Logo Sulselsatu

Batas Waktu Sisa Satu Hari Lagi, 60 Persen Anggaran Pilkada Belum Cair

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 09 Juli 2024 16:19

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel untuk penyelenggara Komisi Pemilhan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel belum sepenuhnya cair.

Sementara batas waktu pencairan tersisa satu hari lagi, tepatnya sampai 10 Juli (besok).

Hingga saat ini, anggaran Pilgub yang cair baru 40 persen. Artinya, masih ada 60 persen yang belum juga cair.

Kabid Akuntansi dan Keuangan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, Sakura menyampaikan, sebagai badan yang bertanggung jawab atas alur keuangan pemerintah, pihaknya sudah siap melakukan pembayaran sisa dana pilkada untuk segera dilakukan transfer kepada KPU dan Bawaslu.

Ia menegaskan, Pemprov Sulsel sudah siap untuk segera melakukan transfer dana tersebut, hanya saja kata dia, pihaknya masih menunggu berkas dari pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel.

Bahkan kata dia, Pemprov Sulsel tidak mempermasalahkan soal anggaran yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan publik. “Kalau dana kami siap,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pihaknya hanya berkewajiban untuk melakukan transfer jika segala persyaratan dan ketentuan sudah dipenuhi oleh organisasi perangkat daerah terkait. “Kami menunggu permohonan pencairan dari pihak Kesbangpol Sulsel,” kuncinya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Sulsel, Ansyar mengatakan meski tersisa beberapa hari lagi tanggal akhir transfer dana pilkada tersebut, Ia mengklaim Pemprov Sulsel tidak memiliki kendala untuk pelaksanaannya. “Insya Allah tidak ada hambatan,” bebernya.

Terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh menuturkan, terkait dengan transfer 60 persen dana pilkada Pemprov Sulsel kepada KPU dan Bawaslu semuanya dalam proses.

“Untuk transfer dana Pilkada sementara proses,” jelasnya.

Kata dia, Pemprov Sulsel optimis bisa menyelesaikan dana Pilkada tersebut sebelum tanggal yang ditentukan oleh Mendagri Tito. “Insya Allah kami akan segera penuhi sesuai jumlah dalam NPHD,” kuncinya.

Untuk Informasi, Pemprov Sulsel masih akan melakukan transfer 60 persen dana pilkada dari APBD 2024 ke KPU Sulsel sekira Rp 232 miliar dan Bawaslu Sulsel sekira Rp 104 miliar. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...