Logo Sulselsatu

Pilwalkot Makassar Arena Tarung Bebas

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 05 Juli 2024 13:45

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar tahun ini tak lagi diikuti petahana Moh Ramdhan Pomanto. Pemilik tagline “Anak Lorong” itu sudah dua periode menjabat.

Tak adanya petahana, membuat Pilwalkot Makassar menjadi arena tarung bebas bagi kandidat yang mengincar kursi 01.

Sejumlah nama telah muncul ke publik diantaranya, Munafri Arifuddin, Indira Yusuf Ismail, Andi Seto Asapa, Rusdin Abdullah, Abd Rahman Bando, Adi Rasyid Ali, Amri Arsyid, Azhar Arzyad, Sri Rahmi, Ahmad Susanto, dan Irwan Adnan.

Baca Juga : Tarik Ulur Penentuan Calon Pendamping di Pilwalkot Makassar

Direktur Riset Garis Polling Indonesia (Gaspol) Amul Hikmah Budiman, mengatakan sejumlah figur lama yang ingin kembali bertarung seperti Munafri Arifuddin alias Appi, Rusdin Abdullah dan Abd Rahman Bando punya kans kuat ikut berkontestasi.

“Saya pikir figur lama ini ada beberapa yang memang secara kekuatan elektoral dan kekuatan politik cukup bagus, contoh Appi. Rudal bisa saja kembali menjadi kompetitor yang tidak boleh dianggap enteng, walaupun belakangan Rudal tidak memiliki panggung politik dan sosial culture yang bisa dibangun selama ini,” ujar Amul kepada Sulselsatu.com.

Sementara Rahman Bando kata Amul pasca bertarung dengan Appi di Pilwali tahun 2020, politisi Demokrat itu memiliki interval waktu yang cukup panjang untuk kembali mengaktifkan jaringan kekuatan politiknya.

Baca Juga : Rudal “Sayang Makassar” Kalah Sebelum Bertarung di Pilwalkot Makassar

“Rahman Bando sepertinya ada kehilangan kekuatan politik, namun, Rahman Bando cukup percaya diri masih bisa memulai konstestasi politiknya asalkan dia betul-betul tahu dengan siapa dia berpaket,” katanya.

Sementara figur baru kata Amul yang layak diperhitungkan adalah eks Bupati Sinjai Andi Seto Asapa, menurutnya politisi Gerindra itu bisa jadi kuda hitam.

“Seto walaupun dia banyak berkiprah di Sinjai sebagai kampung halamannya, namun hari ini Seto bisa dianggap sebagai kuda hitam. Dengan toko-tokoh besar di belakangnya. Sebagai figur baru di arena kontestasi Makassar, jangan lupa bahwa Seto hari ini sudah sangat masif melakukan gerakan politiknya, merekrut relawan dan bagaimana mengkonsolidasikan seluruh jaringan politiknya,” jelas Amul.

Baca Juga : Indira Sasar Pemilih Perempuan

Nama lain adalah, Indira Yusuf Ismail, menurutnya Indira adalah calon kandidat yang bertopeng petahana.

“Indira adalah seorang ketua TP PKK yang sangat melekat dengan petahana (Danny) hari ini. Apalagi Danny masih menjabat, sehingga konsentrasi nanti. Beliau juga akan maju pilgub Sulsel, sehingga relasinya antara Danny saat pilgub jaringan politiknya bisa diaktifkan kembali,” tuturnya.

Sementara nama Rahman Pina, Ahmad Susanto, Amri Arsyid, Azhar Arsyad dan Irwan Adnan kata Amul memiliki peluang yang sama hanya beberapa memang tidak memiliki kendaraan politik.

Baca Juga : 5 Parpol di Makassar Bentuk Koalisi Kerakyatan

“Sehingga paling tidak peluang mereka bagaimana mencari peluang posisi 02. Tinggal bagaimana mengkonsolidasikan kekuatan politiknya untuk bisa berpaket dengan figur yang sdah mulai terang dan mendapatkan rekomendasi,” jelas Amul.

Direktur Eksekutif Script Survei Indonesia (SSI) Yuhardin, menilai ada beberapa kriteria untuk memenangkan pertarungan Pilwalkot Makassar.

“Pertama kemistri pasangan yang kuat (figur memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi), lalu dukungan partai yang kuat, tentu juga harus memiliki strategi dan tim yang masif dari kecamatan hingga tingkat TPS. Terakhir cost politik yang cukup,” ungkap yuhardin. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Asrul
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan25 Juli 2024 14:29
Teken MoU, Groundbreaking Proyek Metro Kapsul Ditarget Tahun 2027
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menggelar Makassar Investment Forum (MIF). Perhelatan ini dilaksanakan bersamaan dengan even...
Pendidikan25 Juli 2024 14:23
Prof Karta Jayadi Kembali Kukuhkan 3 Besar FIP FT dan FBS UNM
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sidang terbuka luar biasa dalam rangka pengukuhan tiga guru besar di Ball...
Politik25 Juli 2024 14:05
Kader Golkar Gigit Jari, Beringin Rindang Hampir Pasti Usung Andi Sudirman-Fatmawati
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kader Partai Golkar yang ingin maju di Pilgub Sulsel harus gigit jari. Pasalnya, partai berlambang pohon beringin itu...
Berita Utama25 Juli 2024 12:18
Peran Aktif Babinsa Koramil Kelara Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com JENEPONTO – Sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan Kawasan Desa binaan yang bersih, Babinsa Jajaran Koramil 1425-04/Kelara Kodim ...