covid-19 : What and How?”, dilansir Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Dengan indikasi gejala-gejala ringan yang hampir menyerupai sakit influenza atau flu ini, Erlina mengingatkan agar petugas kesehatan lebih memperhatikan lagi perbedaan Omicron dengan flu biasa.

Baca Juga : PT Bumi Karsa Dirikan Posko Mudik, Bentuk Peduli Keselamatan dan Kenyamanan Para Pemudik

“Tolong dicermati ini, gejala yang khas dari infeksi Omicron. Memang sedikit mirip dengan flu, tapi flu itu jarang loh nyeri tenggorokan dan tenggorokan gatal,” jelasnya.

Adapun untuk pasien yang terpapar Omicron, Erlina meminta mereka agar tidak perlu cemas dan tetap fokus pada diri sendiri dengan menjalani pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan bergizi guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya makanan bergizi, selama menjalani perawatan, pasien terinfeksi Omicron juga harus menghindari beberapa minuman dan makanan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Baca Juga : Masyarakat Kabupaten Gowa Kini Tidak Wajib Pakai Masker di Ruang Publik, Aturan Telah Dicabut

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Mengutip dari berbagai sumber, berikut minuman dan makanan yang harus dihindari pasien Omicron.

1. Jeruk

Melansir Eatthis.com, jeruk merupakan sumber antioksidan yang penting untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tubuh yang kuat, buah bercita rasa asam manis ini mampu mengusir virus flu lebih cepat.

Baca Juga : Bisa Kembali Beraktivitas Normal, Begini Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Robert G. Lahita, Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health sekaligus penulis Immunity Strong mengatakan, meski dapat membantu menangkal pilek, tetapi jeruk harus dihindari karena dapat memperparah salah satu gejala Omicron, yaitu sakit tenggorokan.

“Makanan dan minuman yang mengandung jeruk dan sedikit asam dan sangat sulit untuk ditelan. Ini juga akan memperparah gejala sakit tenggorokan,” kata Robert atau yang akrab disapa Bob itu.

Sebaliknya, ia menyarankan untuk pasien Omicron agar mengonsumsi makanan lunak seperti yogurt dan probiotik lainnya.

Baca Juga : Dinkes Makassar Buka Layanan Vaksinasi Percepat Herd Immunity

2. Minum alkohol

Minum alkohol merupakan hal utama yang harus dihindari ketika terinfeksi Omicron. Sebab, saat seseorang sakit membutuhkan tambahan asupan nutrisi lebih banyak.

Bob menjelaskan saat seseorang sakit, maka orang itu butuh tambahan asupan nutrisi, termasuk kalori yang berkualitas. Namun minum minuman alkohol bukanlah solusi untuk hal itu.

Baca Juga : Dorong Cakupan Vaksinasi dan Imunisasi Campak Rubella, Dinkes Makassar Buka Gerai Layanan

“Minuman alkohol bukanlah solusi untuk hal itu. Ini bukan ide yang bagus karena akan membuat tenggorokan Anda semakin sakit. Alkohol itu akan membakar tenggorokan,” kata Bob.

Sebagai solusinya, pasien Omicron harus mengonsumsi minuman sehat, bertekstur lembut, dan padat kalori, salah satunya seperti protein shake atau minuman dari bubuk protein yang dicampur dengan air.

3. Makanan kemasan olahan

Melansir Timesofindia.indiatimes.com, makanan kemasan olahan adalah hal pertama yang harus dihindari penderita Omicron. Sebab, makanan ini mengandung natrium tinggi, penuh bahan pengawet, dan gula tambahan.

Apabila Anda mengonsumi makanan kemasan olahan seperti keripik kentang atau jenis serupa lainnya maka akan menyebabkan peradangan atau inflamasi yang dapat mengganggu proses penyembuhan.

Makanan yang digoreng memiliki kadar lemak tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan ini dapat meningkatkan beban pada sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang digoreng juga berdampak negatif pada mikrobioma usus dan menekan fungsi kekebalan tubuh. Bahkan, makanan ini juga meningkatkan kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

Itulah tujuh kebiasaan minum dan makanan yang harus Anda hindari apabila sedang terinfeksi Omicron. Jika ingin pulih dengan cepat, perhatikan konsumsi makanan dan minuman yang bergizi bagi tubuh.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...