Logo Sulselsatu

KALLA Launching Program CSR Satuan Pendidikan Tanggap Bencana di Sekolah Islam Athirah

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 08 Desember 2023 20:23

Launching program CSR Kalla di Sekolah Islam Athirah Makassar. Foto: Istimewa
Launching program CSR Kalla di Sekolah Islam Athirah Makassar. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mendukung kesiapan sekolah dalam menghadapi bencana alam, KALLA berinisiatif bersama PMI Kota Makassar dan Kalla Rescue menggelar program Corporate Social Responsibility bertempat di Auditorium Sekolah Islam Athirah di Jalan Kajolalido Kota Makassar pada Jum’at (8/12/2023).

Program ini dicetuskan berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyebutkan bahwa dalam 10 tahun terakhir, bencana banjir (35 persen), angin puting beliung (30 persen) dan tanah longsor (23 persen) menjadi bencana alam yang paling sering terjadi.

Bencana tersebut berasal dari iklim yang tidak dapat dikontrol oleh manusia. Sehingga dibutuhkan persiapan untuk menghadapi bencana tersebut yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Baca Juga : Sekolah Islam Athirah Kembali Menjadi Tuan Rumah Temu Pendidik Nusantara 2024

Launching program ini dihadiri oleh Subhan Djaya Mappaturung selaku Chief Corporate Secretary, Legal & Marketing Officer KALLA, Syamril selaku Direktur Sekolah Islam Athirah bersama manajemen, Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan kota Makassar, pengurus dan staff PMI kota Makassar, BKMKG Wilayah IV kota Makassar, Dinas Damkar kota Makassar dan Basarnas kota Makassar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh guru, staff dan siswa/i Sekolah Islam Athirah yang nantinya akan mengikuti kegiatan ini.

Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril mengatakan, beberapa waktu lalu telah dilaunching gerakan Basirah yang merupakan akronim dari Bersih, Asri, Sehat, Indah Rapi, Aman, Sehat yang sejalan dengan program Satuan Pendidikan Tanggap Bencana ini.

Baca Juga : KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel Saat Peringati Hari Bumi

“Kami tentu berharap program ini akan membuat kami semua nantinya belajar melakukan mitigasi bencana karena kita berada di wilayah yang rawan bencana. Terima kasih atas seluruh dukungan berbagai pihak atas kegiatan ini,” ungkap Syamril.

Dengan tema ‘Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Sekolah Islam Athirah’, program ini nantinya akan berlangsung selama 1 semester dengan rincian 12 kali pertemuan. Target pesertanya sebanyak 80 peserta yang terdiri dari peserta didik, guru dan staff.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Wilayah II Firdaus juga mengapresiasi kegiatan ini untuk peserta didik khususnya di Sekolah Islam Athirah.

Baca Juga : CEO Solihin Jusuf Kalla Pesan Karyawan Perkuat Silaturahmi dan Perbanyak Rasa Syukur

“Melalui program ini, kami berharap sekolah menjadi wilayah yang aman bagi anak-anak kita untuk berkumpul dan belajar. Kami dari Dinas Pendidikan Sulsel memberikan apresiasi kepada KALLA dalam memberikan fasilitas pelaksanaan program ini sebagai salah satu program CSR,” jelas Firdaus.

Pemateri kegiatan ini nantinya berasal dari PMI kota Makassar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Makassar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Makassar, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Makassar, Dinas Sosial kota Makassar, Basarnas Kelas A kota Makassar, BMKG Wilayah IV kota Makassar, Kwarcab Pramuka kota Makassar dan narasumber lainnya yang berkompeten dibidang mitigasi bencana.

Harapannya program ini dapat mencipakan lokasi, konstruksi, desain, penataan dan jalur evakuasi yang aman dari bencana.

Baca Juga : KALLA Siapkan Rp40 Milyar Dana untuk Program Sosial Selama 2024

Sehingga tercipta budaya untuk selalu memastikan setiap sudut sekolah siap dan aman melalui peningkatan kemampuan mereka dalam menghadapi bencana Selain itu, terdapat peralatan dan perlengkapan kesiapsiagaan bencana.

Kegiatan launching ini kemudian ditutup dengan simbolis pemberian selamat kepada perwakilan guru, staff dan siswa Sekolah Islam Athirah yang akan mengikuti kegiatan ini kedepannya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis27 April 2024 13:47
UMKM Rasakan Perbedaan Pakai QRIS BRI, Dana Cepat Masuk Tanpa Drama Mengendap
Salah satu UMKM di bidang kuliner yang kini menggunakan QRIS BRI merasakan perbedaannya dengan bank lainnya. Atte Kitchen, salah satu UMKM Makassar ya...
Pendidikan27 April 2024 13:38
Tiga Peserta Didik SDIT Al Fatih Makassar Ikut Final Kompetisi KMNR 19 di Jakarta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tiga Peserta Didik SDIT Al Fatih Makassar bertolak ke Jakarta hari ini, Sabtu (27/4/2024) untuk mengikuti babak final...
Politik26 April 2024 22:42
MYB Pastikan Appi Maju Pilwali Makassar: Harga Mati Buat Kami
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Yulianto Badwi, peraih suara terbanyak Pemilihan Legislatif DPRD Kota Makassar 2024 dari Partai Golkar meneg...
Video26 April 2024 21:13
VIDEO: Kecelakaan Motor dengan Mobil di Tarowang Jeneponto
SULSELSATU.com – Kecelakaan terjadi di Poros Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Jumat (26/4). Insiden ini melibatkan mobil Toyota Avanza d...