Logo Sulselsatu

KALLA Launching Program CSR Satuan Pendidikan Tanggap Bencana di Sekolah Islam Athirah

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 08 Desember 2023 20:23

Launching program CSR Kalla di Sekolah Islam Athirah Makassar. Foto: Istimewa
Launching program CSR Kalla di Sekolah Islam Athirah Makassar. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mendukung kesiapan sekolah dalam menghadapi bencana alam, KALLA berinisiatif bersama PMI Kota Makassar dan Kalla Rescue menggelar program Corporate Social Responsibility bertempat di Auditorium Sekolah Islam Athirah di Jalan Kajolalido Kota Makassar pada Jum’at (8/12/2023).

Program ini dicetuskan berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyebutkan bahwa dalam 10 tahun terakhir, bencana banjir (35 persen), angin puting beliung (30 persen) dan tanah longsor (23 persen) menjadi bencana alam yang paling sering terjadi.

Bencana tersebut berasal dari iklim yang tidak dapat dikontrol oleh manusia. Sehingga dibutuhkan persiapan untuk menghadapi bencana tersebut yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Baca Juga : Siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga Tampilkan Drama Cerita Rakyat dari Berbagai Daerah Indonesia

Launching program ini dihadiri oleh Subhan Djaya Mappaturung selaku Chief Corporate Secretary, Legal & Marketing Officer KALLA, Syamril selaku Direktur Sekolah Islam Athirah bersama manajemen, Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan kota Makassar, pengurus dan staff PMI kota Makassar, BKMKG Wilayah IV kota Makassar, Dinas Damkar kota Makassar dan Basarnas kota Makassar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh guru, staff dan siswa/i Sekolah Islam Athirah yang nantinya akan mengikuti kegiatan ini.

Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril mengatakan, beberapa waktu lalu telah dilaunching gerakan Basirah yang merupakan akronim dari Bersih, Asri, Sehat, Indah Rapi, Aman, Sehat yang sejalan dengan program Satuan Pendidikan Tanggap Bencana ini.

Baca Juga : CSR KALLA Tumbuhkan Budaya Tangguh Bencana Lewat Pendidikan Bencana di Lingkup Sekolah

“Kami tentu berharap program ini akan membuat kami semua nantinya belajar melakukan mitigasi bencana karena kita berada di wilayah yang rawan bencana. Terima kasih atas seluruh dukungan berbagai pihak atas kegiatan ini,” ungkap Syamril.

Dengan tema ‘Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Sekolah Islam Athirah’, program ini nantinya akan berlangsung selama 1 semester dengan rincian 12 kali pertemuan. Target pesertanya sebanyak 80 peserta yang terdiri dari peserta didik, guru dan staff.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Wilayah II Firdaus juga mengapresiasi kegiatan ini untuk peserta didik khususnya di Sekolah Islam Athirah.

Baca Juga : KALLA Raih Penghargaan Outstanding ESG & Green Movement di Bali

“Melalui program ini, kami berharap sekolah menjadi wilayah yang aman bagi anak-anak kita untuk berkumpul dan belajar. Kami dari Dinas Pendidikan Sulsel memberikan apresiasi kepada KALLA dalam memberikan fasilitas pelaksanaan program ini sebagai salah satu program CSR,” jelas Firdaus.

Pemateri kegiatan ini nantinya berasal dari PMI kota Makassar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Makassar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Makassar, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Makassar, Dinas Sosial kota Makassar, Basarnas Kelas A kota Makassar, BMKG Wilayah IV kota Makassar, Kwarcab Pramuka kota Makassar dan narasumber lainnya yang berkompeten dibidang mitigasi bencana.

Harapannya program ini dapat mencipakan lokasi, konstruksi, desain, penataan dan jalur evakuasi yang aman dari bencana.

Baca Juga : Kalla Rescue Turun Langsung Evakuasi Korban Banjir Luwu

Sehingga tercipta budaya untuk selalu memastikan setiap sudut sekolah siap dan aman melalui peningkatan kemampuan mereka dalam menghadapi bencana Selain itu, terdapat peralatan dan perlengkapan kesiapsiagaan bencana.

Kegiatan launching ini kemudian ditutup dengan simbolis pemberian selamat kepada perwakilan guru, staff dan siswa Sekolah Islam Athirah yang akan mengikuti kegiatan ini kedepannya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...
Video19 Juni 2024 20:07
VIDEO: Bencana Tanah Longsor di Poros Maros-Bone, 2 Eskavator Tertimbun
SULSELSATU.com – Longsor terjadi di Jalur Poros Maros-Bone di Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa,Maros  sehingga lalu lintas ditutup total. Longs...
Makassar19 Juni 2024 19:01
Wali Kota Makassar Danny Pomanto Evaluasi Seluruh Ketua RT/RW di 15 Kecamatan
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan melakukan evaluasi seluruh ketua RT/RW di 15 kecamatan yang di Kota Makassar....