Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Siapkan Rp200 Miliar APBD Perubahan 2024 untuk Beli Panel Surya

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 13 Mei 2024 16:08

Pemkot Makassar bakal beli panel surya. Foto: Istimewa.
Pemkot Makassar bakal beli panel surya. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah kota (Pemkot) Makassar menyiapkan anggaran sekitar Rp200 miliar untuk pembangunan panel surya.

Anggaran tersebut dipergunakan untul pengadaan panel surya di sekolah dan gedung perkantoran mulai dari kecamatan hingga ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, anggaran tersebut akan dialokasikan pada APBD Perubahan 2024 mendatang.

Baca Juga : Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia

“Nantinya seluruh sekolah yang ada di Makassar akan dipasangi panel surya. Kan sudah ada dipasag di SMP 6,” ujar Danny Pomanto, Senin (13/5/2024).

Danny Pomanto menjelaskan, anggaran tersebut disiapkan oleh pengadaan panel surya ini diambil dari alokasi dana untuk Makassar City Core Arena (Macca) yang tidak jadi direalisasikan tahun ini.

SMPN 6 Makassar menjadi sekolah yang diuji coba untuk menerapkan program tersebut. Satu unit panel surya berdaya 5000 watt telah dipasang di salah satu sekolah unggulan tersebut.

Baca Juga : Danny Pomanto Lantik 5.975 Pj RT-RW Sebagai Amil Zakat Perorangan

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Makassar Muhyidin memyatakan jika pihaknya sudah melakukan survei ke sekolah-sekolah untuk mendorong penggunaan panel surya atau pembangkit listrik tenaga matahari ini.

Dirinya mengungkapkan alasan memilih sekolah SMPN 6 untuk uji coba program tersebut karena pertimbangan sekolah itu ‘smart class’, banyak komputer dan peralatan elektronik lain penunjang pembelajaran.

“Karena itu, selain untuk mendorong rendah karbon, penggunaan panel surya juga bakal lebih murah dan efisien,” pungkas Muhyiddin.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Mei 2024 21:38
Beri Kenang-kenangan Lukisan Perempuan Bugis, Andi Ina Harap Bahtiar Selalu Ingat Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan kepada mantan PJ Gubernur Sulsel,...
Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...