Logo Sulselsatu

Perpusnas Kagum Mobil Perpustakaan Keliling Makassar Masih Beroperasi Setelah 19 Tahun

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 11 Juli 2024 17:57

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Perpustakaan Kota Makassar baru saja menerima kunjungan dari Pengelola Barang Milik Negara (BMN) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Irkham Arifianto dan Muhammad Alyka Kadri, pada Kamis (11/7/2024).

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Thato Amran Kudus, beserta Pustakawan dan Pengurus Barang Dinas Perpustakaan Kota Makassar di ruang baca Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Kota Makassar.

Tujuan dari kunjungan Tim BMN Perpustakaan Nasional RI adalah untuk melakukan koordinasi terkait hibah Mobil Perpustakaan Keliling (MPK), khususnya terhadap mobil yang diperoleh Dinas Perpustakaan Makassar pada tahun 2005.

Baca Juga : Dinas Perpustakaan Sulsel Bakal Hadirkan Perpustkaan Keliling di Kota Makassar

Perpustakaan Nasional berencana untuk menghapus data aset mobil tersebut dari sistem mereka, agar data aset tersebut bisa beralih sepenuhnya ke Dinas Perpustakaan Makassar.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Perpusnas juga melakukan peninjauan langsung terhadap kondisi MPK yang masih beroperasi.

Mereka terkejut dan kagum melihat mobil yang sudah berusia 19 tahun itu masih dalam kondisi baik dan berfungsi optimal, berbeda dengan beberapa daerah lain yang mobil perpustakaannya sudah tidak berfungsi bahkan ada yang dijadikan tempat sampah.

Baca Juga : Tumbuhkan Minat Baca, Perpustakaan Keliling Selayar Kunjungi Sekolah-sekolah

“Masih bagus dan terawat mobil Perpustakaan Keliling padahal sudah 19 tahun. Daerah lain malah sudah tidak berfungsi lagi bahkan ada yang dijadikan tempat sampah,” ungkap Irkham Arifianto.

“MPK yang barupun ada yang tidak beroperasi karena kesulitan biaya perawatan dan operasionalnya. Ada rencana ke depan seluruh penerima MPK akan dievaluasi,” tambahnya.

Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar, Tulus Wulan Juni, membenarkan bahwa seluruh MPK di Kota Makassar terawat dengan baik.

“Alhamdulillah, 3 unit MPK ada biaya operasionalnya setiap tahun dan semuanya melayani permintaan termasuk layanan Dongkel Perpusling sebagai inovasi di MPK Kota Makassar,” terang Tulus saat berbincang dengan tim BMN Perpusnas.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat koordinasi antara Perpustakaan Nasional dan Dinas Perpustakaan Kota Makassar serta mendorong peningkatan layanan perpustakaan keliling di daerah lain. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...
Olahraga21 Juli 2024 21:54
Resmi Berakhir, 2.145 Atlet Sukseskan Pekan Olahraga NIPAH 2024
Pekan Olahraga NIPAH (PON) 2024 berakhir dengan sukses. PON 2024 ditutup secara resmi pada hari Minggu (21/7/2024) di Rooftop Garden NIPAH PARK....
Politik21 Juli 2024 20:08
Yasir Machmud Unggul dalam Survei LSI Network di Pilkada Bone
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bakal calon Bupati Bone, Yasir Machmud unggul di Pilkada Bone dalam survei yang dikeluarkan LSI Network (Lingkar Surv...
Ekonomi21 Juli 2024 20:00
Senangnya Pelaku UMKM Binaan Disperindag Ikut Pamer Produk di Pelepasan Ekspor Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tercatat 64 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel dan B...