Logo Sulselsatu

Batas Waktu Sisa Satu Hari Lagi, 60 Persen Anggaran Pilkada Belum Cair

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 09 Juli 2024 16:19

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel untuk penyelenggara Komisi Pemilhan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel belum sepenuhnya cair.

Sementara batas waktu pencairan tersisa satu hari lagi, tepatnya sampai 10 Juli (besok).

Hingga saat ini, anggaran Pilgub yang cair baru 40 persen. Artinya, masih ada 60 persen yang belum juga cair.

Kabid Akuntansi dan Keuangan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, Sakura menyampaikan, sebagai badan yang bertanggung jawab atas alur keuangan pemerintah, pihaknya sudah siap melakukan pembayaran sisa dana pilkada untuk segera dilakukan transfer kepada KPU dan Bawaslu.

Ia menegaskan, Pemprov Sulsel sudah siap untuk segera melakukan transfer dana tersebut, hanya saja kata dia, pihaknya masih menunggu berkas dari pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel.

Bahkan kata dia, Pemprov Sulsel tidak mempermasalahkan soal anggaran yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan publik. “Kalau dana kami siap,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pihaknya hanya berkewajiban untuk melakukan transfer jika segala persyaratan dan ketentuan sudah dipenuhi oleh organisasi perangkat daerah terkait. “Kami menunggu permohonan pencairan dari pihak Kesbangpol Sulsel,” kuncinya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Sulsel, Ansyar mengatakan meski tersisa beberapa hari lagi tanggal akhir transfer dana pilkada tersebut, Ia mengklaim Pemprov Sulsel tidak memiliki kendala untuk pelaksanaannya. “Insya Allah tidak ada hambatan,” bebernya.

Terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh menuturkan, terkait dengan transfer 60 persen dana pilkada Pemprov Sulsel kepada KPU dan Bawaslu semuanya dalam proses.

“Untuk transfer dana Pilkada sementara proses,” jelasnya.

Kata dia, Pemprov Sulsel optimis bisa menyelesaikan dana Pilkada tersebut sebelum tanggal yang ditentukan oleh Mendagri Tito. “Insya Allah kami akan segera penuhi sesuai jumlah dalam NPHD,” kuncinya.

Untuk Informasi, Pemprov Sulsel masih akan melakukan transfer 60 persen dana pilkada dari APBD 2024 ke KPU Sulsel sekira Rp 232 miliar dan Bawaslu Sulsel sekira Rp 104 miliar. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi13 Juli 2024 12:13
Beautiful Malino Dorong Investor Lirik Kabupaten Gowa, Investasi Pariwisata Capai Rp400 Miliar
Beautiful Malino dilaksanakan pada 2017 hingga saat ini, berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan di Gowa yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi...
Pendidikan13 Juli 2024 10:00
AHM Ikut Cerdaskan Generasi Muda Terapkan Literasi Digital
Beragam program dalam bidang pendidikan secara konsisten digulirkan PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringannya, termasuk Astra Motor Sulawesi Sela...
Entertainment13 Juli 2024 08:10
Idgitaf dan Govinda Sambut Pengunjung di Pembukaan Beautiful Malino 2024
Beautiful Malino 2024 resmi dibuka pada Jumat (12/7/2024) malam. Beautiful Malino dibuka dengan Music and Art Fest di Hutan Pinus Malino, Kecamatan Ti...
Ekonomi12 Juli 2024 21:56
Nasabah PNM Mekaar Bawa Batik Ecoprint Jadi Primadona Hingga Pasar Mancanegara
Musdalifah warga kampung Sabbeta yang juga merupakan nasabah Mekaar Unit Lalabata menjadi inisiator terbentuknya Ecoprint Kampung Sabbeta....